Pulau Kemaro Palembang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Kemaro Palembang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Kemaro salah satu pulau cantik dan melegenda di tengah Sungai Musi. Delta kecil yang menjadi tujuan wisata favorit di Palembang.

Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Kemaro adalah destinasi wisata di Sumatera Selatan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini terkenal dengan pagoda tinggi dan bangunan klenteng yang kerap dijadikan sebagai tempat peribadatan etnis Tionghoa. Warga etnis Tionghoa Indonesia bahkan mancanegara seperti Tiongkok, Malaysia dan Singapura banyak yang berkunjung saat perayaan Cap Go Meh.

Pulau ini merupakan daratan atau delta yang terbentuk di tengah Sungai Musi. Sebutan ‘kemaro’ dalam nama pulau ini memiliki makna ‘kemarau’ yang berarti pulau ini selalu kering dan tidak pernah tergenang air bahkan ketika air sungai sedang pasang sekalipun. Oleh karena itu, pulau ini terlihat seolah-olah seperti terapung di Sungai Musi.

Pulau dengan luas sekitar 32 hektar ini memiliki ciri khas unik berupa bangunan pagoda 9 lantai yang menjulang tinggi di tengah pulau yang dibangun pada tahun 2006 silam. Pagoda tersebut merupakan bagian dari klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal dengan Klenteng Kuan Im yang dibangun lebih dulu pada tahun 1962.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kemaro

Daya Tarik Pulau Kemaro
Image Credit: Google Maps (Rahmad Alfianto)

Pagoda berwarna merah yang berdiri megah di tengah pulau mengisyaratkan betapa kentalnya budaya Tionghoa di pulau ini. Pagoda tersebut sangat mirip dengan pagoda yang ada di negeri tirai bambu jika dilihat dari arsitekturnya. Terdapat gambaran legenda pulau ini di bagian sisi dinding pagoda. Bagian atas pagoda digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha.

1. Menyisakan Kisah Legenda yang Menarik

Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah terletak berdampingan di depan kelenteng. Tan Bun An dan Siti Fatimah merupakan pasangan kekasih yang menjadi tokoh utama legenda pulau Kemaro. Legenda pulau ini tertulis di sebuah batu yang terletak di samping Klenteng Hok Tjing Rio. Bagi Anda yang penasaran seperti apa kisah legendanya, Anda dapat berkunjung ke pulau ini dan membaca legendanya.

BACA:  10 Pantai Terindah di Palembang yang Wajib Anda Kunjungi

2. Memiliki Pohon Cinta Abadi

Pulau ini tak hanya mempunyai klenteng dan pagoda yang populer dengan kisah legendanya saja, namun pulau ini juga memiliki pohon cinta yang unik. Dikabarkan bahwa jika pasangan muda-mudi mengukir nama mereka di pohon tersebut, hubungan mereka akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Sehingga pulau ini juga disebut sebagai Pulau Jodoh.

Image Credit: Instagram.com @upegha005

3. Terdapat Bangunan Pagoda yang Unik

Pagoda 9 lantai yang menjulang tinggi di tengah pulau ini memiliki tinggi 45 meter dengan masing-masing tingkatnya setinggi 5 meter. Pagoda ini dibangun sembilan tingkat supaya sejalan dengan makna Feng Shui. Pagoda ini mempunyai delapan sudut seperti simbol kedelapan trigram atau Pat Kwa. Warna cerah pagoda tersebut sesuai dengan makna simbol warna dalam kepercayaan Tiongkok.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Kemaro

Lokasi Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @fia_jode

Pulau legendaris ini terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera Palembang. Lokasi pulau ini adalah di tengah-tengah industri di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju. Posisi pulau ini agak ke timur dari pusat Kota Palembang. Akses menuju ke lokasi ini sangat mudah ditempuh. Anda disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan memakai tabir surya sebelum mengunjungi pulau ini.

Ada berbagai cara yang bisa Anda tempuh untuk sampai di lokasi. Apabila Anda berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Anda dapat menyewa taksi atau kendaraan dari bandara ke arah Dermaga Point Kuto Besak yang terdapat di area Sungai Musi.

Setelah sampai di Dermaga Point Kuto Besak, Anda dapat memilih salah satu di antara sarana transportasi yang ada. Pertama, Anda dapat menggunakan speedboat dengan mesin bertenaga besar yang bisa sampai ke lokasi lebih cepat. Dengan speedboat ini Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai di lokasi Pulau Kemaro.

Yang kedua, Anda dapat menggunakan perahu ketek dengan waktu tempuh perjalanan yang lebih lambat. Dan yang ketiga, Anda dapat menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 30 menit. Ketiga sarana transportasi tersebut memiliki harga sewa yang berbeda-beda. Anda dapat menyesuaikan budget yang Anda bawa.

Biaya Wisata ke Pulau Kemaro Palembang

Biaya Wisata Pulau Kemaro Palembang
Image Credit: Instagram.com @upegha005

Pulau ini dapat ditempuh hanya dengan kurang lebih 1 jam perjalanan dari Jembatan Ampera Palembang tergantung dari sarana transportasi yang Anda pilih. Untuk bisa sampai di lokasi, Anda perlu menyiapkan budget yang cukup dengan memperhatikan biaya sewa setiap transportasi yang ditawarkan.

Biaya sewa speedboat yaitu Rp 100.000-Rp 150.000 per orang. Biaya sewa perahu ketek adalah Rp 80.000-Rp 100.000 per orang. Kemudian biaya sewa perahu motor adalah Rp 50.000-Rp 70.000 per orang. Dari ketiga sarana transportasi tersebut, transportasi speedboat merupakan sarana transportasi yang paling cepat waktu tempuh perjalanannya sesuai dengan biaya sewa yang dipatok.

BACA:  Pulau Sempu Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Selama perjalanan menuju ke pulau legendaris tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan perairan sungai yang jernih dengan latar belakang Jembatan Ampera yang dibangun pada zaman penjajahan Jepang. Jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen Anda dengan kamera yang Anda bawa.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kemaro

Aktivitas di Pulau Kemaro
Image Credit: Google Maps (MH 17)

1. Melihat Agenda Upacara Keagamaan Tionghoa

Agar liburan Anda di pulau ini berkesan, Anda dapat mencocokkan jadwal kunjungan Anda di pulau ini dengan agenda upacara keagamaan Tionghoa yang dilakukan disini. Biasanya pulau ini akan ramai didatangi warga etnis Tionghoa dari Indonesia maupun beberapa warga turis asing dengan tujuan mengikuti upacara keagamaan tersebut pada saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Pada waktu-waktu tersebut, Anda akan terpukau dengan kecantikan suasana di pulau ini karena penuh dengan hiasan lampion-lampion yang dipasang di sudut-sudut pulau. Banyak juga pertunjukkan khas Tionghoa seperti Barongsai, pertunjukkan alat musik tradisional China dengan alunan lagu khas Tionghoa, Wayang Poethi, drama tradisional China, hingga wisata kuliner.

Pada malam hari lampion-lampion tersebut serentak dinyalakan dan menambah suasana meriah pulau ini. Atraksi barongsai juga dilakukan malam hari sehingga pulau ini tidak terlihat sepi dan terkesan misterius seperti biasanya. Yang paling menarik adalah penerbangan lampion ke langit yang akan membuat Anda menikmati panorama indah pulau ini saat malam hari.

2. Mengajak Pasangan Berkunjung ke Delta ini

Apabila Anda penasaran dengan mitos yang tersebar di masyarakat luas tentang Pohon Cinta Abadi yang terdapat di Pulau Kemaro, Anda bisa mencoba mengajak pasangan Anda kemudian mengukir nama Anda dan pasangan di pohon cinta tersebut. Namun Anda perlu berhati-hati supaya tidak merusak ekosistem alam di sekitar pohon maupun pohon itu sendiri.

3. Berwisata Sejarah

Pulau ini dianggap sebagai tempat wisata legendaris karena sejarah pulau ini sudah ada sejak Kerajaan Sriwijaya. Sejarah tersebut erat kaitannya dengan kisah putri raja Kerajaan Sriwijaya dan putra raja Kerajaan Tiongkok. Dulunya pulau ini dimanfaatkan sebagai salah satu pos penjagaan. Panglima Cheng Ho bahkan pernah menetap disini dalam rangka menumpas perompak laut asal Tiongkok.

Di pulau ini terdapat juga benteng pertahanan yang dulunya berfungsi sebagai gerbang sungai sebelum masuk ke Kraton (pusat) Kota Palembang pada saat itu. Nama benteng yang dimaksud adalah Benteng Tambak Bayo. Jaman dahulu kapal-kapal yang akan masuk ke pusat kota harus melewati benteng dan harus mendapat ijin dari pos benteng tersebut.

4. Menjelajah Area Sekitar Pagoda dan Mencari Spot Foto Terbaik

Bangunan pagoda ini memiliki arsitektur yang unik dengan warnanya yang cerah merona. Pagoda ini terkenal mirip dengan pagoda yang ada di negeri tirai bambu. Anda perlu menjelajahi area sekitar pagoda ini dan mencari spot-spot terbaik untuk Anda abadikan dengan kamera kemudian Anda bagikan di akun-akun jejaring sosial.

BACA:  Pulau Oar Serang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Berziarah ke Makam

Di Pulau Kemaro ini terdapat sebuah vihara china yang bernama klenteng Hok Tjing Rio. Terdapat pula kuil Buddha yang sering dikunjungi umatnya untuk berziarah ke makam maupun berdoa. Bagi Anda yang beragama Buddha, Anda dapat mengunjungi kuil ini dan berziarah ke makam sekaligus berdoa. Kuil-kuil tersebut selalu dirawat dan dibersihkan oleh petugas khusus.

6. Berwisata Kuliner

Meskipun tempat wisata ini merupakan tempat wisata religius dan legendaris, Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan haus. Di pulau ini banyak terdapat penjual berbagai jenis makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya.

Penginapan Murah Dekat Dari Pulau Kemaro

Penginapan Pulau Kemaro
Image Credit: Agoda.com

1. Batiqa Hotel Palembang

Hotel bintang empat ini lokasinya sangat strategis, hanya membutuhkan waktu berkendara sekitar 20 menit saja menuju ke Dermaga Point Kuto Besak. Harga menginap per malamnya mulai dari Rp 398.000. Free wifi bahkan terdapat antar jemput bAndara berbiaya. Hotel ini hanya memiliki satu tipe kamar superior namun fasilitas dan pelayanannya berbeda-beda di tiap kamarnya.

2. OYO 959 Graha Ham Family

Hotel keluarga ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dengan biaya menginap yang ekonomis per malamnya. Hotel bintang dua ini sangat ramah bagi tamu yang memiliki keterbatasan fisik karena terdapat toilet dan parkir khusus bagi penyandang disabilitas. Harga menginap per malamnya mulai dari Rp 157.259 sudah termasuk pajak.

3. JR Guest House

Jika Anda menginginkan penginapan yang ramah di kantong dengan fasilitas yang cukup lengkap, Guest House ini adalah jawabannya. Dengan harga mulai dari Rp 120.481 saja Anda sudah mendapat penginapan yang sangat nyaman. Yang menarik disini adalah terdapat fasilitas olahraga voli.

4. Rajawali Homestay

Dengan biaya menginap per malam yang terjangkau mulai dari Rp 200.000, fasilitas di homestay ini sudah tergolong lengkap. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, disini terdapat tempat parkir dengan penjagaan yang ketat. Homestay ini mengusung tema industrial yang sangat instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kemaro

Fasilitas di Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @miniblora

Pulau ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan eksotis perairan Sungai Musi yang jernih, namun fasilitas yang ada di pulau ini juga sudah cukup lengkap. Fasiitas seperti persewaan speedboat, perahu motor, sampai perahu ketek tersedia disini. Kemudian fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, tempat bersantai, warung makanan dan minuman juga tersedia.

Wisata religius satu ini menjadi destinasi favorit para wisatawan yang senang akan sejarah. Karena selain menikmati liburan dengan berburu foto di berbagai spot cantik di sekitar pulau, para wisatawan juga akan banyak mengenal sejarah di Pulau Kemaro. Terlebih lagi ada cerita legenda yang tertulis di batu di area pagoda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending