Pulau Mengkudu Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Mengkudu Lampung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Mengkudu salah satu objek wisata alam nan eksotis di Lampung Selatan. Pulau dengan hamparan pasir putih dan pesona pasir timbul saat surut menarik untuk dijelajahi saat liburan.

Biaya Wisata: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pulau kecil yang terletak di bagian Lampung Selatan ini sedang menjadi tujuan wisata baru. Pulau Mengkudu, begitulah masyarakat sering menyebut nama pulau yang memiliki luas 2 hektar ini. Penamaan dari pulau ini memang mengambil dari salah satu jenis buah asli Indonesia yang dahulu banyak tumbuh disini.

Untuk pengunjung yang akan mendatangi tempat wisata ini, bisa melakukan perjalanan dari darat maupun air. Setelah sampai di Pulau Mengkudu, Anda akan disambut dengan pohon bakau yang berjajar di setiap garis pantai hingga ke tengah pulau.

Kenyamanan saat berada di pulau ini akan Anda dapatkan dari berbagai fasilitas yang disediakan oleh penduduk sekitar. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, keindahan pulau dengan pasir putih ini siap melengkapi liburan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Mengkudu

Daya Tarik Pulau Mengkudu
Image Credit: Twitter.com @infolampung

1. Suasana yang Tenang

Pulau yang harus didatangi dengan cara menyebrang terlebih dahulu ini memiliki suasana yang tidak terlalu ramai. Keadaan ini cocok sekali jika Anda sedang mencari tempat wisata yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran.

Faktor ketenangan di Pulau Mengkudu ini didukung oleh jaraknya yang berada jauh dari permukiman penduduk. Satu hal yang perlu Anda ketahui pula, pulau ini tidak dihuni oleh masyarakat. Kedua alasan inilah mengapa keadaan pulau menjadi lebih sepi dari tempat wisata lain.

Anda bisa bersantai di pinggiran laut dengan menikmati angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh. Suara dari ombak juga akan menambah ketenangan suasana di pulau nan indah ini.

2. Pohon Bakau

Mengapa pohon bakau bisa menarik perhatian bagi banyak wisatawan? Padahal, pohon jenis ini terbilang memiliki penampilan yang kotor. Tempat tumbuhnya yang berada di atas permukaan air, membuat akar dari pohon bakau terlihat basah dan lembab.

BACA:  Pantai Sari Ringgung Pesawaran - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tumbuhan dengan akar yang jenjang ini memiliki ekosistem makhluk hidup sendiri yang berbeda dengan yang lain. Ikan yang menghuni celah-celah sempit akar memiliki bentuk yang unik, dimana terdapat insang yang digunakan sebagi berjalan di daratan.

Dengan adanya hewan unik penghuni pohon bakau ini, Anda bisa melihatnya dan mencari tahu tentang hewan karakteristik tersebut. Tidak hanya liburan saja yang Anda dapatkan saat berada di Pulau Mengkudu, tetapi juga ilmu baru yang menyangkut sesama makhluk hidup.

Selain hewan air, terdapat juga kehidupan hewan di udara yang menggunakan pohon bakau sebagai tempat tinggalnya. Burung bangau yang bermigrasi dari negara tetangga, memilih pohon bakau sebagai tempat untuk dihinggapi.

Pohon jenis ini merupakan salah satu tumbuhan yang mampu bertahan hidup walau terendam air. Selain itu, akarnya yang mencengkeram tanah di bawahnya, dapat memecah ombak besar yang datang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Mengkudu

Rute Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps (Ardiansyah Ardiansyah)

Perjalanan darat maupun melewati jalur air, dapat Anda jangkau saat akan berkunjung di Pulau Mengkudu yang masuk dalam Kecamatan Bakauheni. Jarak yang Anda tempuh juga bervariatif, tergantung dengan Anda akan memilih jalur darat atau air.

Jika Anda memilih rute dengan penyebrangan menggunakan kapal, dari Desa Kunjir Anda bisa menyewa sebuah kapal. Merogoh kocek sekitar Rp 35.000, perjalanan dengan menggunakan kapal mesin ini memakan waktu 15-20 menit.

Dengan menggunakan kapal yang melewati lautan lepas, Anda bisa sembari melihat keindahan pulau lainnya dari tengah laut. Hal ini menjadi bonus saat Anda memilih perjalanan ke Pulau Mengkudu dengan menggunakan kapal.

Kemudian jika Anda melalui jalur darat, kedatangan dari Pelabuhan Merak Bakauheni akan berlanjut ke daerah Lampung Selatan. Menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan saat Anda membawa seluruh anggota keluarga, karena hal ini akan menghemat biaya ongkos Anda.

Namun jika sedang tidak membawa kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pulau, menaiki kendaraan umum menjadi pilihannya. Bahkan setelah Anda tiba di pelabuhan, akan banyak Anda temui para penyedia kendaraan umum yang menawarkan tumpangan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Mengkudu Lampung

Biaya Wisata Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps (Lee Hengki)

Banyaknya rute yang bisa diambil para pengunjung ini, membuat pulau ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat. Dengan biaya sewa kapal yang terbilang murah, para pengunjung bisa menghemat pengeluaran untuk hal lainnya.

BACA:  Pulau Derawan Berau - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Biaya tiket untuk memasuki wisata Pulau Mengkudu adalah Rp 10.000 per orangnya. Harga ini sangat terjangkau bagi Anda yang memiliki budget minim saat berlibur.

Harga untuk parkir kendaraan di daratan sekitar pulau dikenakan biaya Rp 5.000 untuk mobil. Setelah Anda bisa memarkirkan kendaraan, selanjutnya Anda akan menyebrang sebentar untuk sampai di pulau tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Mengkudu

Aktivitas di Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps (Deny Asroni)

1. Berjalan di Pasir Timbul

Spot pasir putih yang unik ini menarik banyak minat pengunjung yang berada di Pulau Mengkudu. Letaknya yang berada di ujung pulau, menghubungkan pulau ini dengan daratan lain yang berada di sekitarnya.

Dinamakan pasir timbul, karena sebuah gugusan pasir yang melewati lautan ini terlihat seperti timbul dari dalam air. Saat air laut sedang pasang, spot menarik ini akan tenggelam karena debit air laut meninggi.

Namun saat keadaan air laut sedang surut, pasir timbul ini bisa dilewati oleh pengunjung yang akan datang ke pulau cantik ini. Bahkan tak jarang para pengunjung berhenti di tengah pasir timbul untuk mengabadikan sebuah foto.

2. Berenang

Ombak pantai di Pulau Mengkudu sangat bersahabat untuk kegiatan berenang para pengunjung. Pinggiran pantai menjadi tempat pilihan saat Anda akan melakukan kegiatan berenang, karena kedalamannya yang relatif dangkal.

Tetapi jika Anda ingin mencoba berenang di kedalaman yang lebih, Anda bisa mengarahkan gerakan Anda ke area laut yang lebih tengah. Pulau ini mengijinkan para pengunjungnya untuk berenang di sekitar pantai, asal saat melakukan kegiatan tetap mengutamakan keselamatan.

Aktivitas Pulau Mengkudu
Image Credit: Facebook.com @aira.vlog

3. Berjemur

Untuk para pengunjung perempuan, kegiatan satu ini menjadi favorit untuk membantu dalam penggelapan warna kulit. Tidak hanya kulit lebih gelap yang akan Anda dapatkan saat berjemur, tetapi juga vitamin D dari sinar matahari dapat menjaga kesehatan kulit.

Pilihlah jam-jam tertentu saat ingin berjemur di sekitar Pulau Mengkudu. Biasanya saat pagi hari, sekitar jam 8 hingga 11 adalah waktu yang tepat untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

Gunakan tabir surya di seluruh badan Anda yang terkena pancaran sinar, karena hal ini akan membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari.

4. Snorkling

Kegiatan satu ini jangan sampai ketinggalan saat Anda sedang mengunjungi pulau eksotis yang berada di daerah Lampung. Anda bisa membawa peralatannya sendiri atau menyewa dari penduduk sekitar yang telah menyediakan.

Keindahan bawah laut yang dimiliki pulau ini bisa Anda jelajahi saat snorkling di sekitar pantainya. Terumbu karang yang beragam dengan ikan-ikan kecil berenang kesana kemari akan menemani Anda bersnorkling.

BACA:  Nusa Ceningan Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau Mengkudu

Penginapan Murah Pulau Mengkudu
Image Credit: Tiket.com

1. Hotel Kahai Beach

Penginapan pertama ini berjarak 8,4 km dari arah Pulau Mengkudu. Kebersihan tiap kamar menjadi alasan beberapa pengunjung memilih hotel ini. Selain itu, pemandangan pantai yang mempesona juga ditawarkan saat Anda menginap disini.

2. Resort Wisma Belerang

Harga sewa kamar bisa dibilang murah, saat Anda memilih resort ini sebagai tempat untuk bermalam. Mulai dari harga Rp 150.000, Anda sudah bisa mendapat tipe kamar standar di Resort Wisma Belerang ini.

Fasilitas resort yang akan Anda dapatkan salah satunya adalah kolam renang. Resort berjarak 27 km dari kawasan pulau ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 43 menit, jika Anda berangkat dari pulau tersebut.

3. Hotel Kalianda

Memiliki predikat hotel dengan bintang 3, penginapan ini memiliki jarak 25 km dari lokasi wisata wisata hits di Lampung. Hotel ini terletak di tengah kota, sehingga akan dengan mudah Anda mencari lokasinya.

Sudah berdiri sejak lama, hotel ini memiliki gaya bangunan lawas yang terlihat klasik. Walaupun merupakan bangunan tua, namun jangan salah, hal inilah yang membuat keunikan tersendiri yang dihadirkan oleh Holet Kalianda.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Mengkudu Lampung

Fasilitas di Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps (Jon Gawoh)

Mengkudu memang pulau yang tidak dihuni oleh beberapa masyarakat, alasan ini karena luas total keseluruhan pulau sangat kecil. Namun, untuk fasilitas bagi pengunjung di pulau ini cukup lengkap. Masyarakat dari desa sekitar akan datang saat siang hari hingga sore.

Terdapat toilet umum di salah satu titik Pulau Mengkudu, kemudian terdapat juga mushola yang bisa digunakan untuk beribadah umat muslim. Gasebo yang berada di dekat pantai, bisa Anda gunakan untuk beristirahat sembari memandangi lautan yang indah.

Masyarakat yang datang ke pulau ini mendirikan beberapa warung makan kecil, mulai dari snack hingga minuman bisa Anda beli di warung ini. Jadi Anda tidak perlu susah-susah mencari tempat untuk menemukan pasokan pengganjal perut.

Itu dia informasi tentang fasilitas hingga alamat dan rute perjalanan Pulau Mengkudu, Lampung Selatan. Dengan mengunjungi wisata lokal terutama pulau cantik ini, Anda bisa membantu dalam peningkatan tempat wisata tersebut. Dimana akan semakin terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan lain.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending