Coban Pelangi, Sejuknya Air Terjun Eksotis di Malang

Coban Pelangi, Sejuknya Air Terjun Eksotis di Malang
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata menakjubkan yang bisa dikunjungi. Di wilayah Jawa Timur terdapat beragam tempat wisata dengan konsep wisata alam. Tidak heran jika Jawa Timur sering kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata disana adalah Coban Pelangi.

Jawa Timur memang dikenal sebagai destinasi liburan favorit wisatawan terutama wisatawan yang cinta dengan panorama alam. Terutama daerah Kabupaten Malang yang seolah tidak pernah kehabisan ide untuk menarik perhatian wisatawan. Ada banyak tempat wisata bernuansa alam yang terdapat di Kabupaten Malang dengan daya tariknya masing-masing.

Tempat wisata berupa coban atau air terjun ada beberapa tempat di Kabupaten Malang, termasuk Coban Pelangi. Nama tempat wisata tersebut sudah cukup populer di kalangan wisatawan sehingga coban ini tidak pernah sepi akan kunjungan wisatawan. Panorama alam yang disuguhkan disana tidak kalah cantiknya dengan air terjun lain yang ada di Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Pelangi

Daya Tarik Coban Pelangi
Image Credit: Google Maps farid Sholeh

1. Menyuguhkan Panorama Air Terjun dan Juga Pelangi

Sesuai namanya, coban yang berada di kawasan Kabupaten Malang ini tergolong unik karena menyuguhkan panorama alam berupa air terjun dengan semburat pelangi. Kemunculan pelangi dikarenakan peristiwa pembiasan cahaya. Akan tetapi, pelangi tersebut tidak muncul setiap saat, melainkan hanya ketika siang hari saja.

Waktu berkunjung yang tepat ke Coban Pelangi untuk mendapatkan panorama air terjun dengan kemunculan pelangi adalah antara pukul 10.00-14.00. Pada waktu-waktu tersebut matahari sedang bersinar dengan terang. Supaya lebih jelas pelanginya, wisatawan bisa datang ketika musim panas.

2. Memiliki Karakteristik yang Unik

Air terjun ini berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut tepatnya di kaki Gunung Semeru. Ketinggian air terjunnya mencapai 110 meter. Suhu udara di kawasan air terjun berkisar mulai dari 19 hingga 23 derajat celcius sehingga sangat sejuk. Suasana air terjun terasa begitu teduh karena dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Menariknya lagi, suara burung membuat suasananya semakin alami. Satwa liar banyak yang tinggal di kawasan air terjun ini karena memang tempat wisata ini masih benar-benar alami. Terdapat juga sungai yang bersih dan jernih mengalir di antara bebatuan yang berada di sisi kanan dan kirinya.

3. Coban Pelangi Selalu Dijaga Kelestariannya

Coban Pelangi termasuk salah satu tempat wisata alam di Malang yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Air terjun ini juga merupakan bagian dari kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Oleh karena itu kawasan ini selalu dijaga keaslian dan keasriannya sehingga tetap lestari sampai kapanpun.

Bahkan, pintu masuknya pun sudah ditemukan di tahun 1970 silam yang hingga saat ini masih ada. Selain pintu masuknya yang menyimpan nilai historis tinggi, terdapat jembatan bambu di kawasan air terjun yang sangat ikonik.

4. Menyediakan Kegiatan Menarik untuk Wisatawan

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Tidak hanya menyaksikan pesona air terjun saja, namun disana wisatawan bisa melakukan kegiatan rafting yang dapat memacu adrenalin. Sungai yang digunakan untuk bermain rafting letaknya berseberangan dengan untuk tubing.

Selain rafting, wisatawan juga bisa melakukan river tubing di sungai yang ada di kawasan Coban Pelangi. Kegiatan tubing ini berbeda dengan kegiatan rafting karena dilakukan di sungai berukuran kecil di kawasan air terjun. Selain itu, wisatawan juga bisa menaiki kuda mengelilingi area tempat wisata tersebut.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Coban

Alamat Coban Pelangi
Image Credit: Google Maps Idiot Travelers

Lokasi air terjun terletak di Kabupaten Malang tepatnya di kawasan Poncokusumo, Dusun Ngadas, Jawa Timur. Tempat wisata ini dikelola oleh pihak Perum Perhutani KPH Malang. Kawasan air terjun masih satu wilayah dengan kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Persisnya tempat wisata ini ada di tengah jalan antara Jl. Ranu Pane dan Jl. Tumpang.

Wisatawan bisa datang ke tempat wisata tersebut menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Untuk rutenya bisa melalui Tumpang yang jaraknya dari pusat kota Malang kurang lebih 16 kilometer. Dari Tumpang, wisatawan bisa ambil ke arah timur dengan menyusuri jalanan kecil dan menanjak.

Wisatawan akan melewati punggung bukit kurang lebih 16 kilometer yang menyuguhkan panorama alam berupa kawasan perbukitan indah dan lembah di sisi kanan. Di sebelah kiri jalan terdapat deretan warung yang berlokasi di tepi jalan. Wisatawan bisa melihat plang yang bertuliskan Wana Wisata Coban Pelangi yang ada di kanan jalan.

Untuk pintu masuknya terletak sebelum pertigaan Jemplang yang mengarah ke Gunung Semeru dan Gunung Bromo sekitar 10 kilometer. Kemudian dari lokasi pintu masuk tersebut wisatawan bisa berjalan kaki melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalanan setapak yang melintasi jembatan dan jalanannya menurun. Kurang lebih 1.500 meter, sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi
Image Credit: Google Maps Kukuh S

Waktu operasional wisata air terjun ini dibuka untuk umum mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk berbeda ketika weekday dan weekend. Harga tiket masuk ketika weekday adalah Rp 10.000 per orang dan harga tiket masuk ketika weekend adalah Rp 15.000 untuk satu orang.

Sedangkan untuk parkir, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp 5,.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp 10.000. Bagi Anda yang ingin menggunakan fasilitas kamar mandi akan dikenakan tarif mulai dari Rp 2.000 hingga 3.000 tergantung dengan pemakaiannya. Untuk biaya tiket masuk berlaku untuk anak yang berusia di atas dua tahun.

Wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas menarik di Coban Pelangi antara lain tubing dengan membayar Rp 5.000 per orang, rafting dengan biaya Rp 35.000 per tim, naik kuda dengan biaya Rp 30.000 per orang, camping dengan biaya Rp 10.000 per orang dan menyewa peralatan camping Rp 50.000.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Coban Pelangi

Aktivitas-Seru-di-Coban-Pelangi
Image Credit: Google Maps Widodo Bagaskara (Kribo)

1. Bermain Rafting

Disana wisatawan juga bisa melakukan aktivitas bermain rafting yang menantang adrenalin. Aktivitas tersebut berbeda dengan aktivitas tubing karena lokasi sungai yang digunakan untuk bermain rafting berbeda dengan sungai untuk bermain tubing. Aktivitas rafting biasanya dilakukan dengan tim 4-5 orang selama 30 menit.

2. Bermain River Tubing

Aktivitas lainnya selain bermain rafting adalah bermain river tubing. Aktivitas ini tidak kalah menariknya dengan rafting dimana wisatawan tidak akan dibentuk dalam satu tim seperti rafting. Permainan tubing ini dilakukan menggunakan satu ban karet secara sendiri-sendiri sehingga harus saling berpegangan tangan agar seimbang.

3. Mencari Spot Foto

Jika wisatawan beruntung menyaksikan pelangi ketika mengunjungi tempat wisata ini, jangan lupa untuk diabadikan dengan jerpretan kamera. Di kawasan air terjun banyak sekali spot foto yang eksotis. Tidak heran jika Coban Pelangi selalu ramai dikunjungi wisatawan baik ketika weekday, weekend, maupun hari libur nasional.

4. Menaiki kuda

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Coban Pelangi adalah menaiki kuda. Tarifnya cukup terjangkau dan kuda yang bisa dinaiki wisatawan diberi batasan waktu selama 30 menit dalam sekali sewa. Kuda disana sudah jinak sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Akan ditemani juga oleh pawang kuda sehingga terjamin aman.

5. Berkemah

Menariknya lagi, wisatawan bisa berkemah di kawasan air terjun. Wisatawan yang tidak membawa peralatan berkemah bisa menyewa disana. Yang terpenting adalah wisatawan jangan lupa membawa jaket karena ketika malam hari suhu udaranya sangat dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Pelangi

Fasilitas Coban Pelangi
Image Credit: Google Maps Wahyu_Ananda

Terkait fasilitas, terdapat banyak fasilitas memadai disana. Misalnya saja lokasi parkir yang nyaman dan cukup luas untuk sepeda motor dan mobil. Kemudian terdapat juga warung-warung wisata, toilet umum dan spot foto instagramable.

Wisatawan juga akan menemukan banyak tempat duduk dan gazebo. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Coban Pelangi seperti menaiki kuda, bermain rafting, bermain river tubing, hingga berkemah.

Ketika menaiki kuda, sudah ada pawang kuda sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Kemudian untuk aktivitas seperti rafting, river tubing, dan berkemah semuanya sudah disediakan fasilitas disana.

Coban Pelangi termasuk salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan tidak perlu khawatir terkait fasilitas dan hal-hal lainnya karena destinasi ini berada di bawah pengelolaan pihak perhutani.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending