Raja Ampat Papua – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Raja Ampat Papua - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Raja Ampat salah satu wisata bahari populer di Papua yang menawarkan pesona alam menakjubkan. Memiliki beberapa pulau dengan keindahan bawah laut dan pantai yang menjadi tujuan favorit pecinta snorkling dan diving.

Biaya Wisata: Mulai Rp 500.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Papua memang dikenal menjadi daerah dengan keunikan dari budaya dan juga pariwisatanya. Bagaimana tidak, Raja Ampat menjadi salah satu pulau yang sangat mirip dengan burung dan menjadi tempat wisata menarik. Nama dari Raja Ampat sendiri mempunyai makna yaitu empat raja dengan keindahan yang sangat menakjubkan.

Bukan hanya itu saja, wisata bahari di Papua ini merupakan kawasan yang paling baik untuk digunakan menyelam. Untuk itulah Pulau ini setiap tahunnya akan dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam negeri bahkan sampai mancanegara.

Terdapat biota laut yang sangat beraneka ragam sehingga menjadikan Pulau Raja Ampat menjadi destinasi wisata yang terkenal. Pulau ini sendiri berada diantara samudra Hindia dan juga Pasifik sehingga suhu di pulau tersebut sangat cocok bagi para wisatawan untuk menyelam.

Daya Tarik yang Dimiliki Raja Ampat Papua

Daya Tarik Raja Ampat
Image Credit: Google Maps (FDLN)

Meskipun berada di kawasan yang cukup jauh, namun Raja Ampat Papua merupakan destinasi wisata populer sepanjang tahun. Yang pastinya membuat siapa saja tidak akan menyesal jika datang ke pulau tersebut. Maklum saja, dengan daya tariknya yang memukau maka siapa saja rela untuk datang ke sana.

1. Menjadi Surga Bawah Laut

Daya tarik yang paling dicari oleh para wisatawan adalah biota laut yang ada di Pulau Raja Ampat. Badan konservasi internasional telah melaporkan jika daerah ini memiliki sekitar 75% spesies laut yang ada di seluruh dunia. Dengan luas laut sekitar 4,6 juta hektar maka tempat inilah yang menjadi rumah bagi 540 jenis karang 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh destinasi wisata. Tak heran jika kepulauan tersebut dinobatkan menjadi surga bawah laut paling cantik sedunia.

BACA:  Pulau Pandang Batubara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Memiliki Banyak Pantai yang Indah

Pulau Raja Ampat menjadi salah satu kawasan yang memiliki banyak pantai. Umumnya seluruh pantai memiliki pasir yang berwarna putih dan halus hampir seperti tepung. bukan hanya itu saja, banyak sekali pulau yang membentuk deretan tebing tinggi.

Dan yang paling unik di pulau tersebut terdapat wisata Teluk Kabui, Piaynemo dan juga Wayag. Yang mana hal tersebut memang sudah sangat terkenal di nusantara.

Daya Tarik Raja Ampat Papua
Image Credit: Google Maps (FDLN)

3. Terdapat Hutan Tropis

Pulau ini memiliki banyak sekali hutan tropis yang menarik. Bahkan di dua desa yang bernama sawinggrai dan juga saporkrein menjadi tempat hidupnya beberapa burung langka dan juga cantik. Kedua desa tersebut menjaga serta merawat burung langka seperti cendrawasih. Yang mana burung cendrawasih tersebut merupakan ciri khas dari Papua.

4. Mempunyai Kebudayaan yang Unik

Kepulauan ini juga mempunyai kebudayaan unik dan mampu menarik minat dari wisatawan. Salah satunya ialah desa wisata yang bernama Arobek. Walaupun menjadi desa yang terletak di pulau kecil, namun kesenian yang ada di sana cukup beragam.

Dimulai dari tarian tradisional, membuat kerajinan anyaman dari daun pandan, dan terdapat makanan sinole yang terbuat dari sagu. yang mana hal tersebut sudah diwarisi secara turun temurun dari nenek moyang hingga saat ini.

Sebetulnya terdapat sebuah mitos mengenai nama Raja Ampat. Nama tersebut sebetulnya diambil dari 7 butir telur yang sebelumnya ditemukan oleh leluhur perempuan mereka. Tempat telur tersebut kemudian menetas dan menjadi tempat pangeran.

Yang pada saat itu menjadi raja di 4 pulau besar yakni Pulau Salawati, Pulau Misool, Pulau Batanta dan juga Pulau Waigeo. Sedangkan untuk telur lainnya menetas menjadi seorang wanita, menjadi hantu dan juga menjadi sebuah batu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Raja Ampat

Lokasi Raja Ampat
Image Credit: Google Maps (Prima Wahyudi)

Raja Ampat terletak di salah satu kabupaten yang masih masuk ke provinsi Papua barat. Untuk bisa menuju ke pulau tersebut, maka Anda harus datang ke Kota Sorong terlebih. Umumnya para wisatawan nanti akan memakai penerbangan untuk bisa ke kota tersebut.

Selanjutnya dari kota Sorong akan menggunakan kapal cepat agar bisa menuju Waisai yang merupakan ibukota dari kabupaten ini. Dari kota Sorong ke kota Waisai memerlukan waktu kurang lebih sekitar 2 jam sampai 3 jam.

Meskipun akses untuk bisa menuju ke tempat ini mempunyai keterbatasan. Akan tetapi, Raja Ampat sendiri selalu melakukan pembenahan diri agar bisa menyediakan berbagai macam fasilitas bagi seluruh kalangan.

Biaya Wisata ke Raja Ampat Papua

Biaya Wisata Raja Ampat
Image Credit: Google Maps (Prima Wahyudi)

Ada beberapa orang yang sudah terbiasa melakukan traveling, maka akan dengan mudah untuk menentukan budget yang harus dikeluarkan ketika ingin berlibur ke wisata bahari di Papua Barat ini. Namun, untuk orang yang belum pernah tentu akan kesulitan.

BACA:  Pulau Komodo Manggarai Barat - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Sebetulnya untuk melakukan trip ke Raja Ampat Papua akan jauh lebih murah ketika bersama dengan rombongan. Untuk 15 orang saja, per orangnya akan hanya dikenakan biaya Rp 500.000.

Namun, jika Anda ingin pergi bersama dengan pasangan tentu budget yang dipersiapkan harus banyak. Apalagi untuk biaya penginapan disana cukup lumayan dan ketika menggunakan beberapa jasa, seperti halnya penyewaan speed boat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Raja Ampat

Aktivitas di Raja Ampat
Image Credit: Google Maps (Prima Wahyudi)

1. Diving di Perairan Raja Ampat yang Penuh Kejutan

Seperti yang telah disebutkan di atas jika wisata bahari ini merupakan pulau yang menyimpan kekayaan laut dari hampir seluruh laut yang ada di dunia. Jadi sebagian besar para wisatawan akan berkunjung untuk menaikmati pesona bawah laut dengan menyelam. Banyak sekali spot menyelam yang ada di kawasan tersebut dengan suguhan pemandangan taman laut yang indah.

Dikarenakan memiliki ribuan jenis ikan, tak salah bukan jika Pulau Raja Ampat dinobatkan menjadi ibu kota ikan dunia. Bahkan banyak sekali orang penting seperti pendiri Google yang sudah menyaksikan langsung bagaimana kekayaan alam di perairan tempat ini.

2. Snorkeling di Perairan Dangkal

Snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh para wisatawan ketika ke Raja Ampat. Untuk bisa melihat bagaimana keindahan di bawah laut maka bisa melakukan snorkeling di area perairan yang dangkal.

Terlebih lagi hampir seluruh perairan di pulau tersebut mempunyai visibilitas yang sangat baik sampai mencapai berapa meter. Sehingga para wisatawan tidak perlu melakukan penyelaman sampai ke laut dalam. Yang mana Anda sudah bisa melihat terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.

3. Melakukan Trekking Alam

Untuk trekking disini menjadi salah satu hal yang paling mudah karena hanya menyusuri rute yang sudah disediakan. Tempat tersebut merupakan pulau yang tidak berpenghuni, jadi akan semakin menantang sehingga membuat jalur sendiri. Tak usah terkejut ketika selama perjalanan bertemu dengan banyaknya hewan kadal, tumbuhan kantong semar bahkan sampai burung maleo.

Ketika sudah sampai di atas bukit, Anda akan menemukan pemandangan yang indah. Terdapat pemandangan gugusan karang yang super keren yang tidak hanya bisa dilihat di internet saja.

Aktivitas Menarik di Raja Ampat
Image Credit: Twitter.com @Santzjs

4. Memberi Makan Ikan di Laut

Fish fishing merupakan salah satu kegiatan yang paling lumrah dan ramah dilakukan oleh para wisatawan yang takut menyelam ataupun melakukan snorkeling. Para wisatawan masih bisa melihat bagaimana kehidupan biota laut dari atas perahu.

Sebab ikan-ikan kecil tidak memiliki rasa takut untuk mendekat kepada wisatawan yang memberi makan. Anda hanya perlu menyiapkan makanan ringan seperti biskuit ataupun roti untuk diberikan kepada ikan-ikan tersebut.

Kegiatan ini sendiri dapat dengan mudah dilakukan oleh para wisatawan tanpa adanya pungutan biaya. Tentu saja kegiatan ini adalah hal seru ketika dilakukan bersama dengan anak-anak Anda.

BACA:  Gili Trawangan Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Melihat Burung Cendrawasih Secara Langsung

Seperti yang kita ketahui jika daratan Raja Ampat memiliki banyak sekali jenis burung. Dan salah satunya ialah burung cendrawasih. Namun, Anda bisa melihat langsung burung tersebut ketika datang ke wisata bahari ini.

Untuk bisa melihat langsung burung cendrawasih bisa datang di jam 07.00-09.00 WIT pagi. Dan untuk yang kedua ialah pukul jam 16.00-17.00 WIT sore.

Penginapan Murah di Sekitar Raja Ampat

Penginapan Raja Ampat
Image Credit: Google Maps (Prima Wahyudi)

1. Penginapan Lestari

Untuk penginapan yang satu ini berada di Jalan Yan mamoribo nomor 80 kota waisai. Penginapan ini menawarkan fasilitas yang memadai bagi para traveler. Dimulai dari adanya AC, televisi, terdapat free wi-fi dan juga kamar mandi dalam. Dengan fasilitas yang lengkap pada setiap kamarnya rupanya tarif untuk permalamnya sendiri cukup murah.

2. Penginapan Cemara Resort and Homestay

Untuk penginapan yang satu ini cukup anti mainstream, penginapan yang berada di Jalan Saporkren, Pantai Saleo ini dibangun seperti rumah panggung dengan menggunakan bahan kayu. Penginapan ini berada di area bibir pantai. Sehingga Anda bisa menikmati sensasi menginap di alam.

3. Penginpan Gurara Dive Resort

Untuk penginapan ini berada di Jalan Trans Wisata No.88, menawarkan fasilitas yang tidak kalah memadai dengan hotel bintang 5 yang ada di perkotaan. Penginapan ini juga menawarkan aktivitas menyelam bahkan anda bisa mengikuti kelas yoga.

4. Penginapan Nut Tonton Homestay

Untuk penginapan yang satu ini sangat terkenal dengan lokasinya yang cocok sebagai pusat penyelam. Karena memang tepat berada di pantai dan yang pasti menawarkan suasana tenang yang cocok untuk beristirahat setelah mengeksplor Raja Ampat.

Fasilitas yang Tersedia di Raja Ampat Papua

Fasilitas Raja Ampat
Image Credit: Google Maps (FDLN)

1. Penyewaan Speed Boat

Untuk bisa menjelajahi keindahan laut yang ada di Raja Ampat, maka anda bisa menyewa speedboat yang telah disediakan. Terdapat beberapa jasa yang menyiapkan speed boat sehingga Anda tidak perlu bingung mencari penyewaan.

2. Banyaknya Penginapan Dengan Harga Terjangkau

Seperti yang telah disebutkan diatas jika di pulau ini memiliki banyak sekali penginapan di mulai dari resort dan juga hotel. Penginapan bisa dengan mudah dicari dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki. Apalagi semua penginapan telah dilengkapi dengan fasilitas yang biasa digunakan seperti toilet dalam kamar, wi-fi gratis dan juga AC.

3. Toko Souvenir Murah

Beberapa desa yang ada di kabupaten ini memang memiliki keunikan dalam membuat barang unik, sehingga banyak toko souvenir disana. Dan Anda bisa menjelajahi toko souvenir yang berjejer di sana untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Nah, jika Anda ingin datang ke Raja Ampat untuk menghabiskan liburan, jangan sampai lupa untuk menyiapkan banyak budget karena wisata bahari di Papua ini memiliki banyak spot yang menarik dijelajahi. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending