10 Pantai Dekat Bandung yang Cantik & Hits

10 Pantai Dekat Bandung yang Cantik & Hits

Bandung termasuk salah satu kota yang menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik mulai dari wisata yang bernuansa alam, sejarah, hingga kekinian. Kota ini tidak pernah sepi akan kunjungan wisatawan baik ketika weekday, weekend, terlebih lagi ketika hari libur nasional. Setiap tempat wisata di kawasan Bandung mempunyai daya tarik masing-masing.

Berbicara perihal tempat wisata bernuansa alam, ada beragam tempat wisata yang ada di Bandung. Di dekat Kota Bandung, terdapat beberapa pantai yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang recommended untuk dikunjungi. Pantai-pantai tersebut memiliki daya tarik yang mampu membuat wisatawan tidak akan merasa bosan ketika berkunjung.

Berwisata ke Bandung tidak hanya bisa mengunjungi kawasan pusat kotanya saja, namun eksplorasi tempat-tempat wisata bernuansa alam di kawasan Bandung juga dapat dijadikan pilihan. Wisatawan baik domestik maupun mancanegara menjadikan Bandung sebagai salah satu destinasi liburan karena terdapat beragam tempat wisata menarik disana.

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Google Maps Adrianus Hary Susiawan

Pantai yang terletak di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat ini menyuguhkan pesona alam pantai yang mirip dengan pantai populer di Bali, Tanah Lot dengan bebatuan karangnya. Lokasinya dekat Pantai Pangandaran dan akan melewati Pantai Pamayang, Cipatujah, dan Sindangkerta ketika menuju ke lokasi Pantai Karang Tawulan.

Fasilitasnya pun cukup lengkap. Tersedia mushola, lahan parkir, toilet, beberapa gazebo dan gardu pandang, serta warung makan yang menyajikan kuliner khas berupa ikan bakar yang berasal dari Pamayangsari. Meski belum terlalu populer seperti Pantai Pangandaran, namun pantai tersebut tidak pernah sepi kunjungan.

Pengunjung yang datang banyak yang melakukan aktivitas memancing di area tebing karang yang lokasinya menjorok ke bagian tengah laut. Ombak lautnya tergolong tinggi sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di Pantai Karang Tawulan.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

2. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Image Credit: Google Maps Risalatul Mahmudah

Nama pantai ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar wisatawan domestik dan mancanegara. Panorama alamnya tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lainya yang juga terkenal di Indonesia seperti Pantai Kuta, Raja Ampat, Pantai Parangtritis dan lain-lain. Keindahan sunsetnya menjadi panorama alam favorit di pantai ini.

Pantai Pangandaran memiliki beragam fasilitas memadai termasuk resto dan café yang menemani wisatawan menikmati sajian kuliner sambil menyaksikan keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai ini. Selain itu, tersedia juga penginapan seperti resort mewah yang dapat dipilih wisatawan sebagai tempat bermalam disana.

Terdapat juga wahana watersport menarik seperti parasailing dan banana boat yang pastinya seru dan menyenangkan. Wisatawan juga dapat mengelilingi kawasan pesisir pantai dengan bersepeda. Sepeda yang digunakan adalah jenis sepeda tandem yang bisa disewa di kawasan pantai.

Harga Tiket: Rp 9.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

3. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Image Credit: Google Maps Mastri Ridwan S

Pantai Jayanti berlokasi di Kabupaten Cianjur, tepatnya Cidamar, Kecamatan Cidaun. Lokasinya sangat dekat dengan Bandung sehingga nama pantainya adalah Jayanti, dekat Ciwidey. Pantai ini dikenal mempunyai ombak yang besar dan berhias bebatuan karang. Keindahan alam lainnya berupa pasir hitam kecoklatan yang begitu cantik.

Wisatawan akan menyaksikan banyak kapal nelayan sedang bersandar di tepi pantai jika menghadap ke arah timur. Pemandangan tersebut menjadi latar belakang berfoto yang cantik sehingga wisatawan yang hobi fotografi akan merasa sangat termanjakan. Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia beberapa penginapan di sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari
Image Credit: Google Maps Mastri Asep Apandi Saputra

Di Kabupaten Tasikmalaya terdapat juga Pantai Pamayangsari yang memiliki ciri khas berupa menara mercusuar dan menara pandang. Letak kedua menara berada di bagian ujung pemecah ombak sehingga seolah seperti pintu gerbang yang menuju ke lautan lepas. Terdapat anak tangga berbentuk melingkar di menara pandang tersebut.

Pengunjung bisa menaiki menara melalui anak tangga yang tersedia. Dari atas menara, pengunjung akan menyaksikan panorama laut lepas yang begitu indah dan luas. Ombaknya besar karena termasuk salah satu bagian pantai selatan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Image Credit: Google Maps Afidin S

Pantai Santolo terletak di Kabupaten Garut, tepatnya Kecamatan Cikelet. Pantai yang berlokasi di Desa Pamalayan ini bisa ditempuh dari Bandung kurang lebih 4-5 jam perjalanan. Ada banyak hal yang menarik di kawasan pantai ini, salah satunya adalah adanya markas LAPAN sehingga terkadang ada percobaan penerbangan roket disana.

Panorama yang disuguhkan begitu indah karena memiliki hamparan pasir putih dengan lautan biru yang jernih. Disana wisatawan bisa menyaksikan pemandangan sunset sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Di Pantai Santolo wisatawan bisa melakukan beragam kegiatan seperti berenang, bermain pasir, dan lain sebagainya.

Lokasinya tersembunyi sehingga wisatawan yang ingin menikmati panorama alam pantai yang menenangkan bisa datang ke Pantai Santolo. Terdapat banyak spot foto disana seperti kumpulan bebatuan berukuran besar. Wisatawan juga bisa menemukan deretan toko yang menjual pakaian, topi, souvenir, hingga ikan.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

6. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Harry Permana

Dari Kabupaten Garut, Pantai Rancabuaya bisa ditempuh dalam jarak kurang lebih 20 kilometer. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan karena pernah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film terkenal, Perahu Kertas. Pantai Rancabuaya termasuk pantai terbaik untuk menyaksikan momen sunset.

Bahkan, ada banyak saung-saung di kawasan pantai yang bisa dimanfaatkan untuk tempat wisatawan beristirahat. Wisatawan juga bisa menikmati beragam olahan seafood yang begitu lezat. Selain itu, menikmati es kelapa muda juga bisa menjadi opsi untuk menghilangkan rasa dahaga setelah puas bermain di Pantai Rancabuaya.

Ciri khas Pantai Rancabuaya adalah adanya bebatuan berwarna hitam yang tersebar di beberapa sepanjang pasir pantai. Ukuran bebatuan tersebut cukup beragam. Selain itu, terdapat pohon berukuran besar yang batangnya menjalar ke atas sehingga tampak sangat ikonik. Pesona alamnya benar-benar membuat wisatawan terpesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat.

7. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps ZoeL ZF Channel

Pantai yang berada di kawasan Tasikmalaya sebelah selatan ini memiliki keindahan alam berupa pasir putih dan pantai yang landai. Ketika air laut sedang surut, pengunjung akan menyaksikan hamparan taman laut yang memiliki beragam biota laut. Bahkan, biota-biota laut tersebut masih terjaga dengan baik.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sindangkerta cukup lengkap mulai dari penginapan, area camping, warung makan, lahan parkir, hingga mushola. Panorama pantainya didominasi dengan lautan biru, hamparan pasir putih, dan di bagian tepinya tumbuh pepohonan kelapa yang rindang.

Harga Tiket: Rp 3.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

8. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps rahmat aleksander

Pantai Karapyak yang ada di Kabupaten Ciamis, tepatnya Kecamatan Kalipucang masih berada di satu gugus yang sama dengan tempat wisata Taman Nasional Ujung Kulon. Pesona alamnya sangat mirip dengan pantai Ketapang di kawasan Bandungharjo, Jepara. Wisatawan yang ingin menikmati suasana romantis, bisa datang ke pantai ini.

Akan tetapi, Pantai Karapyak belum banyak dikenal publik. Sehingga tidak heran apabila pesona alamnya begitu bersih dan tampak sangat asri. Wisatawan tidak akan menemukan sampah yang berserakan disana sehingga siapa saja yang datang berkunjung harus ikuti menjaga pantai ini agar selalu bersih dan indah dipandang,

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

9. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps Snsc

Berkunjung ke Kabupaten Garut, tepatnya Kecamatan Pameungpeuk, wisatawan akan menemukan Pantai Sayang Heulang yang lokasinya kurang lebih 5 jam jika ditempuh dari kota Bandung, Jawa Barat. Perjalanan cukup terjal akan dilalui oleh wisatawan sepanjang perjalanan menuju ke lokasi sehingga kendaraan harus dalam kondisi prima.

Meski jalanan yang dilalui cukup terjal, namun ketika sampai di lokasi, wisatawan akan disambut dengan panorama alam yang benar-benar memanjakan mata. Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan bebatuan karang yang lokasinya menjorok menuju ke arah laut dan memiliki ombak yang tampak begitu indah ketika bergulung-gulung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

10 Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps Jotje Karuh

Pantai Cipatujah pernah terdampak tsunami tahun 2006 silam yang menerjang pantai di selatan Pulau Jawa. Meski fasilitasnya banyak yang rusak akibat tsunami, pihak pengelola telah membenahi fasilitas-fasilitas yang rusak sehingga kini Pantai Cipatujah nyaman untuk dikunjungi kembali.

Pantai ini kerap dijadikan sebagai lokasi ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat setiap tahunnya. Adapun ritual yang dimaksud adalah hajat laut atau larung sesaji yang merupakan bentuk syukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan dan sebagai bentuk permohonan pada Tuhan akan pertolongan dan keselamatan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Itulah beberapa pantai populer yang lokasinya di dekat Bandung. Wisatawan yang ingin berlibur di kawasan pantai dekat area Bandung bisa mendatangi pantai-pantai tersebut bersama dengan pasangan maupun keluarga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending