Pantai Jungwok Gunung Kidul, Pantai Eksotis dengan Pesona Pulau Karang

Pantai Jungwok Gunung Kidul, Pantai Eksotis dengan Pesona Pulau Karang

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Jungwok salah satu objek wisata bahari yang memukau di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja. Pantai berpasir berpadu dengan pesona pulau karang dekat pantai dan panorama alam yang indah berbalut misteri.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul memang sebuah kawasan yang kaya akan objek wisata pantai. Itulah sebabnya banyak yang menjulukinya sebagai surganya pantai dari Yogyakarta. Tidak hanya tempat-tempat terkenal seperti Parangtritis ataupun Indrayati. Beberapa pantai baru bermunculan seiring dengan pengembangan kawasan tersebut, salah satunya yaitu Pantai Jungwok.

Ciri khas yang paling menonjol dari tempat tersebut yakni bentuknya yang melengkung dan areanya yang bersih dari berbagai kotoran karena masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Dari bentuknya tersebut, nama pantai tersebut disebut dengan Jungwok. Ombak yang ada di sana pun juga tidak terlalu tinggi sehingga aman bagi siapapun yang berkunjung.

Wisatawan pun juga dapat melakukan berbagai hal yang dapat membuat liburan menjadi semakin asyik dan menyenangkan. Bahkan, beberapa orang mendirikan tenda untuk berkemah di tempat tersebut. Inilah yang membuat objek wisata tersebut sangat amat digemari. Untuk menjangkaunya pun juga tidak terlalu sulit karena aksesnya cukup mudah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jungwok

Daya Tarik Dimiliki Pantai Jungwok
Image Credit: Instagram.com @_ivo_ovi

1. Bentuk Pantai yang Unik

Pantai Jungwok memiliki garis pantai yang berbentuk unik dan membuat kenampakannya secara keseluruhan menjadi apik. Bagaimana tidak? Tempat ini berbentuk melengkung hampir mirip seperti bulan sabit. Dengan bentuk tersebut, pengunjung bisa melihat seluruh areanya dari sisi satu ke sisi yang lain.

Hal ini juga membuat ombak pantai yang menerjang tempat tersebut menghantam secara apik. Wisatawan pun akan melihat setiap detik fenomena yang unik tersebut bersamaan dengan hembusan angin. Suasana di sana pun terasa sepi karena belum terlalu banyak orang yang mengeksplor kawasan Gunung Kidul hingga ke pantai ini.

Sesuatu yang menjadikan pantai ini semakin menarik yaitu adanya aliran air tawar yang ada di bibir pantainya. Setidaknya terdapat tiga aliran air tawar yang seolah memisahkannya menjadi 3 bagian yang rapi. Tidak jauh dari sana juga terdapat tebing-tebing yang merupakan bebatuan karang yang menjulang tinggi mengelilingi areanya.

Aliran air yang mengalir ke pantai tersebut seolah menjadi sumber air payau karena sudah menyatu dengan asinnya air dari lautan. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari pantai ini karena menghadirkan area baru untuk pengunjung menjelajah lebih lanjut lagi. Rekreasi ke tempat tersebut pun menjadi semakin seru dan menyegarkan tubuh dan jiwa.

2. Bebatuan Karang Dekat Pantai

Seperti halnya kebanyakan pantai yang ada di Gunung Kidul, tempat wisata ini juga terdapat banyak sekali karang-karang yang menghiasinya. Deretan batu karang ini seolah menjadi benteng dari ombak pantai yang menerjang. Para turis bisa memanfaatkannya sebagai pijakan kaki untuk sekadar menikmati udara ataupun berfoto-foto.

Namun, dengan adanya karang yang menghiasi tepian pantai juga menjadi perhatian khusus karena ini dapat membuat luka serius jika tidak hati-hati. Disarankan agar para pengunjung Pantai Jungwok memakai alas kaki sehingga tidak akan terkena bebatuan yang seringkali berbentuk tajam di bagian pinggirnya.

Puncaknya, terdapat sebuah karang besar yang terletak agak menjorok ke lautan sehingga untuk mengaksesnya harus berenang sebentar ataupun melewati karang-karang kecil yang nampak ketika air sedang surut. Pulau tersebut tak ubahnya adalah karang yang berbentuk besar ditumbuhi dengan vegetasi hijau yang rimbun.

Kehadiran pulau tersebut menjadikan tempat ini semakin mempesona. Pengunjung bisa menggunakannya untuk latar belakang foto-foto yang diambil sehingga menjadi kenang-kenangkan setelah liburan.

Daya Tarik Pantai Jungwok
Image Credit: Twitter.com @acoymubyarto

3. Pantai Pasir Putih yang Bersih

Pantai Jungwok memiliki pasir yang nampak bersih dan berwarna cerah seolah memantulkan cahaya ketika sinar matahari sedang menerangi. Area pasirnya cukup luas bagi pengunjung melakukan segala kegiatan yang bisa membuat kunjungan menjadi lebih menyenangkan lagi. Jarak dari batas perairan laut dan tepi daratan cukup panjang.

Hal tersebut yang membuat kawasan pasir di sana sebenarnya cukup menampung banyak pengunjung. Namun, karena masih cukup jarang masyarakat yang datang, tempat tersebut seolah sangat luas ketika dikunjungi. Tempat ini seperti pantai pribadi yang dimiliki oleh segelintir orang yang berkunjung ke sana.

Area pasir ini juga yang menjadikannya salah satu lokasi untuk mendirikan tenda. Namun, hal ini harus dilakukan ketika fase bulan sedang tidak penuh. berjaga-jaga agar tidak terkena dampak dari naiknya permukaan air laut karena pasang. Bagaimanapun, tempat ini memang cukup luas untuk menjadi kawasan wisata bersama dengan teman ataupun sanak saudara.

4. Tempat Indah yang Diseimuti Misteri

Sebenarnya tidak ada cerita ataupun legenda tertentu dari Pantai Jungwok ini. Namun, karena objek wisata tersebut masih relatif sepi dan belum dibangun banyak fasilitas yang memadai dan menunjang kegiatan manusia terutama di malam hari, menjadikannya cukup mencekam. Ya, di sana memang belum banyak lampu penerangan dan sarana lain.

Hal tersebut yang menjadikan tempat ini memang cukup menyeramkan, apalagi ketika hari sudah mulai gelap. Ditambah dengan kondisi jalur di sekitarnya yang tidak bagus, yakni banyak bebatuan yang terjal, mengakibatkan suasana menjadi lebih seram.

Beberapa wisatawan yang bermalam dengan berkemah juga mengaku mereka sempat mengalami beberapa kondisi yang diluar nalar. Tidak jarang pula yang mengaku mendengar suara anjing yang sendang menggonggong.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Jungwok

Alamat Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Andini Maheswari)

Tempat wisata ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di daerah Jepitu Girisubo. Berada di di dusun Pendowo, lokasinya tidak jauh dari objek yang lainnya seperti Pantai Nglambor yang terkenal akan wisata snorkelingnya, Pantai Wediombo, dan Pantai Greweng. Untuk menuju ke sana tidak perlu kesulitan.

Pengunjung hanya perlu untuk menuju kabupaten yang memiliki banyak pantai tersebut. Lewati Jalan Pantai Selatan dan ikuti arah menuju Jalan Wediombo. Jika sudah melalui jalur tersebut, maka pengunjung hanya perlu untuk menyusuri hingga sampai ke kawasan Pantai Jungwok.

Tidak terlalu banyak angkutan umum yang bisa digunakan untuk dapat sampai ke lokasi wisata itu. Itulah sebabnya disarankan agar memakai kendaraan sendiri untuk menuju ke sana. Terdapat area yang cukup luas di dekat pantai yang bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan.

Jika ingin mengeksplorasi tempat tersebut, maka perlu untuk membeli tiket masuknya seharga 5.000 saja. Harga tersebut sangat murah karena ini juga termasuk akses mengunjungi Pantai Wediombo yang berada di sampingnya. Keduanya memang tidak terpaut jauh sehingga bisa sekaligus menikmatinya.

Selain itu, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan sendiri harus membayar tarif parkir. Untuk kendaraan roda dua, hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 3.000 saja. Sedangkan wisatawan yang membawa mobil harus membayar tarif yang nominalnya sama dengan harga tiket masuknya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Jungwok

Aktivitas Seru di Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

1. Camping di Kawasan Pantai

Inilah kegiatan berbeda yang bisa dilakukan oleh para pengunjung yang paling unik. Berkemah di pinggir laut memang menjadi sesuatu yang berbeda. Liburan pun akan menjadi semakin menyenangkan. Lokasi Pantai Jungwok memang cocok untuk didirikan beberapa tenda untuk melakukan perkemahan.

Beberapa titik di tepian pantai bisa dijadikan tempat untuk berkemah. Di rerimbunan tumbuh-tumbuhan ataupun pepohonan terdapat beberapa tanah lapang yang cocok dijadikan tempat camping. Selain itu, area pasirnya juga bisa, namun hanya saat masa bulan tidak penuh. ketika bulan purnama, air laut akan naik cukup tinggi dari biasanya dan tidak terlalu aman untuk bermalam.

2. Menikmati Suasana Segar Pantai

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menikmati pemandangan alam yang tak terbatas. Arah pandang pengunjung bisa melihat ke luasnya area laut yang berhadapan dengan vegetasi hijau di sekitarnya. Hal ini seolah pas untuk dijadikan tempat istirahat sejenak menyegarkan pikiran dan tubuh dari rasa letih.

Aktivitas di Pantai Jungwok
Image Credit: Instagram.com @jogjafoodandtravel

3. Menyusuri Area Sekitar Pantai

Pasir yang lembut akan dirasakan langsung begitu tiba di Pantai Jungwok. Ini sangat cocok untuk ditelusuri dari ujung satu ke ujung yang lain. Selain itu, pengunjung juga dapat menelusuri pepohonan yang asri di pinggir pantainya. Menikmati hijaunya tumbuh-tumbuhan di dekat pantai memang menjadi aktivitas yang berbeda namun sangat mengesankan.

Selain itu, deretan batuan karang yang berada di sampingnya juga layak untuk ditelusuri. Cukup menyenangkan mengeksplorasi tempat ini dan akan membawa kebahagiaan batin yang tak terlupakan. Berenang ataupun hanya sekadar bermain-main air di pinggiran juga dapat menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

4. Berfoto Mengabadikan Momen

Tidak akan lengkap memang jika datang ke tempat tersebut namun tidak melakukan aktivitas fotografi walau sekadar swafoto. Banyak objek yang bisa dijadikan latar belakang yang sangat bagus untuk gambar yang diambil. Alam sekitarnya terlihat mengagumkan untuk membuat foto semakin nampak indah dan mengesankan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Murah
Image Credit: Agoda.com

1. Pondok Lembah Bukit

Penginapan ini berada tidak jauh dari lokasi Pantai Jungwok. Berada di daerah Pracimantoro, kawasan Wediombo. Penginapan ini memiliki biaya sewa per malamnya sangat terjangkau bagi berbagai kalangan. Kamar yang ada di sana berbentuk seperti pondok sehingga cukup unik.

Beberapa fasilitas juga bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya yaitu Kasur yang berupa ranjang sederhana, kamar mandi, serta kipas angin. Meskipun sangat sederhana, namun tamu yang datang tetap akan nyaman bermalam di sana.

2. Joglo Wediombo Cottage & Resto

Tempat ini sebenarnya berada di dekat objek wisata sampingnya, yaitu Pantai Wediombo. Namun karena letaknya sangat dekat, maka pengunjung juga tidak akan terlalu jauh datang ke sana. Dengan harga yang masih sangat terjangkau, tamu yang datang akan sangat nyaman dengan beragam fasilitas yang tergolong menengah ke atas ini.

3. Penginapan Putra Darma

Dengan tarif sewa yang tidak terlalu tinggi, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk bermalam ketika hendak berwisata ke pantai tersebut. Beberapa fasilitas juga dapat dinikmati seperti area parkir dan juga restoran di dalamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Siti Khomsatun)

Tidak terlalu banyak fasilitas yang bisa dinikmati di tempat ini. Hanya ada beberapa bilik kamar mandi untuk para pengunjung. Namun, jika merasa lapar tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa warung makan yang menyediakan berbagai menu untuk disantap sendirian maupun bersama-sama. Selebihnya, pengunjung harus membawa sendiri perlengkapan termasuk jika ingin berkemah.

Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi suatu pengalaman unik yang tak terlupakan. Dari sekian banyak tempat wisata, terutama di Gunung Kidul, Pantai Jungwok dapat menjadi pilihan yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan kerabat ataupun sendirian untuk sekadar melepas penat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending