Pulau Misool Raja Ampat, Surga Bahari Tersembunyi di Timur Indonesia

Pulau Misool Raja Ampat, Surga Bahari Tersembunyi di Timur Indonesia
Biaya Wisata: Mulai Rp 400.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lilinta, Misool Barat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Misool merupakan salah satu pulau dari Raja Ampat yang memiliki keindahan yang luar biasa indah. Sayangnya, pulau ini tidak terlalu populer dibandingkan pulau lainnya. Tidak banyak yang mengunjungi pulau ini. Padahal menyusuri pulau eksotis ini tidak akan meninggalkan penyesalan dengan berbagai tempat-tempat menarik.

Misool sendiri merupakan salah satu dari empat pulau yang terbesar di Kepulauan Raja Ampat dan berbatasan langsung dengan Laut Seram serta laut lepas yang menjadi lintasan hewan-hewan besar seperti paus. Di pulau ini juga membentang bebatuan pulau batu karang di bagian barat dan timur. Deretan pantai-pantai di pulau ini juga tidak kalah indah dengan pasir putih dan air jernihnya.

Pulau yang jarang dikunjungi membuat keeksotisan dari Pulau Misool juga masih alami dan tidak banyak terjamah. Selain keindahan alam, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pengalaman untuk melihat langsung adat istiadat dan aneka ragam budaya masyarakat lokal sekitar. Salah satu peninggalan seperti lukisan di dinding-dinding gua yang ada di kawasan pulau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Misool

Daya Tarik Pulau Misool
Image  Credit: Instagram Indonesia 360

Meski tidak banyak dikunjungi daripada pulau-pulau lainnya di Kepulauan Raja Ampat, namun pulau ini sebenarnya memiliki banyak sekali daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

1. Danau Cinta Karawapop

Salah satu daya tarik yang dapat ditemukan di Pulau Misool adalah Danau Cinta Karawapop. Berada di dalam kawasan geosite Karawapop, danau ini merupakan sebuah laguna yang memiliki bentuk hati yang sangat presisi. Keindahannya tersembunyi di balik tebing dan bebatuan karang. Konon, spot cantik ini ditemukan oleh orang asing yang menjelajahi pulau ini untuk menikmati liburan.

Untuk dapat melihat bentuk hati ini, pengunjung memang harus mendaki bukit sekitar 30 menit lamanya. Perjalanan ini lenih mudah karena telah dibangun papan tangga untuk menuju ke atas bukit. Sesampainya, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan perairan dengan gradasi warna biru toska dan biru tua yang membentuk hati yang menarik hati.

2. Yapap

Yapap merupakan destinasi wisata bahari yang mendunia. Keunikannya ada pada bebatuan karst yang menjulang tinggi, dikelilingi oleh perairan dangkal sehingga berwarna hijau toska yang indah dan tenang. Air yang sangat jernih sehingga akan tampak dasarnya. Wisatawan juga dapat melihat ikan-ikan kecil, udang, dan beberapa hewan laut lainnya. Juga tempat yang cocok untuk berenang.

Menjadi daya tarik, bebatuan-bebatuan karst ini juga menjadi spot yang sangat cocok sebagai latar foto. Keindahan bentuknya yang mirip seperti kumpulan candi, hampir tidak bisa ditemukan di tempat lain. Yapap menjadi kawasan yang harus dikunjungi jika berada di Pulau Misoo dengan menggunakan perahu. Wisatawan akan merasa dibawa menuju dunia fantasi.

3. Lenmakana

Lenmakana merupakan danau air asin yang ada di kawasan Pulau Misool. Di dalam danau ini hidup ubur-ubur tanpa sengat yang tidak terhitung banyaknya. Memang biasanya ubur-ubur cukup berbahaya karena sengatnya, namun tidak di kawasan ini. Kurangnya jumlah predator membuat ubur-ubur ini berevolusi menjadi hewan yang tidak berbaya dan ramah terhadap kedatangan manusia.

Ubur-ubur yang tidak memiliki sengat ini merupakan daya tarik yang membuat pulau ini wajib Anda kunjungi. Pengunjung dapat merasakan menyelam bersama ubur-ubur ini. Sebenarnya ada beberapa danau serupa di kawasan pulau, namun hanya dua danau saja yang boleh dikunjungi. Salah satu yang dapat dikunjungi dan menjadi primadona adalah Lenmakana.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Misool
Image  Credit: Google Maps Andi Lalu Asrawan

4. Harfat Peak

Harfat Peak atau disebut Dapunlol oleh warga lokal merupakan puncak tertinggi di Pulau Misool yang menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Merupakan spot terbaik yang menjadi daya tarik utama saat menjelajah di pulau ini. Di puncaknya, wisatawan dapat melihat keindahan keseluruhan pulau termasuk laguna, terumbu karang, juga bebatuan karst.

Meski tempat ini cukup terpencil dan untuk menuju ke puncak harus memerlukan perjuangan yang cukup melelahkan, namun kawasan ini tetap menjadi spot populer. Sesampainya di atas, rasa lelah akan terbayar dengan suguhan yang menakjubkan. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri atau mengabadikan alam Papua yang masih terjaga menggunakan kamera.

5. Goa Keramat

Goa Keramat merupakan tempat yang menyimpan misteri sehingga mengundang rasa penasaran. Untuk mencapainya, pengunjung harus menggunakan speedboad yang disewa di Desa Harapan Jaya.

Di mulut goa terdapat makam bagi sepasang suami istri yang menyebarkan Islam di Misool. Di dalam goa terdapat indahnya stalagtit dan stalagmit yang indah dan perairan dangkal dengan air yang jernih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Misool
Image  Credit: Google Maps Aditya Utomo

Mencapai Pulau Misool, Anda dapat terbang menuju Bandara Domne Eduard Osok yang berada di Sorong. Selanjutnya Anda dapat menuju lokasi pulau dengan menggunakan perahu pinisi. Anda memang akan banyak menggunakan transportasi laut yang merupakan transportasi utama di Kepulauan Raja Ampat. Anda juga akan lebih mudah mengelilingi pulau menggunakan kapal.

Untuk lebih mempermudah perjalanan serta liburan Anda di Raja Ampat, Anda dapat menggunakan paket tur. Selain tempat menginap, Anda juga akan mendapat akomodasi menuju lokasi, juga akan diarahkan menuju tempat-tempat indah yang ada di sudut-sudut pulau. Beberapa resort di kawasan ini memang menyediakan layanan tur, bahkan juga menawarkan jasa jemput dari Bandara Sorong.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Misool
Image  Credit: Google Maps Ferry Ferdy

Menuju Pulau Misool, Anda harus membayar tiket masuk Kepulauan Raja Ampat sebesar Rp 500.000 yang dapat digunakan selama setahun. Sedangkan sewa speedboard rata-rata seharga Rp 7.500.000 tergantung dengan jarak. Akan lebih murah jika Anda datang bersama rombongan.

Untuk biaya menginap, jika Anda memilih homestay, biaya yang harus dikeluarkan hanya Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Sedangkan jika Anda memilih resort modern, harga sewa mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Misool

Image  Credit: Google Maps Endah K

1. Snorkeling atau Diving

Keindahan dari pemandangan bawah laut membuat Anda tidak boleh melewatkan kegiatan yang satu ini. Anda dapat menikmati pemandangan terumbu karang dan berenang bersama ikan-ikan laut yang cantik berwarna-warni.

2. Hiking

Anda dapat menaiki puncak tertinggi pulau ini. Meski cukup melelahkan, namun akan terbayar dengan keindahan yang akan Anda dapatkan. Dari puncak Misool, Anda dapat melihat semua sudut pulau dari ketinggian.

3. Naik Perahu Kajang

Cobalah untuk menaiki perahu kajang. Perahu kajang sendiri merupakan transportasi tradisional dari masyarakat kajang pada zaman dahulu. Perahu ini terbuat dari kayu dengan atap daun sederhana. Dari atas perahu ini, Anda dapat menyaksikan dasar perairan Pulau Misool yang sangat jernih.

Penginapan Murah Terdekat

Image  Credit: Google Maps Vera Lie

1. Nut Tonton Homestay

Penginapan ini berada di Distrik Misool Timur. Tempatnya tidak terlalu jauh dari Danau Lenmakana. Dibangun di atas perairan menggunakan bahan kayu-kayu, juga jembatan kayu menuju pantai, penginapan ini tidak hanya nyaman, namun juga menawarkan pemandangan yang indah. Dengan pelayanan yang baik, Anda juga akan mendapat listrik selama 24 jam dan tersedia air bersih.

2. Misool Eco Resort

Penginapan ini tidak hanya menyediakan tempat untuk menginap, namun juga pantai pribadi. Kamar-kamar yang disediakan juga langsung menghadap ke laut seperti yang ada di Maldives. Saat malam hari, Anda juga dapat melihat keindahan langit dengan bintang-bintang. Jika Anda ingin penginapan yang menawarkan fasilitas yang memanjakan Anda, maka dapat memilih bermalam di penginapan ini.

3. Homestay Yalapale

Berada di Desa Harapan Jaya, Kepulauan Raja Ampat, penginapan ini memberikan kamar yang bersih dan juga terawat. Bangunannya terbuat dari bahan-bahan alam, seperti kayu sehingga terasa kembali ke alam. Pemilik penginapan juga sangat ramah. Sama halnya dengan penduduk sekitar penginapan yang sangat bersahabat kepada wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau Misool
Image  Credit: Instagram YoExplore

Untuk menuju Pulau Misool, Anda dapat dengan mudah menemukan akomodasi berupa perahu yang menjadi transportasi utama di Kepulauan Raja Ampat. Wahana-wahana seperti pelampung jika berkunjung ke Goa Keramat atau perahu kajang juga tersedia. Anda juga dapat menggunakan jasa pemandu untuk berwisata ke pulau ini.

Menginap di pulau cantik ini juga bukan sesuatu yang sulit. Ada cukup banyak resort-resort serta homestay yang dapat ditemukan dengan harga sewa per malam yang beragam. Penginapan ini akan memberikan fasilitas kamar yang cukup nyaman untuk beristirahat. Sebagian besar dibangun menggunakan bahan seperti kayu sehingga terasa sensasi tradisional.

Beberapa resort juga menawarkan fasilitas berupa penyewaan alat untuk diving ataupun snorkeling. Tidak hanya itu, fasilitas juga dilengkapi dengan akomodasi menuju spot menyelam terbaik serta pemandu sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menikmati keindahan terumbu karang serta ekosistem di dalamnya yang ada di sekitar perairan pulau.

Pulau Misool memang belum banyak dikunjungi. Meski demikian, ada banyak sekali destinasi yang menjadi daya tarik dari pulau eksotis di Raja Ampat ini. Mengunjungi tempat ini, Anda akan merasakan wisata alam yang terjaga dari campur tangan manusia.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending