Pantai Nongsa Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Nongsa Batam

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Nongsa salah satu wisata pantai nan eksotis di Kota Batam yang menarik untuk dikunjungi. Pantai berpasir putih yang masih alami dengan pemandangan yang menakjubkan dan memiliki banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Pulau Batam merupakan pulau yang paling luar di Indonesia tepatnya di sebelah Barat yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura. Pulau ini memiliki banyak sekali objek wisata tentang air khususnya laut, salah satunya adalah Pantai Nongsa. Pantai ini merupakan satu dari sekian banyaknya pantai yang berada di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Siapapun orang yang memiliki niat untuk menyeberang ke negara Singapura pasti akan berpikir lagi setelah melihat keindahan pantai ini karena air di pantai ini masih sangat bersih dan tentunya di pantai ini ekosistemnya masih terjaga. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya memilih untuk berlibur dan menghabiskan waktu di pantai ini.

Suasana pantai ini masih sangat sepi dan tradisional, maka dari itu jika ingin menikmati kesunyian dan kedamaian Anda bisa datang ke Pantai Nongsa. Yang jadi menarik, pantai ini berdekatan dengan pesisir pantai di bagian Selatan negara Singapura, saking dekatnya Anda bisa menggunakan perahu motor dengan waktu setengah jam untuk sampai di pantai selatan Singapura.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nongsa

Daya Tarik Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (Yolanda Ihsan)

Tempatnya yang indah banyak membuat Pantai ini dikunjungi para wisatawan yang datang ke Kota Batam, dan pastinya pantai ini memiliki banyak sekali daya tariknya karena pengunjung yang datang selalu ramai. Berikut ini adalah macam macam daya tarik yang berada di Pantai Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

1. Pasir Putih dan Air Laut Jernih

Pantai ini memiliki pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai dan juga dengan didukung dengan air lautnya yang masih sangat jernih. Hal itu membuat para wisatawan dapat melihat jenis jenis ikan di laut dan terumbu karang yang bisa langsung Anda lihat tanpa menggunakan alat.

BACA:  Pantai Reviola Batam - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Spot Foto Keren

Apabila Anda datang ke pantai ini tetapi tidak berfoto foto, Anda akan rugi karena tidak bisa mengabadikan momen di tempat yang indah. Batu karang, pasir putih, ombak laut yang bagus, dan dikelilingi kapal dari berbagai macam negara membuat tempat ini memiliki banyak sekali spot foto dengan background yang luar biasa cantik.

3. Dermaga dengan Hutan Buatan yang Rindang

Pemerintah Kota Batam menyediakan dermaga yang bisa membuat para wisatawan merasa berada di film Manchester by the Sea dengan hutan buatan yang tidak terlalu besar, yang menjadikan nuansa eksotis seperti di film. Tujuan dermaga ini dibuat adalah supaya para wisatawan dapat melihat suasana kapal-kapal transit di pelabuhan terdekat.

Daya Tarik dari Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (Dwi Amer P)

4. Pemandangan Malam

Mayoritas saat malam hari, pemandangan di pantai jarang sekali bisa kita nikmati. Namun berbeda dengan Pantai Nongsa, karena para wisatawan yang disini akan diberi sajian berupa lampu yang memiliki cahaya mempesona nan indah. Letak geografisnya sangat menguntungkan dengan kerlap-kerlip lampu yang bisa Anda nikmati.

5. Spot Sunset

Pulau ini terletak di bagian paling ujung Indonesia. Tidak heran jika sunsetnya akan sangat keren dan mempesona di padu dengan kesunyian suasana yang dapat Anda nikmati baik dari resort, dibawah pohon kelapa, maupun Anda lihat dari dermaga.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Nongsa

Alamat Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (David McCready)

Untuk waga Sumatera terutama yang tinggal di sekitar provinsi Riau atau Pangkal Pinang pasti Anda tidak akan sulit untuk bisa menemukan Pulau Batam. Anda bisa kesini menggunakan speedboat. Letak pantai yang indah dan eksotis ini berada tepat di Kecamatan Noangsa. Lebih tepatnya berada di Kampung Nongsa, Kelurahan Sambu

Sementara bagi Anda para wisatawan yang berasal dari luar Kepulauan Riau bisa mendarat di Bandara Hang Nadim atau bisa berlabuh dari pelabuhan terdekat. Waktu yang ditempuh dari bandara Hang Nadim Menuju Pantai Noangsa memakan waktu sekitar 40-60 menit apabila Anda naik transportasi umum, namun bisa lebih cepat apabila naik kendaraan pribadi.

Keindahan Pantai Nongsa Batam ini sangat syang jika harus Anda lewatkan begitu saja apabila pergi ke Batam. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati keindahan pantai ini juga sangat murah. Untuk bisa masuk dan meikmati pantai ini Anda cukup membayar sebesar 10.000 rupiah saja untuk per orangnya.

BACA:  15 Wisata Pantai di Jakarta & Sekitarnya Paling Hits

Dengan harga yang sangat terjangkau ini Anda bisa melihat segala kecantikan pantai ini. Di tempat wisata ini Anda juga harus membayar untuk parkir kendaraan Anda. Apabila Anda membawa motor akan dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah, sedangkan apabila Anda membawa mobil akan dikenakan tarif 10.000 rupiah.

Pantai ini buka selama 24 jam setiap hari membuat para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini bisa memilih waktunya secara bebas dan fleksibel. Tak sedikit juga para pengunjung yang datang di hari hari biasa dan Anda tidak perlu menunggu waktu liburan tiba.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nongsa

Aktivitas di Pantai Nongsa
Image Credit: Twitter.com @faisalaja2001

1. Menikmati Wisata Kuliner

Apabila Anda ingin mendatangi pantai dengan memiliki tujuan selain untuk menikmati keindahan pantai tersebut, seperti ingin berburu kuliner maka Anda bisa memjumpainya di sekitar rumah penduduk. Disana terdapat sebuah perkampungan yang jaraknya dekat dengan pantai.

Nanti setelah Anda sampai di perkampungan tersebut, Anda langsung bisa mendatanginya dan menemukan berbagai macam kuliner yang mereka tawarkan. Disini Anda bisa memilih berbagai macam makanan khas daerah Batam. Dan nantinya Anda bisa memilih makanan apa yang ingin Anda makan atau nikmati.

2. Snorkeling

Kurang lengkap rasanya apabila Anda mengunjungi Pantai Nongsa yang memiliki laut indah tetapi tidak mencoba olahraga airnya. Maka dari itu, pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjelajahi biota lautnya karena memiliki spot snorkeling yang bagus.

Ekosistem bawah laut pantai ini tak kalah jika Anda bandingkan dengan pantai pantai terkenal yang ada di Indonesia. Kondisinya yang masih bersih serta alami menjadikan pantai ini sangat cocok sekali untuk Anda jelajahi. Disini Anda bisa melihat berbagai macam isi laut yang unik dan lucu, dan pastinya jangan lupa untuk Anda abadikan dalam setiap foto.

Aktivitas Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (Dimas Eko Setiawan)

3. Kegiatan Outbond

Buat Anda yang menyukai tantangan untuk memacu adrenalin dan uji nyali, sepertinya Anda bisa mencoba outbond di pantai ini. Wahana disini bisa untuk dinikmati baik oleh anak anak maupun orang dewasa. Biaya yang dibayarkan untuk mencoba wahana di pantai ini juga terbilang murah, yaitu hanya dihargai mulai dari 30.000 rupiah saja.

4. Wahana Banana Boat

Selain hanya dengan outbond, Anda juga bisa memacu adrenalin dan menguji nyali dengan mencoba wahana banana boat. Disini tersedia banana boat yang bisa Anda gunakan dan Anda sewa secara berkelompok atau beramai ramai. Sangat direkomendasikan Anda naik banana boat dengan teman teman Anda supaya lebih asyik dan seru.

BACA:  Pantai Cijayana Garut - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Nongsa

Penginapan Pantai Nongsa
Image Credit: Agoda.com

1. Batam View Beach Resort

Batam View Beach Resort merupakan hotel berbintang 4 yang letaknya dekat dengan pantai Nongsa. Resort modern ini berada di Selat Singapura, berjarak sekitar 4 km dari Terminal Feri Nongsa Pura dan memiliki jarak sekitar 24 km dari pusat perbelanjaan Mega Mall Batam Center. Hotel ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Fasilitas tersebut meliputi kamar ber-AC, Business center, Gym dan Spa, Tempat parkir yang gratis dan luas, Kolam renang yang berada di luar, Layanan resepsionis 24 jam, Bar, dan lain-lain

2. Nongsa Point Marina and Resort

Yang kedua ada Nongsa Point Marina and Resort. Resort yang berada di tepi laut ini bergaya mediterania. Resort ini berada sekitar 3 km jauhnya dari terminal Feri Nongsa Pura dan berjarak sekitar 6 km dari Tering Bay Resort and Golf.

Resort ini dilengkapi dengan fasilitas seperti spa, kolam renang, sarapan gratis, akses langsung ke pantai, Wi-Fi gratis, restoran, room service, bar, snorkeling, layanan yang lengkap serta resepsionis sedia 24 jam, dan masih banyak lainnya.

3. Nongsa Village

Dan yang terakhir ada Nongsa Village. Suasana di sekitar penginapan ini sepi dan sunyi, cocok untuk Anda yang ingin melarikan diri dari keramaian kota. Fasilitas disini juga sangat lengkap seperti hotel bintang 4. Disini suasananya juga sejuk dan asri karena banyak sekali pepohonan yang tumbuh di sekitar penginapan ini.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia di Pantai Nongsa Batam

Fasilitas Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (Tri Joko Suroso)

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah saja, namun disini juga banyak terdapat fasilitas penunjang para wisatawan yang datang. Beberapa diantaranya seperti resort mewah, toilet yang bersih, tempat parkir yang luas dan aman, tempat ibadah, ATM, rumah makan dan juga ada rumah pondok gazebo untuk para wisatawan beristirahat.

Anda tidak perlu jauh jauh ke negri orang untuk berwisata jika di Indonesia saja Anda bisa menemukan banyak sekali destinasi wisata yang secantik dan seindah Pantai Nongsa. Jadi jangan sampai lupa untuk mengunjungi pantai eksotis ini ketika Anda berada di Batam, saat Anda datang ke pantai ini dijamin Anda tidak akan menyesal.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending