16 Wisata Pantai di Surabaya & Sekitarnya yang Paling Hits

16 Wisata Pantai di Surabaya & Sekitarnya yang Paling Hits

Jika Berencana Liburan ke Surabaya, Berikut Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Surabaya dan Sekitarnya. Destinasi Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Siapa sangka sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dan menjadi pusat bisnis di Jawa Timur, Surabaya juga populer karena memiliki banyak tujuan wisata yang menarik. Salah satunya yang bisa dikunjungi adalah pantai. Hampir setiap daerah di sekitar Kota Surabaya ini seperti, Sidoarjo, Pacitan, Malang maupun Jember memiliki sederet list pantai terbaik yang terkenal dan menawan. Jika Anda ingin tahu lebih detailnya, yuk simak ulasan wisata pantai di Surabaya dan sekitarnya yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai ini adalah daerah wisata pantai yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Surabaya. Pantai Kenjeran Lama menawarkan angin yang semilir karena ketenangan ombak yang cenderung datar. Hal ini menambah nuansa sejuk dan ingin bermain air pantai. Kawasan wisata Kenjeran Lama juga menyediakan wisata belanja dan kuliner yang juga tidak kalah serunya. Sesudah puas bermain, Anda bisa mengunjungi pusat oleh – oleh yang ada.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menikmati tenangnya air laut dan keindahan Jembatan Suramadu di tengah laut saat air surut. Bila Anda beruntung, Anda bisa melihat keindahan dari surutnya laut dan menikmati kawasan pasir di tengah laut. Keindahan pasir putih yang menakjubkan akan membuat Anda terkagum. Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi jika ingin bersantai.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

2. Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran
Image Credit: Wowkeren.com

Tak jauh letaknya dari Pantai Kenjeran Lama, Pantai Kenjeran Baru atau yang populernya dikenal dengan Pantai Ria Kenjeran, dipisahkan oleh Jembatan Surabaya yang dibangun di wilayah pantai ini. Pantai Ria Kenjeran dapat dikatakan sebagai bentuk pantai modernisasi dari Pantai Kenjeran Lama. Beragam wahana wisata seperti playground dan waterpark tersedia untuk membuat Anda lebih leluasa membawa anak bermain.

Selain wisata air, ada juga lokasi yang menarik yang cocok untuk sekedar berswafoto. Patung Dewi Kwan In, Pagoda Tian Ti, dan Kya – kya Seaside adalah arsitektur yang cocok sebagai spot foto Anda. Dengan konsep pembangunan yang lengkap dan terstruktur, membuat pantai ini adalah pilihan yang tepat untuk berwisata bersama keluarga, teman bahkan komunitas yang Anda punya.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

3. Pantai Bulak

Pantai Bulak
Image Credit: Info.pikiran-rakyat.com

Berdekatan dengan Pantai Kenjeran, Pantai Bulak sebenarnya daerah pemukiman nelayan yang agak kumuh. Namun, sejak mendapatkan perhatian dari pemerintah, kawasan ini menjadi objek wisata ini ditujukan untuk menambah kenyamanan wisatawan ketika berkunjung ke pantai Bulak. Selain itu, Anda bisa menikmati kemegahan dari Jembatan Madura, serta keindahan suasana pemukiman nelayan yang cerah.

Lokasi: Abdulatif, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

4. Pantai Segara

Image Credit: Mantai.id

Pantai yang satu ini terletak di sekitar kompleks TNI AL, Kenjeran, di depan Pura Segara. Pura yang megah dan pantai yang asri menyejukkan menjadi perpaduan yang pas bagi liburan Anda. Namun, tidak sembarang waktu untuk bisa mengunjungi pantai menarik ini. Pada hari raya keagamaan Hindu merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata Pantai Segara. Suasana perayaan umat Hindu akan menyihir Anda seolah berada di Bali.

Lokasi: Jl. Memet Sastrowirya, Komplek TNI AL, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

5. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan
Image Credit: Tempatwisata.pro

Wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Kepetingan. Pantai ini menjadi salah satu destinasi yang terkenal di Surabaya. Terletak di kawasan Kabupaten Sidoarjo, pantai ini merupakan pertemuan antara muara sungai Kalimas dan Sungai Porong, Perpaduan keindahan hutan bakau juga menghiasi di sepanjang muara sungai. Keindahan laut yang alami dan kekayaan budaya lokal bisa menjadi tempat wisata komplit yang wajib Anda coba.

Lokasi: Kepetingan, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

6. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak
Image Credit: Instagram.com @gililabak.id

Gili Labak adalah kawasan surga tersembunyi yang berada tidak jauh dari Surabaya. Untuk sampai ke pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Akses menuju kesana harus menyeberangi Jembatan Suramadu, lalu ke timur menuju Kota Sumenep di ujung Pulau Madura. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Kalianget.

Memang benar untuk sampai ke lokasi wisata ini Anda harus menempuh perjalanan yang panjang, namun akan terbayarkan dengan suasana elok dan eksotis dari Gili Labak. Pulau kecil berpasir putih ini sangat indah dan nyaman karena jauh dari keramaian. Tidak hanya keindahan panorama alam saja yang bisa Anda nikmati, ada juga fasilitas snorkling untuk menikmati keelokan terumbu karang di sekitar Gili Labak yang tidak bisa dilewatkan.

Lokasi: Jl. Pulau Gili Labak, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

7. Pantai Gisik Cemandi

Pantai Gisik Cemandi
Image Credit: Mantai.id

Apabila Anda gemar untuk memancing di laut dan ingin mencari hasil tangkapan yang segar dan melimpah, Gisik Cemandi merupakan solusi yang tepat. Terletak di Kabupaten Sidoarjo, tidak jauh jika ditempuh dari kota Surabaya. Anda juga bisa menemukan tempat pelelangan ikan Gisik Cemandi. Selain bisa menikmati kelimpahan hasil perikanan yang ada di sini, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan baik sekedar untuk menikmati atau memancing di tengah laut.

Lokasi: Segoro Tambak, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo.

8. Pantai Papuma

Pantai Papuma
Image Credit: Dakatour.com

Terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Pantai Papuma menjadi ikon baru pariwisata di dekat pantai Kulon ini. Pantai Papuma bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib didatangi saat sedang berkunjung ke Surabaya. Karena keindahan pesisir pantai inilah Anda bisa menyaksikan langsung keindahan alam yang menakjubkan berupa hamparan pasir putih yang berhias ombak dengan latar laut yang luas.

Tak berhenti sampai disitu saja, keindahan yang ditawarkan Pantai Papuma menjadi tempat yang sangat hits bagi anak muda bahkan orang dewasa untuk menghabiskan liburan. Langit biru dan pulau karang kecil yang ada di tengahnya bisa dijadikan spot foto yang menarik untuk dibagikan di media sosial atau sekedar untuk berswafoto. Dengan panorama yang begitu eksotis, pantai ini menjadi populer di dunia maya.

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

9. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Image Credit: Blogkulo.com

Lokasi selanjutnya yang bisa menjadi referensi wisata Anda adalah Pantai Klayar. Ketika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan pesona dari keindahan batu karang yang menjulang tinggi seukuran pohon kelapa di pantai tersebut. Karang inilah yang menjadi centerpiece dari bahari tersebut. Selain bisa dinikmati keindahannya, batu karang juga bisa didaki untuk menyaksikan birunya air laut dengan ombak yang menari.

Setelah berhasil mendaki pada batu karang , dari atas ketinggian tersebutlah Anda bisa melakukan aktivitas fotografi dengan landscape laut yang dihiasi ombak bergulung. Tak hanya itu saja, hamparan pasir yang ada di sekitar pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri berpadu dengan batu karang yang unik. Bahari ini juga menyajikan sebuah fenomena alam yang menarik dan mempesona yakni berupa seruling samudera.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

10. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang
Image Credit: Pinterest.com

Apabila Anda ingin menikmati keindahan laut dengan hamparan batu karang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Tanjung Gaang. Berada di Pulau Bawean, pantai ini sangat patut untuk didatangi. Selain menawarkan keindahan batu karang, kejernihan air lautnya yang bisa menampilkan ikan cantik di bawahnya juga menjadi salah satu magnet yang menarik para wisatawan untuk berkunjung kesini. Saat terbaik mengunjunginya adalah pada sunset.

Pantai ini juga menjadi obat yang pas bagi traveler untuk melepas kepenatan dari segala hal aktivitas pekerjaan. Anda juga akan disuguhi oleh beberapa panorama alami yang mengesankan karena kejernihan airnya. Jika Anda ingin mengabadikan momen saat berada di Pantai Tanjung Gaang, Anda diharuskan untuk mendaki menuju puncak tebing bila ingin mendapatkan spot foto menarik dari matahari terbenam.

Lokasi: Patarselamat, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

11. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Image Credit: Dolanyok.com

Memiliki keindahan yang tidak kalah menarik seperti pantai lainnya, Pantai Buyutan terbilang masih sangat alami. Dengan menyuguhkan keindahan panorama yang lengkap dan hamparan pasir putih yang mengesankan, Anda bisa menjadikan lokasi ini sebagai alternatif liburan. Meskipun tidak dilengkapi dengan fasilitas yang mewah seperti restoran atau hotel, namun Anda masih bisa menikmati berbagai kegiatan seru seperti snorkeling, berenang dan lainnya.

Lokasi: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

12. Plengkung G – Land

Plengkung G - Land
Image Credit: Bromomalang.com

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya jika meneruskan perjalanan hingga ke Pantai Plengkung G – Land. Masuk ke dalam salah satu daftar ombak terbesar yang menakjubkan, ketinggian ombak mampu mencapai empat hingga enam meter. Tak heran bila Pantai Plengkung banyak digemari para peselancar baik lokal maupun internasional. Tak cukup menawarkan kegarangan ombak, ada juga pemandangan yang asri dari Taman Nasional Alas Purwo.

Lokasi: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

13. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Image Credit: Pantaipedia.com

Bergeser sedikit ke arah Selatan, Anda akan menemukan sebuah bahari yang indah seperti Tanah Lot Bali, tertata rapi dan juga bersih. Berada di Malang, pantai ini mampu membuat kejenuhan dari aktivitas keseharian Anda menjadi lebih berwarna. Suasana yang tenang bernuansa alami ditambah dengan adanya pulau kecil disekitarnya membuat Balekambang menjadi salah satu wisata bahari terindah yang ada di sekitar Surabaya.

Lokasi: Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang.

14. Pantai Nambangan

Pantai Nambangan
Image Credit: Facebook.com @donnytriutomo

Untuk Anda yang ingin melihat kemegahan Jembatan Suramadu dari kejauhan, berkunjung ke pantai Nambangan daerah Kenjeran ini adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Dihiasi dengan batu koral di sepanjang pesisir pantai dan ditumbuhi sejumlah pohon yang rindang di sekitarnya menjadikan pantai ini cukup nyaman jika dibuat untuk bersantai bersama teman, keluarga bahkan pacar.

Lokasi: Jl. Cumpat Kulon Baru I, Tanah Kali Kedinding, Kec. Kenjeran, Kota Surabaya.

15. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono
Image Credit: Pantainesia.com

Bagi warga Surabaya dan sekitarnya yang ingin belajar surfing, mungkin Anda bisa mendatangi pantai cantik satu ini. Namanya Pantai Lenggoksono letaknya di desa Purwodadi Kabupaten Malang. Untuk tiba di lokasi, Anda harus menempuh perjalanan beberapa jam dari Surabaya. Namun, ketika sampai di objek wisata bahari ini, rasa lelah akan terbayarkan. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang seru selain surfing dengan berenang atau berfoto.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang.

16. Pantai Tlocor

Pantai Tlocor
Image Credit: Eastjavatraveler.com

Tidak cuma bisa untuk hunting foto, tempat wisata yang bernama pantai Tlocor ini juga cukup seru untuk dikunjungi bagi traveler dan warga sekitar Surabaya. Di objek wisata ini juga terdapat beberapa fasilitas tambahan seperti tempat kuliner yang enak. Jika Anda ingin berkunjung Pantai Tlocor, Anda harus mengeluarkan uang untuk tiket masuk sekitar 150 ribu per orang. Walau tempat ini agak berada di pinggiran, namun tempat ini cocok dijadikan destinasi liburan.

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai yang bisa Anda kunjungi di Surabaya dan sekitarnya. Selain keindahan panorama yang disuguhkan, Anda juga bisa menikmati fasilitas tambahan yang disediakan dari wisata pantai tersebut untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman. Alam yang masih alami dan sejuk serta bebas dari keramaian membuat siapa saja betah untuk menghabiskan waktu liburan di pantai – pantai indah tersebut.

 

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending