15 Pantai Terindah di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

15 Pantai Terindah di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Tertarik Liburan di Pantai? Kunjungi Daftar Wisata Pantai Terindah di Jawa Barat. Objek Wisata Bahari Populer dan Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Setiap pantai di Indonesia memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Bahkan, anda bisa menemukan perbedaan keindahan pantai yang tersebar di Indonesia. Bukan hal yang aneh jika salah satu pantai terkenal hingga ke mancanegara. Oleh sebab itu, sebagai warga negara yang dilimpahi kekayaan alam, harusnya patut bangga dan bersyukur atas karunia yang telah diberikan.

Jawa Barat juga salah satu daerah di Indonesia yang diberkahi dengan keindahan pantainya. Tak heran banyak wisatawan luar daerah yang mengunjungi salah satu pantai yang masih alami di Jawa Barat. Untuk mengetahui apa saja wisata pantai terindah, simak penjelasan berikut.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Salah satu pantai yang eksotis di Jawa Barat adalah Pantai Ujung Genteng. Pantai ini cukup terkenal karena keindahannya yang masih alami. Bagi anda yang berada di wilayah Jawa Barat, mungkin sudah familiar jika mendengar nama pantai ini, karena wisata ini cukup dikenali banyak orang. Wisata alam yang terletak di wilayah Sukabumi ini selalu menjadi andalan bagi mereka yang ingin melepas penat hiruk pikuk kota setiap harinya.

Lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota Sukabumi, yakni sekitar 110,9 kilometer. Bila ditempuh dengan kendaraan pribadi akan memakan waktu sekitar 3 jam lebih. Jika anda datang dari arah Jakarta dibutuhkan waktu sekitar 6 hingga 7 jam. Apabila anda berminat mengunjungi pantai ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk yang dipatok dengan harga Rp. 10.000 saja.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Image Credit: Instagram.com @ulhaqeltsyam

Pantai dengan keindahan eksotis ini berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon, Desa Yos Sudarso. Bagi anda warga Jakarta, anda hanya perlu mengambil rute perjalanan Pantura maupun Tol Jakarta – Cikampek yang hanya butuh waktu sekitar 3 jam saja. Namun bagi anda yang datang dari arah Semarang atau Jawa Timur, anda hanya perlu memilih rute Jalan Raya Pantura Semarang yang akan menghabiskan wkatu 5 jam saja.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

3. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Image Credit: Wikipedia.org

Salah satu pantai yang tak kalah indah di Jawa Barat adalah Pantai Santolo. Memiliki pemandangan alam berupa hamparan pasir putih yang sangat luas dan air laut yang jernih akan memanjakan mata setiap orang yang mengunjunginya. Untuk bisa sampai di pantai ini, anda bisa menempuh 3 rute perjalanan. Yang pertama dengan melewati jalur ciwidey, yang kedua, melewati Kota Garut menuju Cikajang, dan yang ketiga melewati jalur Ranca Bali.

Bila anda berminat untuk mengunjungi pantai ini, anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 5000 an saja. Harga yang sangat ekonomis ini tentunya bisa dijangkau oleh semua kalangan. Bila anda membawa kendaraan pribadi, di sana juga ada tempat parkir yang aman. Tentunya anda akan dikenai biaya. Untuk sepeda motor, anda akan dikenai biaya sebesar Rp.2000 saja, sedangkan mobil akan dikenai biaya parkir sekitar Rp. 5000 saja.

Lokasi: Desa Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

4. Pantai Madasari

Pantai Madasari
Image Credit: Mantai.id

Merupakan salah satu pantai yang memiliki keeksotisan yang tak kalah dengan pantai lain. Airnya yang sangat jernih dan hening cocok untuk melepas penat setelah bekerja sehari hari. Karena tergolong pantai yang masih sangat alami, anda harus waspada jika air laut sedang surut. Pasalnya, ada banyak sekali bulu babi yang terbawa oleh ombak. Pakailah pelindung kaki yang efektif untuk mencegah kemungkinan menginjak bulu babi.

Bila anda tertarik untuk mengunjungi pantai yang terletak di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran ini, jarak yang bisa ditempuh sekitar 45 menit saja dengan kendaraan pribadi. Untuk rute perjalanannya dari Pengandaran menuju Cimerak dengan melewati wisata pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Tiket masuk yang dibanderol juga bervariasi yakni mulai Rp. 7.500 hingga Rp. 83.000.

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

5. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Ihategreenjello.com

Daya tarik wisata yang satu ini terletak disaat air laut surut. Anda bisa menyaksikan bentuk batu karang yang sangat indah. Tak hanya itu, jika anda mengunjungi pantai ini di sore hari, anda akan disuguhkan indahnya pesona mata hari tenggelam. Anda pun bisa mengabadikan momen indah tersebut dengan foto maupun video. Jika tertarik, anda bisa mengunjungi pantai yang terletak di Desa Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya dengan tiket masuk seharga Rp. 3.500 saja.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya.

6. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Image Credit: Wisatabagus.com

Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata di Jawa Barat yang memiliki keelokan pasir berwarna hitam. Pangandaran dikenal dengan wilayah perairan yang penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Sampai saat ini, aktivitas para nelayan juga masih terlihat begitu sering. Bahkan, anda bisa merasakan sensasi menjala ikan bersama penduduk. Pengalaman menarik ini hanya bisa didapatkan di Pantai Pangandaran.

Jika anda berminat mengunjungi pantai yang terletak di Kabupaten Jawa Barat ini, harga tiket dipatok mulai dari Rp. 6000 hingga mencapai 300 ribuan. Dengan harga tersebut, anda sudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti toilet, kamar mandi, ruang ganti pakaian, serta warung kecil dengan berbagai kuliner khas Pangandaran. Tiket masuk yang sangat terjangkau dapat memberikan anda pengalaman liburan yang menarik.

Lokasi: Jl. Pamugaran Bulak Laut, Kec. Pananjung, Kab. Pangandaran.

7. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung
Image Credit: Indonesiakaya.com

Berlokasi di Pananjung, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat obyek wisata ini memiliki pesona keindahan yang menarik. Di wisata alam ini, anda bisa melakukan banyak hal seperti, kano, snorkeling, berenang, hiking, bahkan melihat benda peninggalan sejarah yang ada di sana. Untuk biaya masuk hanya dipatok sekitar Rp.5.500 saja. Dengan harga yang ekonomis, anda sudah bisa liburan tanpa khawatir pengeluaran yang berlebihan.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

8. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu
Image Credit: Adventure-pangandaran.com

Batu Hiu merupakan kawasan wisata yang menyajikan keindahan alam hampir mirip dengan Tanah Lot di Bali. Berlokasi di Pangandaran, anda bisa menempuh perjalanan menggunakan bus antar kota. Menawarkan panorama lautan biru luas nan jernih dipadu dengan pasir pantai putih yang murni, pantai Batu Hiu ini mematok harga tiket sebesar Rp. 13.500 hingga Rp. 307.000 jika menggunakan bus Besar.

Lokasi: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

9. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Image Credit: Fr.magicseaweed.com

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Pantai dengan pesona keindahan alam bahari yang memanjakan mata setiap pengunjungnya ini, juga memiliki fasilitas lengkap yang memadai. Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas yang seru dan menyenangkan, bisa menjajal jet ski dan banana boat. Menikmati wahana tersebut bisa menjadi aktivitas asyik nan ekstrem.

Apabila anda tertarik mengunjungi pantai yang terletak di Batukaras, Kecamatan Cijulang, kabupaten Pangandaran ini, anda hanya akan dikenai biaya tiket masuk yang dibanderol dengan harga Rp. 15.000 saja. Namun harga ini bisa berubah sesuai dengan keadaan, seperti di masa liburan. Dengan harga yang tergolong sangat ekonomis, anda bisa menikmati waktu liburan menyenangkan bersama keluarga tercinta.

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

10. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Garuttrip.com

Jika harus berbicara mengenai Pantai Sayang Heulang, rasanya tak cukup menggambarkan keindahannya hanya dengan kalimat saja. Wisata alam yang terletak di Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kabupaten Garut ini memiliki pesona alam yang masih asri dengan bebatuan dan karang yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Wisata alam pantai ini memiliki pasar putih nan halus yang menjadi salah satu daya tariknya.

Jika anda tertarik, bisa mengunjungi Pantai Sayang Heulang hanya dengan membayar tiket sekitar 10 ribuan saja. Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa menikmati fasilitas yang memadai seperti, kamar mandi, lahan parkir yang luas, dan rumah makan yang menawarkan masakan dengan cita rasa khas Jawa Barat. Di sana juga tersedia penginapan dengan pemandangan menghadap pantai yang sangat indah.

Lokasi: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

11. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Topijelajah.com

Meski disebut sebagai wisata yang masih baru, Pantai Rancabuaya menawarkan keindahan alam yang tidak kalah eksotis dengan pantai yang sudah terkenal. Tak bisa dipungkiri, pantai yang berlokasi di Desa Purbayani, Kec. Caringin, Garut ini selalu ramai pengunjung. Karena masih terbilang baru, pantai ini memiliki harga tiket masuk yang sangat murah yakni Rp. 5.000 saja. Hanya dengan harga yang murah, anda sudah bisa menikmati fasilitas yang lengkap.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

12. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
Image Credit: Instagram.com @freewillworld

Objek wisata alam yang satu ini juga tidak kalah menarik dengan pantai terkenal lainnya di Jawa Barat. Jika mengunjungi pantai ini, anda akan menyaksikan penyu di tempat penangkaran. Pengunjung bahkan juga bisa melihat proses penetasan telur penyu hijau di Pusat Konservasi Penyu Hijau, yang merupakan salah satu daya tarik di Pantai Pangumbahan. Pantai ini berlokasi di Gunungbatu, Ciracap, Jawa Barat yang bisa anda temukan dengan mudah.

Lokasi: Jl. Cipinang, Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Karangsong

Pantai Karangsong
Image Credit: Infoindramayu.com

Pantai ini memiliki keindahan yang semakin lengkap karena dikelilingi hutan mangrove. Selain hutan bakau, anda juga bisa mengunjungi Pulau Biawak dan menyaksikan hewan biawak yang dilindungi negara. Jika anda tertarik untuk mengunjungi pantai yang terletak di Desa Karangsong, Indramayu ini, anda harus mengunjungi di atas pukul 10.00 WIB. Hal ini dikarenakan jam operasional wisata ini tidak seperti pantai pada umumnya yang buka 24 jam.

Kawasan objek wisata Pantai Karangsong ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Pengelola dari wisata alam ini membebankan tiket masuk yang dipatok hanya Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 saja. Dengan harga yang ekonomis, anda sudah bisa memanfaatkan fasilitas lengkap seperti toilet, perahu, mushola, tempat parkir, dan area jalan setapak yang dapat memudahkan anda untuk mengitari objek wisata sekitar Pantai.

Lokasi: Jl. Wanasari, Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

14. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Karang Hawu memiliki keindahan alam eksotis yang terletak di daerah Sukabumi Jawa Barat. Memiliki ciri khas batu dan tebing dengan posisi menjorok ke laut menjadikan wisata alam ini semakin menarik perhatian pengunjung. Apabila anda tertarik untuk mengunjungi pantai yang terletak di Desa Cikakak, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi ini, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit dari Terminal Pelabuhan Ratu.

Lokasi: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini
Image Credit: Tourism.pangandarankab.go.id

Pantai Karang Nini terletak di Desa Emplak, Kalipucang yang dikeliling hutan lebat. Untuk ke Pantai ini, anda harus melalui perjalanan kurang lebih 2 km dari arah kota. Meski memakan waktu perjalanan yang cukup lama, hal tersebut akan terbayarkan ketika anda telah sampai di Pantai ini. Selain suasana yang sangat alami, Pantai Karang Nini juga dilengkapi beberapa fasilitas lengkap seperti, pondok wisata, are kemah, area bermain anak dan masih banyak lagi.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

Itulah beberapa rekomendasi wisata alam pantai di Jawa Barat yang bisa anda kunjungi. Selain memiliki keindahan panorama yang masih alami. Ada banyak sekali pilihan wisata Pantai dengan fasilitas terbaiknya yang bisa anda nikmati untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Sebenarnya, liburan tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang tinggi, hanya dengan harga ekonomis anda masih bisa menikmati liburan, khususnya mengunjungi wisata bahari di Jawa Barat.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending