Pantai Ancol, Jakarta

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Ancol di Jakarta menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan ketika liburan. Tak hanya memiliki panorama yang memukau, atraksi dan juga fasilitasnya akan menjadikan liburan makin berkesan dan menyenangkan.

Lokasi: ‎Jl. Lodan Raya, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.
Map: Cek Lokasi

Tak hanya menjadi kota metropolitan yang sibuk, Jakarta juga cukup atraktif dalam wisatanya. Wisata di Jakarta cukup beragam, dan Anda juga bisa mengunjungi pantainya yang menjadi andalan. Bagi Anda warga Jakarta yang ingin menghabiskan akhir pekan, Pantai Ancol bisa dijadikan alternatif. Dan bagi warga luar Jakarta pantai satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Informasi selengkapnya Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ancol

Daya Tarik Pantai Ancol
Image Credit: Youtube.com (Bung Didik Jalan Jalan)

Pantai Ancol merupakan salah satu ikon wisata di Kota Jakarta yang tak boleh dilewatkan. Panti ini juga bisa dikatakan sebagai pantai yang paling lengkap jika dibandingkan dengan pantai yang lainnya. Selain menjadi tempat wisata, Ancol juga menjadi dermaga utama untuk pengunjung yang ingin menuju Kepulauan Seribu. Tak hanya sebagai bersandarnya kapal, warga Jakarta juga menjadikannya sebagai lokasi olahraga air yang seru.

Ancol sendiri di bangun pada tahun 1954 yang kemudian pembangunannya selesai di tahun 1968. Namun di tahun 1966 sebelum wisata ini juga sudah di buka. Tujuannya dibangun Ancol tentunya sebagai sarana hiburan di sesaknya kota Jakarta. Dengan mengunjungi tempat satu ini, maka bisa sebentar saja lepas dari kemacetan dan hiruk pikuk kota. Tak heran jika pantai Ancol tetap menjadi favorit hingga saat ini.

Daya Tarik Pantai Ancol Jakarta
Image Credit: Asiapropertyawards.com

Perlu Anda ketahui jika pantai Ancol dibagi dalam 6 kawasan, yakni Pantai Karnaval Ancol, Pantai Ria Ancol, Pantai Ancol Lagoon, Pantai Festival Ancol, Pantai Marina Ancol, Pantai Indah Ancol dan Pantai Beach Pool. Pertama kali Anda menginjakkan kaki akan disambut dengan semilir angin yang terasa begitu segar. Semilir angin ini membawa kesejukkan mengingat Jakarta termasuk memiliki suhu udara yang panas.

Apabila Anda berwisata bersama anak anak, kawasan Pantai Ria Ancol sangat cocok untuk dikunjungi. Anda bisa menemukan hamparan pasir putih yang bisa dijadikan arena bermain anak. Pantai Ancol juga memiliki jembatan yang cukup panjang, jembatan ini berbentuk melengkung yang dinamakan dengan Jembatan Cinta. Spot satu ini termasuk menjadi salah satu spot yang banyak dikunjungi lantaran bisa menikmati pemandangan lebih leluasa.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Ancol

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Ancol
Image Credit: Doripos.com

Pantai Ancol berada di Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakut. Untuk menuju pantai ini sangat karena kawasannya memang berada di ujung kota Jakarta. Tak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Bagi Anda yang berlibur ke Ancol menggunakan kendaraan pribadi, rutenya bisa langsung mengikuti petunjuk jalan yang tersebar. Jika takut tersesat bisa memanfaatkan GPS yang ada di Smartphone Anda.

Sementara bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan TransJakarta dengan tujuan Ancol. Jika Anda enggan menggunakan TransJakarta bisa menggunakan KRL hingga stasiun Jakarta Kota. Namun tetap saja, perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan bis maupun transportasi online. Harap bersabar menuju Ancol, karena Anda harus menghadapi kemacetan khas Kota metropolitan ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol, Jakarta

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol
Image Credit: Traveloka.com

Keindahan yang dimiliki Pantai Ancol memang sangat mempesona. Dan jika Anda ingin mengunjunginya tak perlu merogoh kocek yang dalam. Harganya tiket yang dibandrol cukup bersahabat, hanya sekitar Rp. 25 ribu saja setiap orangnya. Bisa dikatakan jika harga tiket ini terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya di Jakarta. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan wahana maupun biaya parkir kendaraan.

Tetapi jika Anda hanya menikmati pantainya saja, tak perlu membayarkan biaya tambahan. Harga tersebut tentu saja bisa berubah sewaktu waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Sehingga ada baiknya jika Anda menyiapkan budget lebih, terutama jika Anda pergi berlibur saat musim liburan. Harga parkir kendaraan untuk mobil dimulai dari Rp. 20 ribu sementara untuk kendaraan roda dua sekitar Rp. 15 ribu.

Kegiatan Menarik Ketika Liburan ke Pantai Ancol

Kegiatan di Pantai Ancol
Image Credit: Ancolbeachcity.co.id

Ada banyak aktivitas atau kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke Pantai Ancol. Dengan mengunjungi pantai ini Anda memang akan merasakan rekreasi yang beragam. Tak hanya cocok untuk hangout bersama teman, rekreasi keluarga juga sangat cocok dilakukan di kawasan Ancol ini. Memiliki pasir putih yang panjang, membuat para pengunjung bebas melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan.

Mulai dari bersantai sambil menikmati semilir angin pantai, bermain bola pasir atau kegiatan olahraga lainnya, berenang dan juga lainnya. Ada beberapa area yang memang diijinkan dan aman untuk berenang. Meskipun demikian tetap ada aturan yang harus pengunjung taati demi keamanan. Umumnya anak anak akan didampingi orang tuanya ketika bermain air di pantai ancol ini. Tak jarang mereka juga menggunakan ban atau pelampung.

Bermain pasir rasanya memang tak bisa dilewatkan ketika mengunjungi pantai. Pasir di pantai satu ini berwarna putih dan lembut sehingga bisa bermain di atasnya dengan bebas. Membangun istana pasir atau lainnya pasti akan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Bibir pantai Ancol memang menjadi playground yang sangat pas untuk beraktivitas. Anda juga bisa sekalian berburu foto menawan untuk kemudian diunggah ke media sosial.

Bagi Anda yang tidak ingin bermain air, Anda juga bisa berjalan jalan sambil menikmati pemandangan. Pantai Ancol merupakan pantai yang memiliki promenade yang mengelilingi bibir pantai. Kawasan pedestrian dengan lebar 8 meter juga bisa difungsikan untuk menikmati pantai ini dengan cara yang berbeda. Selain berjalan jalan, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi areanya dengan lebih mudah dan tidak capek.

Kawasan ini juga sering dijadikan sebagai spot untuk berswafoto maupun grofie dengan latar belakang lautnya. Di beberapa titik disediakan taman fitness yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Mengunjungi Pantai Ancol memang tak lengkap jika tak berburu foto yang instagenic. Terdapat banyak spot foto maupun dekorasi yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Spot spot tersebut bisa dijadikan background untuk Anda yang hobi berpose di depan kamera.

Puas berjalan jalan dan bermain, Anda bisa menikmati kuliner di tepian pantai. Ada banyak menu yang bisa menggoyang lidah Anda, sembari menunggu senja tiba. Karena tak lengkap jika Anda berkunjung ke Pantai Ancol tanpa melihat sunsetnya. Semburat warna jingga yang berada di cakrawala membuat pantai ini semakin mempesona. Suasananya akan berubah romantis, terutama jika dilewatkan bersama orang orang tersayang.

Penginapan di Sekitar Pantai Ancol

Penginapan di Sekitar Pantai Ancol
Image Credit: Booking.com

Menikmati keindahan pantai Ancol rasanya tidak cukup jika hanya sehari. Terutama jika Anda berasal  dari luar kota, mengingat ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata satu ini. Sehingga menginap menjadi alternatif yang banyak dipilih oleh para wisatawan. Tenang saja, ada banyak hotel maupun penginapan yang dekat dengan Pantai Ancol ini. Anda hanya perlu menentukan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi budget Anda.

Sebaiknya Anda memilih penginapan atau hotel yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Ancol ini. Ada beberapa yang bisa dijadikan pilihan seperti hotel Mercure Convention Center dan lainnya. Dimana untuk menuju pantai Ancol Anda hanya perlu berjalan kaki saja. Dengan menginap yang dekat dengan destinasi wisata, maka Anda bisa menghemat waktu serta budget. Jika musim liburan tiba, ada baiknya jika memesan terlebih dahulu jauh jauh hari.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ancol

Fasilitas di Pantai Ancol
Image Credit: Adventindo.blogspot.com

Sebagai tempat wisata yang begitu kondang, Pantai Ancol juga melengkapi fasilitas yang memanjakan pengunjung. Anda bisa menemukan fasilitas yang sangat lengkap. Anda bisa menemukan fasilitas seperti kawasan pedestrian yang juga dilengkapi dengan berbagai wisata kuliner. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika mengunjungi pantai satu ini. Arena bermain, mushola, hingga toilet juga bisa dengan mudah Anda temukan.

Tak hanya itu, fasilitas transportasinya juga akan memudahkan pengunjung ketika berkunjung. Seperti adanya kereta wisata Sato Sato, yang akan memudahkan Anda menjelajah setiap jengkal Pantai Ancol ini. Tak hanya itu, Pantai Ancol juga satu kawasan dengan destinasi wisata andalan lainnya. Sehingga Anda bisa sekalian melanjutkan liburan Anda di destinasi yang berada di sekitaran Pantai ini.

Pantai andalan Jakarta ini memang sangat cocok dijadikan destinasi ketika singgah di Jakarta. Tak hanya dikunjungi warga lokal, banyak juga wisatawan dari berbagai daerah yang tak melewatkan keindahan pantai Ancol. Apalagi pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Bagaimana tertarik untuk memasukkan pantai Ancol dalam daftar liburan Anda?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending