Pantai Ngrawe Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Ngrawe salah satu pantai yang unik di Gunung Kidul, Jogja. Perpaduan wisata pantai dan taman cantik yang menjadi tujuan favorit kawula muda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul memang menjadi daerah di Yogyakarta yang mempunyai banyak wisata pantai. Bahkan jumlahnya sampai tak terhitung, mulai dari pantai yang tidak diberikan banyak sentuhan sehingga benar-benar alami hingga pantai yang banyak diberikan sentuhan kreasi sehingga lebih menarik minat para pengunjung, seperti Pantai Ngrawe.

Pantai Ngrawe menjadi salah satu destinasi wisata yang tergolong baru di wilayah Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke daerah Yogyakarta, jangan lupa untuk singgah di tempat ini. Karena masih baru, maka tak heran jika lingkungan di sekitar tempat ini masih tampak bersih dan terawat. Panorama di sekeliling pantai juga tampak begitu eksotis.

Destinasi wisata ini juga kerap disebut dengan sebutan Pantai Mesra. Lokasi ini mulai dikenal oleh banyak wisatawan karena adanya banyak postingan di media sosial yang menunjukkan keindahan dari tempat ini. Apalagi konsep yang diusung di destinasi wisata tersebut cukup unik, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung dan melihatnya secara langsung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrawe

Daya Tarik Pantai Ngrawe
Image Credit: Google Maps (Fendy Moto Vlog)

1. Spot Taman yang Lengkap

Tidak semua pantai yang ada di Indonesia dilengkapi dengan taman yang menjadikan suasana di sekitar pantai menjadi lebih asri. Pantai Ngrawe dilengkapi dengan taman serta deretan pohon palm yang terlihat begitu tertata. Apabila dilihat dengan lebih saksama, barisan pepohonan tersebut akan tampak seperti pedestrian yang di tepi pantai.

Di samping itu, di sekitar pantai juga terdapat barisan pohon cemara pantai, rerumpunan pandan, serta hamparan luas rumput gajah. Sedangkan pohon palem ditanam dengan mengelilingi hamparan rumput tersebut. Keindahan taman tersebut semakin lengkap dengan adanya bangku di sekitar taman serta gazebo yang berdiri kokoh.

Pengadaan taman di lokasi wisata pantai ini merupakan yang pertama kalinya dibuat di wilayah Yogyakarta. Konsep penataannya yang begitu rapi dan pengelolaan kebersihannya yang sangat dijaga oleh pihak pengelola menjadikan lokasi wisata ini banyak dijadikan spot foto oleh para pengunjung yang datang. Konsep tersebut terbilang unik, sehingga cukup instagramable.

2. Laut yang Tenang

Kawasan pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas dan dilengkapi dengan adanya batuan karang. Lebih tepatnya pada tepian pantainya terdapat batu karang yang berukuran cukup besar. Bahkan batu tersebut juga termasuk dalam salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini.

Tak seperti pantai pada umumnya, Pantai Ngrawe tidak begitu luas, sebab pada tepian laut lebih didominasi dengan batuan karang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan ombak yang ada di sekitar pantai tidak begitu besar, karena sudah terpecah ketika sampai di batuan karang.

BACA:  Pantai Watu Kodok Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Dengan demikian, lingkungan di sekitar pantai sangat cocok untuk berjalan-jalan sembari menikmati tiupan angin yang terasa sepoi-sepoi. Tempat ini sangat pas bagi Anda yang ingin melepaskan penat setelah melakukan banyak tugas dan pekerjaan di kantor.

Daya Tarik dari Pantai Ngrawe
Image Credit: Google Maps (Atif Andrian)

3. Spot Menarik Menikmati Sunrise dan Sunset

Spot terbaik untuk bisa menikmati momen terbaik matahari yang sedang terbenam di sore hari yaitu di sekitar tepian pantai maupun di sekitar taman. Sedangkan bagi Anda yang tertarik untuk melihat bagaimana keindahan dari sunrise di tempat ini, Anda bisa menginap di sekitar lokasi wisata. Hal ini bertujuan agar Anda tak ketinggalan momen sunrise yang Anda nantikan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrawe

Alamat Pantai Ngrawe
Image Credit: Instagram.com @little.queen.96

Destinasi wisata ini terletak di daerah Tanjungsari, tepatnya di sebuah wilayah bernama Ngepung. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat tersebut, Anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Sedangkan jika dari Gunung Kidul, maka hanya akan menempuh waktu 50 menit perjalanan.

Rute yang harus dilewati ketika ingin berkunjung ke tempat ini tak begitu sulit. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan bukit yang ada di Pantai Kukup dan sekaligus ada di sisi timur Pantai Baron. Untuk sampai di lokasi wisata, Anda dapat melewati Jalan Imogiri hingga sampai di daerah Wonosari. Kemudian dilanjutkan ke arah Panggang, lalu ke daerah Ngepung.

Sebelum sampai di lokasi wisata, Anda harus melewati gerbang Pantai Baron untuk melakukan pembayaran retribusi. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Mbuluk. Ketika sampai di persimpangan, ikuti jalur menuju Pantai Ngrawe.

Kondisi jalan yang harus Anda lewati termasuk mudah untuk diakses walaupun jika dilihat dari medannya, cukup banyak tanjakan dan turunan. Namun demikian, jalannya sudah diaspal dengan baik sehingga kendaraan dapat dengan mudah lewat tanpa kesulitan karena jalan yang belum teraspal. Anda juga dapat dengan bebas menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Ngrawe
Image Credit: Google Maps (Mbah Google Ngopi)

Untuk dapat menikmati pengalaman berlibur di sebuah destinasi wisata, sebagian besar pihak pengelola menetapkan harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh para pengunjung, begitu pula di tempat ini. Bagi wisatawan yang berkunjung akan dikenakan tarif senilai Rp 10.000 untuk setiap orangnya. Harga tersebut termasuk murah jika dibandingkan dengan pengalaman wisata yang akan diperoleh pengunjung.

Selain diberlakukan adanya tiket masuk, bagi pengunjung yang mengendarai sepeda motor maupun mobil, maka harus membayarkan biaya parkir kepada petugas yang menjaga kendaraan para wisatawan. Untuk tarif parkir kendaraan berupa sepeda motor ditetapkan sejumlah Rp 3.000, sedangkan bagi Anda yang menggunakan mobil maka harus membayarkan biaya parkir senilai Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngrawe

Aktivitas di Pantai Ngrawe
Image Credit: Twitter.com @news_travelling

1. Hunting Foto

Meskipun lokasi wisata ini masih tergolong baru dan masih dalam proses penyempurnaan, Anda tetap dapat mengambil beberapa foto menarik dan unik di tempat ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana berwisata ke tempat ini, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan untuk mengambil beberapa foto.

Pemandangan pantai dan lingkungan di sekitar pantai tampak menarik, sehingga sangat potensial untuk menjadi buruan para wisatawan yang suka mengoleksi banyak gambar pemandangan sebagai kenangan saat berlibur. Bagi Anda yang suka mengoleksi foto menarik, maka tempat ini sangat cocok untuk menjadi destinasi yang berikutnya.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai Ngrawe menjadi salah satu alternatif pilihan wisatawan untuk bisa melihat panorama sunrise dan sunset. Kegiatan ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Sebab, mereka bisa mendapatkan momen terbaik untuk melihat indahnya matahari yang sedang kembali ke peraduannya ataupun ketika matahari sedang terbit.

BACA:  Pantai Sendiki Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Berjalan Santai di Tepi Pantai

Di tempat ini, Anda juga dapat merasakan kesegaran air laut dan tiupan angin yang menerpa di sepanjang pantai dengan berjalan santai di tepian pantai. Anda bisa melakukan aktivitas ini bersama teman wisata Anda sembari mengobrol santai.

4. Duduk Santai di Gazebo

Bagi Anda yang kurang suka berjalan santai, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk santai di gazebo yang telah didirikan di pinggiran pantai. Udara yang segar masih tetap dapat dirasakan oleh pengunjung yang berada di gazebo. Bahkan di gazebo ini, Anda juga bisa sekaligus menikmati berbagai jenis menu dari warung makan yang ada di gazebo.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Ngrawe

Penginapan di Pantai Ngrawe
Image Credit: Booking.com

1. Cyka Raya Hotel

Penginapan ini memiliki letak yang cukup strategis, karena lokasinya yang mudah dijangkau dan tidak jauh dengan fasilitas umum. Sehingga memudahkan pengunjung untuk berkunjung di berbagai tempat. Tempat ini merupakan pilihan yang pas untuk menginap bersama dengan keluarga Anda. Harganya juga cukup murah, yakni Rp 199.999 untuk satu malamnya.

Hotel ini menyediakan pelayanan resepsionis 24 jam. Hal ini tentu sangat memudahkan pengunjung yang ingin melakukan check in maupun maupun check out. Selain itu, di Pantai Ngrawe juga tersedia fasilitas berupa wifi. Dengan demikian, ketika Anda berada di hotel, Anda dapat menggunakannya dan bisa menghemat kuota internet Anda.

2. Alzara Hotel Syariah

Hotel ini bisa Anda pilih jika Anda menginginkan penginapan yang memberikan pelayanan terbaik, namun tetap dengan harga yang terjangkau. Pihak pengelola penginapan memang selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Di samping itu, fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap, sehingga pengunjung akan merasa nyaman menginap di sini.

Untuk tarif menginap satu malamnya dipatok dengan harga Rp 260.700. Harga tersebut termasuk terjangkau apabila dibandingkan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada para pengunjung. Perlu Anda pahami, bagi pasangan suami istri yang ingin menginap diwajibkan untuk menunjukkan bukti berupa buku nikah.

3. Griya Limasan Hotel

Bagi Anda yang ingin mencari kamar dengan ukuran yang cukup luas, maka Anda bisa memilih tempat ini untuk menginap. Walaupun menyediakan ukuran kamar yang cukup luas, harga yang dipatok untuk menginap tetap cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 250.000 untuk satu malamnya. Dengan demikian, tentu pengunjung akan merasa nyaman.

Selain memiliki kamar yang luas, Griya Limasan Hotel juga selalu mengedepankan kebersihan di setiap penjuru hotel. Bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk menyelenggarakan suatu acara, Anda juga bisa menyewa aula di hotel ini, sehingga tak perlu mencari tempat lain lagi. Fasilitas yang ada di dalam aula pun juga sudah cukup lengkap.

4. Penginapan Barokah

Tempat ini merupakan salah satu pilihan menginap terbaik jika Anda berwisata ke Pantai Ngrawe, sebab letaknya cukup dekat dengan destinasi wisata tersebut. Harganya pun juga tidak mahal, yakni hanya mulai Rp 151.651 untuk biaya penginapannya.

Meskipun harganya tergolong murah, bukan berarti fasilitasnya tidak memadai. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada pengunjung tetap memuaskan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang menginap di tempat ini dan memberikan rekomendasi kepada orang lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngrawe
Image Credit: Google Maps (Pantai Ngrawe)

1. Area Parkir

Lahan parkir yang disediakan oleh pihak pengelola wisata tergolong luas. Maka, bagi Anda yang ingin memarkirkan kendaraan tak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat. Sebab, pihak pengelola Pantai Ngrawe telah memperhitungkan dengan baik kapasitas lahan parkir yang disediakan. Dengan demikian, semua kendaraan yang dibawa oleh wisatawan dapat tertampung semua.

BACA:  Pantai Glagah Kulon Progo - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Hal tersebut juga sekaligus sebagai bentuk pelayanan prima bagi para pengunjung yang datang. Karena pasti sebagian wisatawan membawa kendaraan sendiri untuk sampai di tempat ini. Hal tersebut dilakukan supaya dapat memudahkan mobilitas para pengunjung untuk menuju berbagai tempat wisata.

2. Gazebo

Gazebo ini sengaja dirancang untuk digunakan sebagai tempat bagi para wisatawan untuk beristirahat. Bangunan ini cukup kokoh sehingga aman digunakan oleh beberapa pengunjung secara bersamaan. Jadi, bagi Anda yang merasa sedikit lelah setelah melakukan berbagai kegiatan, Anda bisa sejenak berteduh di gazebo ini.

Dengan memanfaatkan fasilitas ini, pengunjung dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan lebih nyaman. Di sini wisatawan juga masih dapat menikmati pemandangan berupa gelombang air laut yang menggulung dan merasakan tiupan angin yang terasa segar. Sebab, gazebo dirancang supaya wisatawan tetap bisa menikmati keindahan lautan.

3. Warung Makan

Warung makan ini termasuk dalam fasilitas yang letaknya ada di setiap gazebo yang didirikan di sekitar tempat wisata. Sehingga, selain wisatawan beristirahat sembari berteduh, mereka juga dapat menikmati berbagai kuliner di sekitar pantai dengan membelinya di warung-warung makan yang telah tersedia.

Menu yang ditawarkan kepada para pengunjung cukup beragam, mulai dari makanan hingga minuman dengan harga yang cukup bervariatif. Anda tinggal menyesuaikan dengan anggaran wisata yang Anda miliki. Karena warung makan tersebut ada di lokasi pantai, maka tak heran jika cukup banyak kedai yang menyajikan menu makanan berupa aneka seafood.

4. Aula

Pantai Ngrawe ini memang cukup unik apabila dibandingkan dengan wisata pantai yang lain. Sebab, selain konsepnya yang kreatif, fasilitas yang tersedia juga terbilang lengkap. Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan sebuah acara di dekat pantai, maka lokasi ini adalah salah satu referensi yang bisa Anda pertimbangkan.

Aula disediakan bagi Anda yang ingin menjamu tamu-tamu Anda sekaligus mengajak kerabat untuk sekaligus menikmati keindahan panorama di pantai. Dengan demikian, sembari melaksanakan pekerjaan, Anda juga bisa sekaligus melakukan wisata dalam sekali perjalanan. Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak budget tambahan untuk biaya transportasi.

5. Kamar Mandi

Bagi Anda yang suka bermain air di tepi lautan, maka Anda tak perlu bingung. Sebab, di sini Anda bisa membersihkan diri di kamar mandi yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Bagi beberapa wisatawan yang merasa lelah dan ingin membersihkan diri juga dapat menggunakan fasilitas ini agar mereka dapat segar kembali.

Hal tersebut tentu sangat membantu wisatawan, terutama bagi mereka yang memang mempunyai hobi traveling. Sehingga sebelum menuju destinasi yang berikutnya, mereka dapat menyegarkan kondisi tubuh terlebih dahulu dan mendapatkan energi yang baru.

6. Toilet

Selain fasilitas kamar mandi, lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan adanya toilet. Sehingga bagi Anda yang membutuhkan untuk buang air kecil, Anda sudah tak perlu bingung lagi untuk mencari toilet. Di sekitar pantai sudah tersedia beberapa toilet yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pengunjung.

Di sini Anda juga tak perlu bingung untuk mengantre, karena jumlah toilet yang disediakan juga telah diperhitungkan dengan baik oleh pihak pengelola tempat ini. Adanya fasilitas ini tentunya juga bisa menjadi salah satu pemasukan tambahan dari pengunjung yang datang. Sehingga, uang tersebut dapat digunakan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pengalaman berlibur di Pantai Ngrawe, Anda dapat mengunjunginya kapan saja. Sebab destinasi wisata ini buka selama sehari penuh. Sehingga, Anda tidak harus berkunjung di waktu tertentu, melainkan sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki untuk dapat digunakan berlibur sejenak guna merefresh pikiran Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending