Pantai Kelan Tuban, Pesona Pantai Tenang yang Menyejukkan Hati

Pantai Kelan Tuban, Pesona Pantai Tenang yang Menyejukkan Hati
Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tuban, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Pantai Kuta memang menjadi salah satu primadona di Pulau Dewata Bali yang tidak pernah sepi dengan pengunjung. Namun tahukan Anda bahwa ada satu pantai di kawasan Kuta yang menyuguhkan pemandangan yang tak kalah eksotisnya dengan Kuta? Penduduk setempat menyebutnya Pantai Kelan Tuban.

Berada di lokasi yang terbilang strategis sehingga mudah untuk ditemukan merupakan salah satu alasan banyak pengunjung yang memilih datang ke pantai cantik ini. Berlokasi di kawasan Kuta, sehingga para pengunjung bisa mengunjungi dua pantai sekaligus dalam satu waktu.

Memiliki pasir putih dengan air laut yang terbilang jernih menjadi alasan lain mengapa banyak turis asing lebih memilih untuk mengunjungi Pantai Kelan. Apabila Anda tertarik untuk berwisata ke sini, berikut adalah sejumlah informasi yang bisa Anda jadikan referensi saat berlibur ke pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kelan Tuban

Daya Tarik Pantai Kelan Tuban
Image Credit: Twitter Liburan Lokal

1. Suasana Pantai yang Tenang

Pantai Tuban dan Kuta memang masih berada di garis pantai yang sama, namun keduanya memiliki pesona yang berbeda. Jika Kuta selalu padat dengan pengunjung lokal maupun mancanegara, maka berbeda dengan kawasan pantai ini.

Belum banyak wisatawan yang mengenal pantai di Badung ini. Alhasil, suasana objek wisata yang satu ini jauh lebih tenang. Sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin mencari ketenangan sambil menikmati deburan ombak dan sepoi angin pantai.

2. Terletak Tidak Jauh dari Bandara Ngurah Rai

Seperti yang sudah disinggung di atas, Pantai Kelan berada di lokasi yang bisa dibilang sangat strategis. Pasalnya hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari Bandara Ngurah Rai untuk tiba di kawasan wisata ini.

Faktor lokasi itulah yang menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa beberapa wisatawan lebih memilih untuk berkunjung ke pantai ini. Selain dekat dengan bandara, pantai ini juga masih berada di kawasan populer di Bali. Sehingga pengunjung hanya cukup berjalan kaki selama beberapa menit untuk menginjakkan kaki di pantai tersebut.

3. Menyaksikan Mendaratnya Pesawat

Lokasi pantainya yang tidak terlalu jauh dari satu-satunya bandara internasional di Bali memberikan keunikan tersendiri bagi objek wisata bahari yang satu ini. Sambil bersantai di atas hangatnya pasir pantai, pengunjung bisa menyaksikan mendaratnya pesawat dari kejauhan.

Selain itu, pemandangan bandara juga akan terlihat semakin memanjakan mata jika dilihat dari pantai. Terutama pada saat malam hari, pengunjung bisa menikmati kerlap-kerlip lampu di area bandara seperti menyaksikan bintang-bintang yang bertaburan di langit.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Kelan Tuban
Image Credit: Facebook BALI LIB

4. Pasir Pantai yang Kecokelatan

Pantai Kelan Tuban memiliki pasir yang berwarna kecokelatan. Meski demikian, pasir di pantai ini masih sangat halus dan bahkan terjaga kebersihannya. Di samping itu, garis pantainya juga sangat panjang dengan kontur yang cukup landai.

5. Jejeran Perahu Nelayan

Di pantai ini, para wisatawan bisa menyaksikan jejeran perahu nelayan yang menepi di bibir pantai. Pemandangan ini menjadi salah satu dari daya tarik pantai ini, terutama mereka yang ingin mengabadikan pemandangan sore hari dengan latar belakang perahu-perahu nelayan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kelan
Image Credit: Google Maps Adi Wijaya

Pantai Kelan terletak di kawasan wisata, sehingga akses menuju ke lokasi wisata ini sangat mudah. Objek wisata ini terletak di Desa Adat Tuban yang masih termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Badung, Bali.

Hanya dengan menempuh jarak kurang lebih 3 km dari Bandara Ngurah Rai, pengunjung bisa mendatangi lokasi wisata yang satu ini dengan mengendarai kendaraan bermotor selama 10 hingga 15 menit. Rute yang harus dilewati juga cukup mudah, bahkan untuk pengunjung dari luar Bali.

Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, sangat disarankan untuk mencari kendaraan sesuai dengan kenyamanan Anda. Biasanya banyak penduduk lokal yang menyewakan kendaraan bermotor dengan harga sewa yang bervariasi.

Setelah Anda mendapatkan kendaraan, keluar dari kawasan bandara dan lurus ke arah utara. Setelah itu, lurus terus hingga menjumpai pertigaan. Dari pertigaan, belok kanan dan terus lurus menuju ke arah Jalan Dewi Sartika. Dari jalan ini, Anda masih harus berjalan lurus hingga menemukan perempatan.

Dari perempatan, belok kiri hingga masuk ke Jalan Wana Segata. Sesampainya di jalan ini, Anda bisa langsung mengarahkan motor atau mobil Anda ke area parkir yang tersedia. Dari lokasi parkir, Anda cukup harus berjalan beberapa menit untuk tiba di panti.

Biaya tiket untuk bisa menikmati pesona Pantai Kelan sangat terjangkau, yakni hanya sekitar 2.000 rupiah saja. Bahkan sebenarnya nominal ini bukanlah biaya tiket masuk, melainkan hanya biaya parkir. Sama sekali tidak ada tiket masuk yang dikenakan kepada.

Namun, jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, tentu Anda harus menyiapkan dana untuk menyewa kendaraan. Butuh sekitar 500.000 rupiah untuk menyewa mobil travel yang siap mengantarkan Anda sampai ke lokasi. Tentu Anda tidak akan dikenai biaya sebesar itu apabila Anda memilih untuk menyewa kendaraan beroda dua.

Selain menyewa kendaraan, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum atau Damri. Satpam yang berada di sekitar bandara bisa membantu Anda untuk mencarikan mode transportasi termurah yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi lokasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kelan Tuban

Kegiatan Menarik di Pantai Kelan Tuban
Image Credit: Facebook Tan Fei Sin

1. Berenang dan Bermain Air

Pantai Kelan merupakan pantai dengan air laut yang sangar bersih dan jernih sehingga jika dilihat dari kejauhan, pantai ini terlihat begitu biru sebiru langit. Wisatawan yang berkunjung kemari selalu menyempatkan diri untuk menjajal jernihnya air laut dengan berenang atau sekedar menunggu ombak menghantam kaki.

2. Berjalan Mengelilingi Pantai

Garis pantainya yang panjang membuat kawasannya ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati eloknya pemandangan bahari di Bali sambil berjalan kaki. Di samping itu, bulir-bulir pasir pantainya yang halus di telapak kaki mampu menambah sensasi berwisata di pantai ini.

Kegiatan ini patut untuk dicoba terutama bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran sambil mengelilingi pantai disertai dengan hempasan air ombak yang menyapu kaki. Berjalan atau bahkan berlarian bersama buah hati juga akan menambah keseruan berwisata ke pantai ini.

3. Menikmati Suasana Petang

Sore hari merupakan momen-momen yang paling ditunggu oleh para pemburu sunset. Pasalnya, mampu menyaksikan dan mengabadikan detik-detiknya terbenamnya matahari di pantai Bali menjadi kebahagiaan tersendiri bagi banyak pengunjung di pantai ini.

Pantai Kelan menawarkan titik yang pas untuk bisa menikmati suasana sore hari dengan nyaman bersama pasangan maupun keluarga. Warna langit yang merah kekuningan berpadu dengan birunya langit dan juga sapuan angin pantai mampu memberikan keteduhan bagi siapapun yang menyaksikannya.

Momen-momen seperti ini tentu tidak boleh dilewatkan dan wajib untuk diabadikan. Jangan lupa juga untuk membagikan momen yang hanya bisa dinikmati sekejap mata tersebut di sosial media supaya banyak orang yang tertarik mengeksplor pantai ini.

Image Credit: Instagram Nyoman Widnyana https://www.i.com/minko_kenz/
Image Credit: Instagram Nyoman Widnyana

4. Menyaksikan Deretan Perahu di Bibir Pantai

Deretan perahu yang menepi di pesisir pantai bisa menjadi tempat berfoto yang unik. Pengunjung bisa menjadikan perahu-perahu tersebut sebagai latar belakang untuk mengambil foto atau sebagai objek utama dari foto yang ingin diambil.

Bahkan beberapa perahu tersebut juga disewakan kepada para pengunjung yang ingin berkeliling pantai dengan cara yang berbeda. Setiap perahu biasanya bisa menampung 6 orang dewasa dengan harga sewa sekitar 200.000 selama satu jam. Jika ingin berkeliling lebih jauh, pengunjung harus menyiapkan dana hingga 500.000 rupiah.

5. Mengabadikan Momen

Pantai Kelan merupakan pantai yang dulunya pernah menjadi pelabuhan. Kini, pantai bekas dermaga tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang selalu terjaga kebersihannya dan semakin diperelok. Oleh sebab itulah, kawasan wisata ini sering dikunjungi oleh para wisatawan yang kebetulan adalah para fotografer profesional maupun amatir untuk mengabadikan setiap momen yang ada.

6. Duduk Santai

Tidak jauh dari pantai, terdapat cafe yang menyediakan meja dan tempat duduk di sekitar pinggiran pantai. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai sambil bercengkerama bersama pasangan.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Image Credit: Google Maps Melati View Hotel

1. RedDoorz Hotel

Terdapat banyak sekali penginapan yang lokasinya cukup dekat dengan kawasan Pantai Kelan Tuban, salah satunya adalah RedDoorz Hotel. Selain karena lokasinya yang dekat, penginapan ini juga menawarkan harga sewa kamar per malam yang cukup murah. Meski murah, pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel ini terbilang cukup lengkap dan memuaskan.

2. Melati View Hotel

Kawasan Kuta, Bali merupakan kawasan wisata yang ramai dengan turis. Jadi, jika Anda membutuhkan penginapan yang tidak mengharuskan Anda berjalan terlalu jauh dari hotel ke lokasi pantai, maka Melati View Hotel bisa Anda jadikan referensi. Selain dekat dengan kawasan wisata, Anda juga akan disuguhkan pemandangan pantai dari kamar yang Anda pesan.

3. Bemo Guest House

Penginapan yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berwisata ke pantai bersama keluarga ataupun teman. Pelayanan yang ditawarkan sangat memuaskan dan fasilitasnya juga memadai. Bahkan di sini pengunjung bisa memesan beberapa fasilitas untuk dibawa ke kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Kelan
Image Credit: Google Maps Fuad Ganteng

Di kawasan wisata Pantai Kelan, pengelola sudah menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Salah satunya adalah area parkir yang luas dan dengan keamanan yang tentu saja terjamin. Sehingga wisatawan yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir akan tindak pencurian kendaraan bermotor.

Selain itu terdapat juga sejumlah tempat duduk dengan payung besar di pinggiran pantai. Pengunjung yang ingin berteduh bisa memanfaatkan tempat tersebut untuk beristirahat sejenak. Pantai ini juga menyediakan toilet dan tempat sampah yang tersebar di beberapa titik. Hal ini diberlakukan agar pengunjung ikut senantiasa menjaga kebersihan pantai.

Selain fasilitas umum, kawasan pantai ini juga dipenuhi dengan tempat makan yang menjajakan aneka ragam menu. Ada menu khas nusantara, makanan khas mancanegara, bahkan hidangan khas Bali yang membuat siapapun tergiur untuk segera mencicipinya.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai Pantai Kelan Tuban yang keelokannya tidak kalah dengan sejumlah wisata pantai ternama lainnya di Bali. Untuk itu, jangan lupa masukkan objek wisata ini ke dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi selanjutnya saat berlibur ke Bali.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending