Pantai Nirwana Baubau, Pesona Pantai Indah & Air Laut Tiga Warna

Pantai Nirwana Baubau, Pesona Pantai Indah & Air Laut Tiga Warna
Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sula, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Pantai Nirwana Baubau merupakan pantai cantik yang memiliki pasir berwarna putih. Perpaduan yang sangat menawan antara pasir putih, air laut jernih, dan ombak pantai bisa menjadikan siapapun yang menikmatinya merasa tenang. Selain keindahan alam yang disuguhkan, pantai ini juga hampir tidak memiliki karang. Hal inilah yang menyebabkan ombak laut di sekitar pantai sangat tenang.

Karena ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar Anda bisa dengan tenang bermain air dan berenang di kawasan pantai ini. Selain itu, terdapat pula pemandangan pulau indah yang terlihat tak jauh dari pantai ini, yaitu Pulau Kadatua dan Pulau Siompu. Pemandangan pulau pulau kecil ini akan semakin melengkapi kemolekan dari Pantai Nirwana.

Objek wisata bahari ini sangat cocok untuk berlibur bersama pasangan, keluarga atau teman teman Anda. Selain karena tempatnya yang indah dan asri banyak hal menarik dan seru lain yang bisa Anda lakukan seperti melihat sunrice juga sunset dan masih banyak lagi, sehingga pastinya Anda akan sangat nyaman berwisata ke pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nirwana

Daya Tarik Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps Fajar Syarif

1. Keindahan Alam dan Air Tiga Warna

Pemandangan pantai nan indah menjadi daya tarik utama dari objek wisata yang satu ini. Keindahan ini juga tercipta dari kebersihan pantai yang begitu terjaga.

Karena kebersihannya yang sangat terjaga inilah yang membuat Pantai Nirwana memiliki warna pantai begitu jernih dengan kombinasi tiga warna, yaitu putih, biru muda dan biru kehijauan yang sangat memukau. Jejeran pohon kelapa di pesisir pantai dan butiran pasir putih yang lembut semakin menambah nuansa sejuk, bersih, nan asri di pantai ini.

2. Gua Alam Moko

Pantai satu ini juga memiliki daya tarik lain yang tak kalah menarik, yaitu keberadaan sebuah gua. Apabila Anda suka penjelajahan, maka Anda wajib menengok nengok Gua Moko yang ada di sekitar pantai ini. Anda dapat berjalan kaki sebentar ke arah selatan untuk menemukan gua ini. Dengan menyusuri Gua Moko Anda akan mendapat pengalaman yang tidak akan terlupakan saat berada di pantai ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps ORleg Peronkov

3. Suasana Romantis Sunrise dan Sunset

Selain keindahan alami alam yang ada, Pantai Nirwana juga menawarkan tempat terbaik untuk Anda bisa menikmati matahari terbit dan juga matahari tenggelam. Lokasi pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menikmati momen yang banyak ditunggu tunggu oleh semua orang ini, yakni sunrise dan sunset.

4. Terapi Air Laut

Pantai ini bukan hanya sebatas tempat wisata saja, namun ada beberapa orang yang datang ke sini untuk melakukan terapi berendam di air pantai. Air pantai ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti gangguan pernafasan, asma, dan masih banyak lagi.

Meskipun belum ada yang bisa membuktikan kebenaran tentang teori ini, tapi banyak orang yang tetap ingin berendam dalam air pantai dan berharap dengan khasiat penyembuhnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps Oleg Peronkov

Pantai Nirwana secara administratif terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-Bau. Pantai ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bau-bau, yakni antara 9 kilometer atau sekitar 15 menit perjalanan. Lokasi pantai ini dengan Bandara Bau bau juga cukup dekat, hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan.

Akses dan layanan menuju pantai ini juga terbilang mudah, sebab terdapat banyak papan petunjuk arah untuk membantu Anda menemukan lokasi pantai ini. Untuk rute perjalanan, Anda dapat melalui perbukitan Kota Bau Bau sambil menikmati pemandangan indah. Perjalanan ini melewati jalan aspal halus yang mudah dilalui.

Untuk menuju lokasi pantai Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Selain itu, tersedia juga transportasi umum yang bisa Anda gunakan, seperti ojek. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang malas menyetir kendaraan pribadi atau sedang tidak membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps Man Zazg

Saat memasuki kawasan wisata pastinya Anda akan dikenai retribusi biaya untuk bisa masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab untuk memasuki kawasan Pantai Nirwana Anda tak perlu merogoh kocek yang cukup. Anda bisa langsung memasuki kawasan pantai indah ini dengan biaya masuk yang terbilang sangat ramah di kantong

Pantai ini merupakan salah satu alternatif pilihan wisata murah di Kota Bau Bau. Namun walaupun murah, pemandangan dan suasana yang ditawarkan sangatlah mahal. Mahal yang dimaksud disini adalah keindahan alam yang tidak bisa dibayarkan harganya. Sebab sudah tidak bisa ditawar bahwa kawasan ini memanglah kawasan penyejuk hati dan penyegar pikiran.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nirwana

Aktivitas Seru di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps Rudi Rahmat

1. Diving di Ombak Tenang

Ombaknya yang relatif tenang juga menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Anda dapat berenang atau sekedar bermain main air dekat bibir pantai dengan aman. Bila Anda masih merasa takut, Anda juga bisa memakai pelampung jika ingin berenang dengan keamanan yang lebih terjamin terjamin. Selain itu karena ombak di pantai ini relatif tenang, Anda juga dapat melakukan diving atau menyelam ke kedalaman yang lebih dalam.

2. Bermain Pasir Putih

Pantai Nirwana memiliki hamparan pasir yang bisa dikatakan cukup luas. Pasir putih yang ada di tempat ini juga cukup halus sehingga sangat nyaman saat dipegang dan dimainkan. Anda yang membawa anak anak juga bisa mengajak mereka bermain pasir dengan membuat bentuk benda-benda juga membangun istana dari pasir. Mengubur kaki di pasir lembut ini juga bisa menjadi hal yang asyik dilakukan.

Image Credit: Instagram Habirun

3. Berburu Fajar dan Senja

Pantai ini juga bisa menjadi rekomendasi tempat ‘apik’ untuk melihat matahari terbit dan tenggelam. Jika ingin menikmati sunrise atau sunset di pantai ini Anda bisa datang sekitar jam 5.30 di pagi hari untuk sunrise dan sekitar jam 17.30 di sore hari untuk sunset. Warna kemerahan matahari yang terpantul di air laut sungguh menjadi momen yang tidak boleh Anda lewatkan.

4. Duduk Santai di Gazebo

Anda dapat berwisata ke pantai ini dengan menghabiskan waktu bersantai di gazebo. Gazebo dalam masyarakat sekitar pantai disebut dengan gode-gode atau gubug. Gazebo yang ditawarkan di tempat ini cukup sederhana, dengan beratapkan rumput alang-alang. Anda dapat bersantai dengan keluarga atau teman-teman Anda sambil menikmati suasana pantai di gubug ini.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Dekat Pantai Nirwana
Image Credit: Facebook Nirwana Buton Villa

1. Nirwana Buton Villa

Nirwana Buton Villa adalah penginapan yang berada tak jauh dari kawasan Pantai Nirwana. Untuk menuju penginapan ini Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar dua menit. Penginapan ini termasuk memiliki biaya yang relatif terjangkau. Walau begitu fasilitas yang disediakan cukup lengkap, seperti kamar mandi pribadi, wifi gratis, dan dilengkapi dengan teras juga AC.

2. Calista Beach Hotel

Penginapan terdekat lain adalah Calista Beach Hotel. Fasilitas yang disediakan di setiap kamar pada hotel ini terbilang cukup lengkap seperti kursi, meja, AC, TV dinding, dan masih banyak lagi. Akses wifi gratis juga tersedia di hotel ini, tempatnya pun cukup strategis. Dan lagi hotel ini sangat bersih dan nyaman.

3. Hotel Galaxy Inn

Hotel Galaxy Inn ini hanya berjarak 1,3 kilometer dari lokasi pantai. Hotel yang menawarkan berbagai fasilitas dan layanan menarik ini dapat membuat liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Salah satu layanan menarik yang disediakan hotel ini adalah spot snorkeling dan diving yang bisa memberikan pengalaman mengesankan bagi Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps Roberta Medda

Liburan di Pantai Nirwana akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Ditambah lagi pantai ini di dukung dengan fasilitas dan layanan yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas pantai ini diantaranya gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati suasana pantai.

Terdapat pula layanan jasa penyewaan pelampung yang dapat Anda sewa untuk mendapat keamanan ketika bermain air. Fasilitas tempat parkir yang cukup luas juga dikelola dengan sangat baik oleh para pengelola pantai. Akses jalan menuju pantai ini pun juga sangat mudah dilalui, dan banyak petunjuk jalan yang tersedia

Fasilitas pendukung lain yang terdapat di pantai ini diantaranya, beberapa tempat makan dan restoran, spot untuk menikmati sunrise dan sunset, dan juga terdapat beberapa penjual makanan ringan yang menjajakan dagangannya di pantai ini. Selain itu, tukang ojek juga ada di pantai ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk menuju penginapan atau tempat lain.

Itulah tadi beberapa hal menarik dari objek wisata Pantai Nirwana yang terkenal di daerah Baubau. Pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda untuk berlibur dengan biaya yang relatif tidak menguras kantong. Panorama alam yang ditawarkan di tempat ini juga bisa menjadi tempat rehat bagi Anda yang stress dengan semua kegiatan sehari-hari Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending