Pantai Mandala Ria, Pesona Pantai Indah yang Kaya Nilai Sejarah di Bulukumba

Pantai Mandala Ria, Pesona Pantai Indah yang Kaya Nilai Sejarah di Bulukumba
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Mandala Ria merupakan salah satu objek wisata yang berada di Sulawesi Selatan. Pantia ini berada di Teluk Bone yang merupakan pusat wisata berkualitas internasional. Nama Mandala adalah nama seorang panglima yang berkaitan erat dengan pantai eksotis ini. Saat itu Panglima Mandala mampu mengalahkan Belanda dalam melawan penjajah.

Bagi yang ingin sampai ke pantai ini dibutuhkan perjuangan sebab jalanan yang sempit. Tapi ketika sudah sampai ke lokasi wisata, Anda akan menemukan destinasi yang sangat indah dan pemandangan alami pantai yang akan membuat mata takjud untuk melihatnya. Bukan Cuma itu saja, pantai ini pun cocok bagi yang ingin menepi dari padatnya dunia perkotaan.

Di waktu libur nanti, jadikan Pantai Mandala Ria sebagai salah satu referensi wisata. Jika pergi ke pantai hits ini, jangan lupa ajak serta keluarga untuk menikmati panorama alam yang disuguhkan. Apalagi akan ada banyak aktivitas atau kegiatan yang bisa dilakukan. Jadi sangat menyenangkan sekali berada di objek wisata ini bersama keluarga tercinta.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Mandala Ria

Daya Tarik Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps Hardianti

1. Menyuguhkan Panorama Alami

Bagi yang ingin berwisata ke Pantai Mandala Ria, Anda akan disuguhkan tempat wisata dengan panorama yang alami. Meski masih baru, tapi disini para pengunjung bisa melihat suasana alami dari pantai yang benar-benar terjaga. Pantai ini memiliki pasir putih yang menghampar dengan begitu indahnya kemudian dipadukan dengan langit berwarna biru.

Yang menarik dari objek wisata pantai ini adalah lokasinya diapit oleh lembah dan laut sehingga panas pada saat siang dan dingin saat malam. Laut di Sulawesi Selatan adalah rumah untuk terumbu karang dan juga bota laut. Jadi wisatawan juga tidak hanya akan melihat terumbu karang saja tapi banyak ikan berenang yang keindahannya bisa dinikmati wisatawan.

2. Memiliki Nilai Sejarah yang tinggi

Selain itu, para wisatawan juga akan menemukan sebuah tempat wisata yang memiliki nilai sejarah tinggi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dinamakan Pantai Mandala Ria karena kisahnya sendiri adalah Panglima Mandala memesan 24 buah kapal untuk melawah penjajah saat berada di desa ini.

Banyak yang menyebut jika Pasukan Panglama Mandala adalah armada semut sebab memiliki kapal yang ukurannya kecil. Usaha yang dilakukan oleh panglima ini kemudian membuahkan kemenangan dan bisa membebaskan Irian Barat dari penjajah.

3. Dekat dengan Tempat Pembuatan Kapal Pinisi

Daya Tarik di Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps Cahaya Pamungkas

Pantai Mandala Ria berada di Desa Ara dimana lokasi ini adalah tempat untuk pembuatan kapal pinisi. Kapal ini adalah kapal andalan yang sampai hari ini sangat terkenal berkat kekuatannya. Jadi tidak hanya dapat menikmati keindahan pemandangan alam saja, Anda juga bisa dapatkan banyak pengetahuan baru pada saat mengunjungi kawasan ini.

Para pengrajin biasanya akan mendapatkan banyak pertanyaan dari pengunjung wisata. Mereka juga bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan senang hari. Anda bisa dapatkan kesempatan untuk naik kapal yang ada disini. Menikmati panorama alam yang indah dari atas pantai adalah kegiatan yang tidak boleh sampai terlewatkan begitu saja.

4. Dekat Wisata yang Lain

Dan terakhir, Anda akan menemukan destinasi wisata yang dekat dengan tempat menarik lainnya. Jadi perlu diketahui, Bulukumba adalah kawasan yang di dalamnya ada banyak sekali pantai. Keindahan ini tidak bisa diragukan lagi. Sebab lokasinya terdapat banyak pantai hits lain seperti Pantai Tanjung Bira, Kaluku, Pusahelu dan sebagainya.

Selain itu, terdapat gua yang juga sangat untuk dilewatkan. Ada dua gua yang letaknya berada di dekat lokasi wisata yaitu Goa Passea dan Goa Passohara. Di gua ini, Anda akan menemukan mata air yang usianya diperkirakan sudah ribuan tahun. Sedangkan di Gua Passea digunakan sebagai tempat pemakaman bagi ara kuno.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps Abd Gaffar

Banyak pengunjung wisata yang berasal dari luar provinsi Sulawesi Selatan tertarik untuk mengunjungi pantai hits ini. Tapi tenang saja, Pantai Mandala Ria bisa dikunjungi dengan mudah oleh para pengunjung wisata. Pantai ini berada di Desa Ara, Bulukumba, Sulsel. Jaraknya dari Bulukumba adalah 35 km dan dari Pantai Tanjung Bira adalah 10 km.

Jika Anda berada di kota Makassar, maka waktu tempuh yang dibutuhkan untuk tiba ke lokasi wisata adalah 4 hingga 5 jam. Petunjuk arah untuk menuju lokasi wisata sudah tertera. Jadi wisatawan pasti akan dengan mudah menemukannya. Jika berada di kota Makassar, pergilah ke kabupaten Bulukumba yang membutuhkan waktu 4 jam lebih.

Setelah menemukan Kabupaten Bulukumba, para pengunjung wisata hanya harus mengikuti jalan porosnya saja. Setelah 45 menit perjalanan akan terlihat papan penunjuk jalan. Ikuti penunjuk tersebut sampai berada di lokasi wisata. Saat berlibur nanti sebaiknya berhati-hatilah mengingat jalan menuju lokasi wisata tidak mulus.

Harga Tiket Masuk Pantai Mandala Ria

Harga Tiket Masuk Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps Muh Reza Hardiansyah

Jika Anda berasal dari luar kota pastinya ingin mencari tempat penginapan saat berada di Pantai Mandala Ria, bukan? Usahakan untuk pergi di pagi hari karena jalan yang agak gekap dan minimnya penerangan di malam hari.

Bila ingin masuk ke dalam kawasan wisata pantai yang ada di Bonto Bahari ini, para pengunjung wisata akan dikenakan tiket sebesar 5 ribu rupiah. Sedangkan bagi yang ingin melakukan camping atau kemah harus mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah. Pantai ini akan selalu terbuka bahkan 24 jam di setiap harinya.

Aktivitas yang Seru di Pantai Mandala Ria

Aktivitas Seru Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps zaichi stuff uwu

1. Bersantai

Ada banyak kegiatan yang asyik untuk dilakukan para pengunjung wisata saat berada di Pantai Mandala Ria. Kegiatan pertama adalah bersantai. Bagi kebanyakan orang, suasana nyaman dan tenang adalah hal yang sangat berharga. Karena itu tidak bisa mereka dapatkan di setiap harinya.

Oleh karena itu, bersantai di pantai hits ini sangat tepat bila Anda ingin memanjakan hati dan pikiran. Jangan lupa bawa snack dan kopi supaya menemani kegiatan yang akan dilakukan. Menyendiri di tengah-tengah pantai dengan panorama indah seperti ini akan membantu Anda untuk pulang dengan membawa energi yang baru.

2. Bermain Air

Kemudian, para pengunjung wisata juga bisa melakukan aktivitas yang kedua yaitu bermain air. Ini adalah aktivitas yang pastinya sangat tidak boleh dilewatkan. Bila ingin bermain air maka Pantai Mandala Ria ini bisa menjadi jawabannya. Karena pantai ini alami dan membuat semua lelah dan penat pengunjung hilang seketika.

Anda bisa bermain air laut di tempat wisata ini. Bermain air di pantai sangat berbeda jadi saying jika aktivitas atau kegiatan yang dilakukan hanya duduk-duduk saja. Bila ingin bermain air, pastikan tidak Cuma kaki anda saja yang merasakan dinginnya air laut di wisata pantai favorit ini.

3. Berfoto

Kegiatan ketiga bagi Anda yang ingin berlibur di Pantai Mandala Ria adalah befoto. Saat berwisata, pastinya tidak lengkap jika berlibur tapi tidak mengambil potret atau gambar. Lingkungan di sekitar pantai harus diabadikan.

Pengelola yang mengerti kebutuhan pengunjung sudah menyediakan banyak fasilitas guna menambah keindahan dari foto yang diambil misalnya saja ayunan yang ada di bibir pantai. Jadi sembari bermain ayunan, coba minta teman atau saudara Anda untuk mengambil potret kegiatan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps indra kurniawan

Banyak fasilitas yang akan pengunjung wisata temukan saat berada di Pantai Mandala Ria. Fasilitas pertama adalah gazebo yang jumlahnya banyak dan berjejer di pantai. Gazebo ini fungsinya adalah tempat bersantai sekaligus beristirahat para wisatawan yang datang dan berlibur ke pantai ini.

Selain gazebo, Anda juga akan menemukan fasilitas lain seperti kedai makanan dan minuman. Jadi selama berlibur disini nanti tidak perlu khawatir jika kelaparan dan kehausan. Akan ada banyak pilihan menu yang bisa didapatkan pengunjung wisata saat berada di pantai hits ini.

Pengelola pun sudah menyiapkan spot foto yang dapat digunakan oleh pengunjung wisata seperti ayunan kayu yang diletakkan di bibir pantai. Ini bisa dimanfaatkan pengunjung yang ingin mengabadikan moment mereka. Ada pula areal parkir bagi yang datang membawa kendaraan pribadinya.

Pantai Mandala Ria adalah salah satu objek wisata yang banyak menarik wisatawan untuk datang dan berkunjung. Apalagi bagi yang ingin mendapatkan kedamaian dan ketenangan, disini tempatnya. Panorama yang indah ditambah lagi dengan suasana yang alami membuat pantai di Sulsel ini sangat layak masuk ke dalam list wisata yang akan dikunjungi nanti.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending