Pantai Reviola Batam – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Reviola Batam

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Reviola salah satu wisata pantai yang populer di kawasan Barelang, Batam dengan hamparan pasir putih yang menawan. Pantai dengan panorama alam yang menakjubkan didukung dengan fasilitas wisata yang lengkap.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Pantai Reviola semula hanyalah semak belukar. Tak heran, banyak pepohonan yang tersisa di sini. Kondisi lingkungan masih terjaga sehingga menghasilkan udara cukup sejuk. Perlahan tapi pasti, sejumlah pembenahan terus dilakukan secara berkelanjutan.

Letaknya berdampingan dengan pantai yang telah ada lebih dulu. Meski begitu, pamornya tidak kalah terkenal dengan objek wisata tersebut. Apalagi, memiliki keunggulan berupa hamparan pasir relatif lebih luas. Sebagai ikon baru di wilayah Barelang Batam, kehadirannya terbilang mencolok.

Lanskap Pantai Reviola terlihat proporsional dari berbagai sudut. Butiran pasir putih dan halus ketika dipijaki, semilir angin berembus menerbangkan bau garam, juga batu karang yang tersebar di bagian-bagian tertentu. Baru resmi beroperasi sejak tahun 2020 lalu, beragam kegiatan seru layak untuk dicoba saat berkunjung ke sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Reviola

Daya Tarik Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Afrizal Alfarisi)

1. Pondok Kecil Beratapkan Jerami

Setelah dimodifikasi menjadi objek wisata, pihak pengelola membangun sejumlah pondok kecil di sini. Atapnya terbuat dari jerami, ditopang empat tiang kayu, dan dikelilingi pagar bambu setinggi betis orang dewasa. Bentuknya secara umum sangat sederhana. Namun, cukup nyaman untuk dipakai beristirahat.

Tersebar hampir di seluruh kawasan Pantai Raviola, ukurannya beragam dengan patokan biaya berkisar Rp 75.000 – Rp 200.000. Sewa tersebut juga menyesuaikan lama penggunaan. Sebuah tong sampah sengaja diletakkan dekat pintu masuk setiap pondok. Anda tidak perlu pusing mencari tempat pembuangan.

2. Pohon Serbaguna

Aneka pepohonan dibiarkan tumbuh mengisi area lapang. Mulai dari pinus, bakau, hingga kelapa. Rata-rata tingginya mencapai 1,5 meter. Walau cuaca pantai umumnya terkenal menyengat, Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat berteduh.

BACA:  16 Wisata Pantai di Surabaya & Sekitarnya yang Paling Hits

Selain itu, pepohonan juga bisa memberikan kesenangan lain. Misalnya saja, dengan menyiapkan hammock sebelum Anda bertandang ke sini. Kemudian, carilah pohon yang berdekatan dan cukup tinggi untuk menggantung benda tersebut. Setelah persiapan selesai, Anda bisa tiduran sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak.

3. Tanah Lapang yang Luas dan Teratur

Ketika pertama kali memasuki Pantai Reviola, Anda akan disuguhkan tanah lapang, landai, dan rapi. Pepohonan ditanam secara teratur sehingga tidak menghalangi pandangan. Menariknya, area parkir dibangun terpisah dan sedikit jauh dari destinasi. Anda harus menempuh beberapa meter begitu turun dari kendaraan.

Beragam referensi kegiatan seru dapat Anda lakukan di atas tanah ini. Sebut saja, piknik, berfoto ria, mengajak anak kecil berlarian, dan sebagainya. Bahkan, jika Anda datang bersama rombongan besar, suasana yang ada lumayan mendukung pelaksanaan outbond. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk bersenang-senang.

Daya Tarik dari Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Sei Temiang)

4. Lingkungan Terawat dan Dilimpahi Air Bersih

Tong sampah disediakan di pelbagai penjuru, pihak pengelola juga secara berkala melakukan perawatan. Tidak ada sampah berserakan yang mampu menciptakan kesan kotor dan kumuh. Kalau Anda menemukannya, kemungkinan besar adalah dedaunan gugur atau ranting pohon patah.

Seolah belum cukup, Anda masih akan dimanjakan dengan air bersih. Bukan hanya lautnya, melainkan air di kamar mandi juga. Tak perlu khawatir kulit rawan iritasi selepas membilas diri. Warna lautnya terlihat kebiru-biruan, sungguh segar dipandang mata. Intensitas ombaknya cukup tenang sehingga aman untuk jadi arena bermain anak-anak.

5. Ayunan dan Bangku-Bangku Panjang

Tersedia sejumlah ayunan di Pantai Reviola. Bahan dasarnya adalah kayu yang digantung menggunakan tali tambang. Sebagian terikat pada batang pohon, sisanya memanfaatkan tiang buatan. Spot ayunan tersebar di beberapa titik lokasi, baik yang dekat dengan perairan maupun jauh.

Bagi yang enggan terkena cipratan air, sebaiknya memilih spot di tengah pepohonan. Anda tetap dapat menyaksikan ombak bergulung di lautan. Jika Anda berencana berenang atau sekadar basah-basahan, tidak ada salahnya mencoba berayun di atas hamparan pasir.

Di samping itu, disediakan pula bangku panjang yang langsung menghadap ke laut. Bisa dimanfaatkan untuk beristirahat tanpa mengeluarkan modal. Hanya saja, sering kali pengunjung lain mengantre untuk mengambil gambar. Jadi, Anda harus rela berbagi walau datang duluan.

BACA:  Funtasy Island Batam - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Reviola

Alamat Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

Terpaut sejauh 76 kilometer, butuh waktu setidaknya 1 jam 30 menit untuk tiba di Pantai Reviola. Dapat memanfaatkan kendaraan umum maupun pribadi. Berpatok pada Kantor Walikota Batam, Anda akan menempuh jalanan berkelok menuju daerah Galang Baru.

Dari Jalan Engku Putri Utara, tepat di bundaran ambil jalur keluar pertama menuju Jalan Ahmad Yani. Terus bergerak ke arah Jalan Trans Belerang, sekitar 63 kilometer lagi, bersiaplah belok tajam ke kiri menuju tujuan destinasi.

Tanda paling mencolok di dekat pantai adalah sebuah menara telekomunikasi. Sebelum itu, Anda akan melintasi panorama memesona selama perjalanan. Tidak sulit menemukannya karena masih di wilayah administratif Kota Batam.

Kategori tiket masuk yang ditetapkan pihak pengelola cukup variatif. Menyesuaikan pada kelengkapan tujuan Anda ke sini. Jika hanya ingin masuk bermain tanpa menginap, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp 10.000. Datang dengan niat menginap dan membawa perlengkapan sendiri, maka biayanya jadi Rp 20.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Reviola

Aktivitas di Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

1. Menyewa Banana Boat

Tarif banana boat sebesar Rp 150.000 untuk total penumpang paling banyak 6 orang. Dengan menyewa fasilitas olahraga ini, Anda bisa menjelajahi lautan. Semakin bertambah seru jika Anda datang bersama kawan sepermainan. Rasanya sungguh menantang dan mendebarkan.

2. Memasak

Memasak bisa jadi referensi aktivitas unik. Siapkan peralatan seadanya dari rumah. Tidak perlu menu yang mewah, intinya asyik untuk dijalankan bersama keluarga. Alternatif menunya berupa singkong atau kentang goreng. Ini juga berguna menghemat dana selama bertamasya.

3. Berenang

Aktivitas mainstream, namun selalu menarik untuk dicoba. Semakin seru jika Anda turut mengajari anak kecil. Kawasan perairan di Pantai Reviola dilingkupi ombak yang tenang. Jika Anda terlalu khawatir, maka boleh berenang di dekat pesisir.

Aktivitas Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Iz Wandi)

4. Menyusuri Tepi Pantai

Garis pantai diperkirakan mencapai 800 meter. Ukuran yang tidak terlalu panjang untuk ditelusuri. Kegiatan ini bisa Anda coba bersama pasangan. Waktu yang paling tepat ketika menjelang sore. Jalan-jalan sembari menanti matahari terbenam.

Sebaiknya pakai topi lebar untuk menghalangi sinar matahari langsung. Sesekali, Anda pun bisa mencari kerang-kerang unik di dalam timbunan pasir. Tidak masalah jika Anda ingin melepas alas kaki karena tekstur pasirnya terbilang lembut.

5. Bermain Sepak Bola atau Voli

Siapkan peralatan dari rumah. Buatlah janji bersama teman-teman. Pastikan semua anggota rombongan siap turut berpartisipasi. Tetapkan sejumlah aturan dan sanksi agar semakin menarik.

BACA:  Pantai Marina Batam - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Reviola

Penginapan Pantai Reviola
Image Credit: Batamgetaway.com

1. Labun Island

Penginapan satu ini menawarkan panorama indah khas pinggir pantai. Bangunannya berdiri di atas perairan yang ditopang oleh kerangka tiang. Ruas jembatan terbuat dari kayu menjadi penghubung dengan daratan. Sungguh tampak estetis. Anda bahkan bisa diving dan snorkeling selagi di sini.

Fasilitasnya berupa toilet terawat, ruang tidur rapi, shower, restoran, serta aneka wahana permainan air. Lingkungan asri, letaknya cukup jauh dari kepadatan kota. Hanya terpaut 15 menit perjalanan dari Pantai Reviola. Masih berada di wilayah Galang Baru. Menginap di Labun Island rasanya bagai tinggal di pulau pribadi.

2. SBS Resort

Pelayanan bisa dikatakan memuaskan karena karyawannya ramah dan tak keberatan membantu. Lanskap yang ditawarkan mampu memikat hati, begitu alami dan terjaga. Posisinya di pinggir pantai, dilengkapi oleh bentangan laut yang jernih.

Hanya saja, cuacanya lumayan menyengat saat siang hari karena minim pohon lindung. Secara menyeluruh, nilainya mengesankan. Terletak di dekat Jembatan 5 Barelang, fasilitasnya masih dalam tahap pengembangan. Di sini bahkan ada area berkemah.

Anda bisa memilih tiga kategori penginapan, yaitu, glamping, water villa, serta camping. Sensasi alam bebas menjadi daya tarik utama. Terpisah sekitar 19,7 kilometer dari Pantai Reviola, butuh waktu tempuh kurang dari 30 menit menggunakan motor.

3. Morelo Kelong Resort

Penginapan yang terbilang amat sederhana. Bahan dasar bangunan menggunakan papan kayu. Letaknya sedikit jauh dari pesisir, agak ke tengah lautan. Agaknya, inilah yang menjadi poin menarik Morelo Kelong Resort. Anda harus meniti jembatan kayu untuk bisa mencapai pintu masuk.

Disediakan arena bermain anak-anak. Semacam tempat menangkap ikan yang dilapisi jaring-jaring. Ada pula ayunan yang digantung di tengah lautan. Lebih dari semua itu, panorama sunset di sini tidak sangat menawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Reviola Batam

Fasilitas Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (The Grateful Channel)

Aktivitas di sini sudah lumayan lengkap. Kamar mandi, musala, ruang bilas, warung makan, dan sejenisnya. Pihak pengelola sebisa mungkin berupaya memenuhi segala kebutuhan pengunjung. Hanya saja, untuk warung makan tidak buka setiap saat. Jadi, alangkah baiknya Anda membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga.

Pantai Reviola merupakan objek baru dalam destinasi bahari. Hingga kini, diperkirakan kualitas dan pelayanannya akan terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, pastikan Anda turut menjaga fasilitas umum agar tahan lama ketika berekreasi di sini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending