15 Wisata Pantai di Jakarta & Sekitarnya Paling Hits

15 Wisata Pantai di Jakarta & Sekitarnya Paling Hits

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa Daftar Wisata Pantai Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis & Paling Hits sebagai Tujuan Liburan atau Berakhir Pekan.

Berlibur di akhir pekan atau libur panjang bersama keluarga dapat mengambil tema tempat yang beragam. Jakarta jadi salah satu kota yang memiliki beragam destinasi, mulai dari taman hingga wisata alam. Bagi para pecinta wisata bahari, tentu ingin menikmati indahnya pantai beserta air birunya bersama keluarga atau teman terdekat.

Jakarta dan sekitarnya memiliki beberapa rekomendasi wisata pantai terbaik yang menawarkan daya tarik berbeda beda. Tak hanya untuk pecinta watersport, tetapi juga kawasan hutan mangrove yang berfungsi melindungi daratan dari abrasi. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai untuk para pengunjung. Berikut deretan wisata pantai terindah di Jakarta dan sekitarnya yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Karnaval Ancol

Pantai Karnaval Ancol
Image Credit: Minews.id

Destinasi satu ini sudah jadi ikon dari Jakarta yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Kompleks Ancol memang tidak pernah mengecewakan, justru berhasil membuat para pengunjung puas serta terhibur. Dari segala rentang usia dapat berkunjung ke pantai ini menikmati keindahan alam serta fasilitas yang tersedia. Anda bisa duduk di tepi pantai sembari menikmati angin sepoi sepoi seakan turut menghilangkan penat.

Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa menjajal setiap wahana yang tersedia, seperti jet ski, outbondholic, gondola, dan melipir sejenak ke Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, serta Allianz Ecopark. Berkeliling sekitar Ancol tak lagi melelahkan, karena para pengunjung bisa memakai scooter atau kereta yang mampu berjalan sekitar 3,6 kilometer. Kereta satu ini telah dirancang ramah untuk para penyandang kebutuhan khusus atau difabel.

Lokasi: Jl. Pantai Karnaval Ancol, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.

2. Pantai Pulau Perak

Pantai Pulau Perak
Image Credit: Ksmtour.com

Berkunjung ke salah satu pantai di Kepulauan Seribu satu ini tampaknya membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Wisata yang ditawarkan sangat menarik, yaitu lanskap nuansa alam asri, pasir putih dipadu dengan air laut yang jernih, serta suasana pantai yang sepi. Bagi para penduduk perkotaan tentu berlibur ke Pulau Perak tak berpenghuni ini terasa sangat sempurna. Anda dapat sejenak beristirahat dari hiruk pikuknya suasana kota.

Tak hanya berlibur sejenak, Anda bisa memanfaatkan libur panjang dengan bermalam di area tersebut. Terdapat penyewaan tenda yang hanya memerlukan biaya sekitar 50 ribu rupiah. Berkeliling di area mangrove juga bisa Anda lakukan dengan menyewa perahu seharga 25 ribu rupiah. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati snorkeling, watersport, dan mendapat fasilitas lampion terbang. Aktivitas lainya, yaitu memancing ikan pari atau kakap besar.

Lokasi: Pulau Perak, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

3. Pantai Cikaya di Pulau Karya

Pantai Cikaya di Pulau Karya
Image Credit: Checkinjakarta.id

Untuk bertandang ke pantai ini, para pengunjung harus melalui jalur laut yang memakai perahu dengan harga 4 ribu rupiah. Tak hanya ke pulau Karya, Anda juga bisa berkeliling di sekitar pantai dengan harga yang sangat terjangkau. Berbagai aktivitas dapat dilakukan oleh para pengunjung, seperti memancing di sekitar dermaga atau sekadar menikmati lembutnya pasir di tepi pantai. Anda bisa mencari ketenangan di tempat yang sangat sepi ini.

Tak hanya berjalan di atas pasir putih yang lembut, Anda juga bisa snorkeling untuk menjajal keindahan biota laut di kepulauan Seribu. Liburan di tempat ini akan semakin berkesan saat Anda mengabadikan momen dengan berfoto bersama ikan atau terumbu karang. Bila Anda berlibur bersama anak anak, tak perlu khawatir karena pengelola pantai telah menyediakan area bermain untuk anak anak. Dengan begitu, buah hati Anda akan selalu dalam jarak yang aman.

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

4. Pantai Pulau Bidadari

Pantai Pulau Bidadari
Image Credit: Reddoorz.com

Ingin melihat saksi bisu atau rekam jejak dari masa penjajahan Belanda? Anda dapat pergi ke Pantai Pulau Bidadari yang ada di Kepulauan Seribu. Pasalnya, di area tersebut masih ada rumah sakit yang didirikan khusus untuk para penderita kusta dan benteng yang didirikan pada masa VOC. Hingga saat ini bangunan tersebut masih berdiri dengan megah lengkap beserta reruntuhannya. Jadi salah satu spot menarik untuk berfoto bersama di area tersebut.

Bukti sejarah tersebut berdiri berdampingan dengan dermaga pulau serta pepohonan yang melindungi pengunjung dari terik matahari. Daya tarik yang ditawarkan kepada wisatawan, yaitu kokoh serta saksi bisu dari perlawanan Inggris saat memperebutkan Indonesia dari tangan Belanda. Para wisatawan mancanegara dan domestic juga dapat menikmati fasilitas pantai, seperti resort, banana boat, kano, jet ski, dan kayak laut.

Lokasi: Pulau bidadari, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

5. Pantai Pulau Tidung

Pantai Pulau Tidung
Image Credit: Travelwisataindonesia.com

Daya tarik yang membuat pantai ini unik, yaitu adanya jembatan khas yang diberi nama Jembatan Cinta. Tak hanya itu, air laut dari pantai ini juga sangat jernih dan bersih. Dengan begitu, para wisatawan dapat melihat secara jelas terumbu karang dari atas jembatan. Fasilitas yang tersedia untuk para wisatawan, yaitu perahu yang dapat dipakai berkeliling di area pantai dan snorkeling dengan alat lengkap untuk melihat biota laut dari jarak dekat.

Selain dua fasilitas tersebut, Anda juga bisa menaiki banana boat dengan rombongan atau sekadar melompat ke laut dari atas jembatan. Aktivitas tersebut cukup populer dan mampu menguji adrenalin para wisatawan. Yang tidak kalah menarik, area ini juga dipakai sebagai kawasan wisata bahari dengan dibangunnya museum tentang biota laut. Anda bisa melihat artefak dari ikan paus, penangkaran penyu, ikan badut, dan hutan mangrove.

Lokasi: Pulau Tidung, Kec, Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

6. Pantai Pulau Pramuka

pulau pramuka
Image Credit: Paradisotraveling.com

Habitat Elang Bondol ini layak disebut sebagai area wisata edukasi karena banyak spot yang didirikan khusus untuk mengedukasi wisatawan. Daya tarik dari pulau ini karena memiliki banyak pohon mangrove, sehingga cocok dipakai sebagai latar foto. Tak hanya itu, para wisatawan juga dapat melihat secara langsung tempat penangkaran penyu sisik yang dikelola oleh masyarakat. Penyu jenis ini dilestarikan karena populasinya sudah mulai punah.

Tak hanya wisata edukasi, tempat tumbuhnya maskot Kota Jakarta ini juga cocok dijadikan destinasi liburan. Anda dapat melakukan snorkeling dengan alat yang sangat lengkap untuk melihat terumbu karang serta biota laut lainnya. Tak hanya memiliki keindahan biota laut, air laut di pantai ini juga tergolong tenang sehingga cocok dipakai oleh para pemula. Bila Anda ingin belajar menyelam, Pulau Pantai Pramuka adalah tempat yang paling tepat.

Lokasi: Pulau Pramuka, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

7. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan
Image Credit: Rubrikwisata.com

Masih berada di kawasan Kepulauan Seribu membuat aksesnya cukup mudah. Wisatawan dapat berkunjung dengan memakai speedboat ke pantai yang tidak memiliki ombak ini. Tak hanya memiliki sederet keindahan, Pasir Perawan juga menawarkan fasilitas lengkap untuk Anda. Mulai dari penginapan, mushola, hingga watersport yang bisa dinikmati pengunjung. Tidak ketinggalan, pulau ini juga dilengkapi spot spot foto menarik untuk swafoto.

Lokasi: Jl. Pari Utama, Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

8. Pantai Anyer

Pantai Anyer
Image Credit: Ksmtour.com

Nama pantai ini tentu sudah melegenda sejak zaman penjajahan Belanda, tetapi belum banyak yang berkunjung ke destinasi satu ini. Berada di Banten dan langsung menghadap ke laut Jawa membuatnya memiliki garis pantai yang panjang. Tak hanya memiliki panorama yang menarik, destinasi satu ini juga memiliki sederet aktivitas seru yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Tak boleh ketinggalan, pemandangan sunset di tempat ini jadi daya tarik yang unik.

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Serang, Kab. Banten.

9. Pantai Carita

Pantai Carita
Image Credit: Wikipedia.org

Berada di kawasan yang berbeda, tetapi hanya berjarak sekitar 40 menit dari Pantai Anyer. Anda dapat berkunjung ke tempat ini dengan menempuh perjalanan darat untuk melihat secara langsung keindahannya. Paduan pasir putih, air laut berwarna biru, dan lanskap anak Gunung Krakatau terasa sangat lengkap. Tak hanya watersport, pantai satu ini juga cocok untuk bermain voli dan tarik tambang, serta penginapan yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

10. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar
Image Credit: Ihategreenjello.com

Masih berada di Banten yang memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam dari kota Jakarta, Pantai Tanjung Layar jadi destinasi yang patut dikunjungi. Pantai satu ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, seperti batu karang yang tinggi dan Samudra Hindia yang jernih. Bagi para pecinta surfing, tampaknya pantai ini jadi surga dunia yang tak boleh Anda lewatkan. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki gua gua dangkal yang sangat eksotis.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

11. Pantai Marina Ancol

Pantai Marina Ancol
Image Credit: Bisniswisata.co.id

Fungsi dari pantai satu ini cukup kompleks, yaitu sebagai sarana transportasi dan kawasan wisata. Anda dapat menuju dermaga yang telah beroperasi sejak pukul 9 pagi menuju salah satu gugusan di Kepulauan Seribu dengan speedboat atau kapal feri. Untuk wisatawan yang ingin menikmati liburan, tempat ini cocok untuk para pecinta olahraga air. Tak hanya itu, tersedia pula area bermain untuk anak anak dan berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati.

Lokasi: Jl. Marina, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.

12. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Explorewisata.com

Berada di Pandeglang membuat destinasi satu ini bisa ditempuh melalui jalur darat dari DKI Jakarta selama kurang lebih 4 jam. Pantai ini berada di perairan Selat Sunda lengkap dengan pemandangan anak Gunung Krakatau yang masih aktif hingga saat ini. Anda bisa berlibur bersama keluarga dengan fasilitas yang lengkap. Daya tarik utama dari wisata ini, yaitu sunrise boat trip, wisata burung camar, dan konservasi terumbu karang yang beragam.

Lokasi: Pantai Tanjung Lesung, Kec. Tanjungjaya, Kab. Pandeglang.

13. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir
Image Credit: Instagram.com @foto.co.id

Ingin berlibur ke tempat yang antimainstream, tetapi mudah dijangkau? Pantai Tanjung Pasir jadi jawaban tepat untuk kebutuhan Anda. Tak hanya itu, pantai yang berada tidak jauh dari kawasan kota ini juga dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Anda disuguhi paket lengkap dari pasir hitam yang lembut dan ombak tidak terlalu besar, sehingga aman untuk anak anak. Pantai ini juga memiliki perairan yang dapat dieksplor memakai perahu motor.

Lokasi: Tanjung Pasir, Kec. Teluknaga, Kab. Tangerang.

14. Pantai Mekar

Pantai Mekar
Image Credit: Instagram.com @kodak212

Melipir sejenak ke kota Bekasi, Anda bisa melepas penat dari padatnya kota Jakarta dengan berlibur ke Pantai Mekar. Lokasinya mudah dicari dan memiliki daya tarik unik yang mampu menarik minat wisatawan. Terdapat hutan mangrove yang berfungsi menjaga area daratan dari abrasi, sehingga pepohonan ini cukup banyak. Lokasi yang sangat asri ini cocok dipakai sebagai latar swafoto untuk mengabadikan momen terbaik selama Anda berlibur.

Lokasi: Pantai Mekar Kec. Muaragembong, Kab. Bekasi

15. Pantai Lontar

Pantai Lontar
Image Credit:  Syarief76.wordpress.com

Menutup rekomendasi pantai terbaik yang wajib dikunjungi di area Jakarta dan sekitarnya, Pantai Lontar jadi pilihan menarik Anda. Daya tarik utama dari wisata ini yaitu adanya labirin di tepi pantai yang bisa dijadikan sebagai latar foto. Selain itu, para wisatawan juga bisa berkeliling pantai dengan perahu motor yang disewakan dengan harga 5 ribu rupiah saja tiap orang. Tempat ini juga jadi pusat pengelolaan rumput laut serta hasil produksi yang beragam.

Lokasi: Lontar, Tirtayasa, Kec. Serang, Kab Banten.

Masyarakat perkotaan membutuhkan rekomendasi tempat liburan yang sangat menarik, seperti di area kota Jakarta. Untuk melepas penat sangat cocok berkunjung ke wisata bahari dengan daya tarik yang unik serta berbeda. Terdapat 15 rekomendasi pantai di Jakarta dan sekitarnya yang tidak boleh Anda lewatkan karena memiliki keunikan masing masing. Terutama bagi para pecinta watersport dan snorkeling untuk menikmati keindahan biota laut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending