Pantai Paal Minahasa, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau

Pantai Paal Minahasa, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WITA, Alamat: Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Pantai Paal masih baru, namun menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh pengunjung di Minahasa Utara. Pantai dengan pasir putih dan laut biru yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi ditambah dengan pepohonan yang membuat udara di sekitar menjadi sejuk seperti berada di pegunungan.

Bagi para pecinta destinasi wisata bahari, Pantai Paal pasti tidak asing di telinga. Berada di Manado, pantai ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Apalagi jika menjelang liburan atau akhir pekan. Ribuan penonton akan memadati pantai ini, menikmati keindahan panorama sambil mendengar ombak-ombak yang cukup besar di bibir pantai.

Memang, pantai ini terkenal dengan kecantikannya. Tidak heran banyak orang yang penasaran ingin berkunjung datang. Sayangnya, masih juga ada pengunjung yang tidak bertanggung jawab dan membuang sampah sembarang. Beberapa sampah plastik mengambang di lautan dan cukup mengganggu pemandangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Paal

Daya Tarik Dimiliki Pantai Paal
Image Credit: Google Maps (Marchel Kindangen)

Pantai cantik ini banyak menjadi pilihan wisata bagi pengunjung. Tidak heran, karena pantai ini memang memiliki daya tariknya sendiri. Ditambah dengan fasilitas dan sarana yang membuat pengunjung mudah mengakses dan nyaman berlibur di kawasan pantai ini. Beberapa daya tarik yang banyak membuat pengunjung datang seperti berikut.

1. Pantai yang Indah

Pantai Paal memiliki pasir putih yang lembut. Lautnya biru dan jernih, bahkan pengunjung yang berada di atas perahu dapat melihat terumbu karang di dalam laut. Ombak di pantai ini cukup besar. Jika sedang cerah, langit yang biru akan membuat pemandangan alam di sekitar pantai menjadi lebih menawan.

Di sekitar pantai juga banyak perbukitan hijau. Bukit-bukit ini membuat pemandangan menjadi tampak lebih cantik. Bukit-bukit ini juga yang membuat suasana lebih segar, seperti berada di pegunungan. Dengan adanya perbukitan ini, pemandangan alam menjadi lebih sempurna antara pantai yang biru dan perbukitan yang hijau.

Di sekitar pantai juga banyak kapal-kapal nelayan bersandar. Cukup menarik sebagai spot untuk berfoto. Jika tidak, pengunjung dapat melihat aktivitas para nelayan. Biasanya nelayan yang pulang mencari ikan akan menjual hasil tangkapan ke pasar atau warung-warung di pinggir pantai. Tentu aktivitas ini tidak banyak ditemukan bisa di perkotaan.

2. Sunrise dan Sunset

Pantai ini juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunrise atau sunset. Pemandangan saat matahari terbit atau terbenam memang sangat indah. Pengunjung banyak yang menunggu momen ini karena memang sangat cantik. Dengan perpaduan pasir putih dan air laut yang jernih, momen ini memang sangat menarik untuk dinikmati.

Keindahan saat matahari terbit atau matahari yang sedang terbenam memang menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat mengambil momen-momen yang cantik ini sebagai latar foto. Jika tidak, pengunjung juga dapat sekedar duduk sambil menikmati pemandangan. Anda dapat datang di waktu-waktu ini untuk dapat melihat keindahannya.

Daya Tarik Pantai Paal
Image Credit: Google Maps (Nemo The Explorer)

3. Kuliner

Banyak nelayan-nelayan yang langsung menjual hasil tangkapannya. Jika tidak di pasar, biasanya nelayan akan menjual hasil tangkapan ke warung-warung yang ada di sekitar pantai. Warung-warung ini akan menyajikan makanan-makanan laut dari ikan bakar yang masih fresh. Kuliner ikan bakar yang masih segar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

4. Desa Marinsow

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Paal, Anda akan melewati Desa Marinsow. Desa ini sangat unik karena biasa memelihara babi yang dibiarkan berkeliaran begitu saja. Biasanya babi-babi itu berkeliaran di halaman rumah-rumah penduduk. Babi-babi ini seperti hewan peliharaan rumahan karena warga juga sering diajak bermain.

Jika Anda melewati desa ini, Anda harus sedikit berhati-hati agar tidak menabrak hewan-hewan yang yang berkeliaran. Namun dengan sedikit memperlambat kendaraan, Anda dapat melihat suasana desa yang masih sangat asri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Paal

Alamat Pantai Paal
Image Credit: Google Maps (Ditto Ardiaputra)

Pantai Paal berada di Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Manado, perjalanan yang ditempuh kurang lebih 2 jam. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan yang harus ditempuh selama 2 sampai 3 jam. Menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan jasa ojek di sekitar terminal Likupang menuju ke lokasi.

Anda akan melewati Desa Marinsow, kurang lebih sejauh 300 meter dari pertigaan, Anda akan menemukan papan petunjuk menuju lokasi pantai. Selanjutnya Anda hanya perlu berbelok ke kanan sejau 2,5 kilometer sampai ke lokasi. Di sepanjang perjalanan ini, kamu dapat melihat pemandangan desa khas Minahasa di kanan dan kiri jalan.

Sesampainya di lokasi, Anda akan melewati portal untuk membayar tiket masuk. Setelah itu Anda dapat memarkirkan kendaraan. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan ke pantai selama 15 menit. Memang cukup jauh, namun sepanjang perjalanan, Anda dapat melihat pemandangan yang indah sehingga tidak terasa melelahkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Paal

Harga Tiket Pantai Paal
Image Credit: Google Maps (Mico lxander)

Pantai Paal buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai 17.00 WITA. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata bahari ini, harga tiket yang harus Anda keluarkan sangat murah meriah. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, Anda hanya cukup membayar Rp 5.000 saja. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, biaya masuk hanya ditarik Rp 10.000.

Saat malam, pantai memang tidak dibuka karena tidak ada yang menjaga untuk keamanan. Listrik juga belum terjangkau hingga pantai sehingga saat malam, akan sangat gelap. Di kawasan ini tidak disarankan juga untuk berenang karena ombak yang cukup besar, namun sudah tersedia wahana permainan air yang sudah dilengkapi dengan safety.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Paal

Aktivitas di Pantai Paal
Image Credit: Twitter.com @nynez_

Di Kawasan pantai, Anda dapat melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Pantai yang indah ini juga sudah tersedia berbagai sarana dan fasilitas yang dapat Anda gunakan sehingga liburan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan jika berada di Pantai Paal seperti berikut ini.

1. Bersantai

Pantai ini menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai. Duduk di gazebo yang disewakan, Anda dapat menikmati kuliner ikan segar dengan pemandangan pantai yang indah. Anda juga bisa berjalan-jalan di tepi pantai, merasakan angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang cukup besar. Duduk di pasir sambil menikmati sunrise atau sunset juga bisa Anda lakukan.

Pantai ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Biasanya para wisatawan ini datang untuk berjemur. Dengan matahari yang tidak terlalu menyengat badan, berjemur sambil bersantai juga dapat menjadi kegiatan yang bisa dilakukan.

2. Bermain Banana Boat

Pantai Paal telah menyediakan permainan banana boat yang cukup menantang. Tidak perlu khawatir karena sudah dilengkapi juga dengan pelampung. Selain banana boat, Anda juga dapat merasakan permainan lain yaitu UFO boat.

3. Kuliner

Anda dapat mencoba kuliner ikan bakar di pantai ini. Ikan dari tangkapan nelayan yang langsung dijual ke warung-warung sehingga masih segar dan lebih nikmat. Berburu kuliner ikan bakar memang banyak dilakukan oleh pengunjung jika berada di pantai ini. Anda juga dapat berburu ikan bakar segar yang rasanya tentu lebih nikmat.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan di Pantai Paal
Image Credit: Tiket.com

1. Phoenix Hotel Bitung

Berada di Bitung Tengah, penginapan ini berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pantai. Ada beberapa pilihan kamar yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Fasilitas yang diberikan juga cukup memadai termasuk TV, AC, WiFi, resepsionis 24 jam, dan lahan parkir.

2. Paradise Hotel dan Resort

Hotel ini berada di Likupang, cukup dekat dengan lokasi pantai. Dengan lokasi yang cukup strategis untuk liburan bersama keluarga, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Sudah tersedia AC, tempat parkir, kolam renang, restoran, lift, juga resepsionis yang akan membantu Anda selama 24 jam.

3. Tangkoko Hill Cottage and Resto

Hanya berjarak kurang dari 10 kilometer dari lokasi pantai, penginapan ini sangat asri dan menyediakan kamar yang sangat nyaman. Ada beberapa pilihan kamar sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap kamar tersedia AC, air minum gratis, dan desk. Juga terdapat perlengkapan kamar mandi pribadi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Paal Minahasa Utara

Fasilitas Pantai Paal
Image Credit: Twitter.com @indonesiagaruda

Pantai Paal sudah menyediakan fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Ada lahan parkir yang luas sehingga Anda dapat dengan mudah memarkirkan kendaraan Anda. Selain itu juga sudah tersedia kamar mandi untuk Anda yang bermain permainan air.

Terdapat pula warung-warung di sekitar bibir pantai. Warung-warung ini menyediakan berbagai menu. Ada gorengan atau minuman dingin. Menu yang paling favorit adalah ikan bakar karena ikan yang digunakan masih segar langsung dari nelayan. Anda dapat menikmati berbagai sajian di gazebo yang disewakan. Harga sewa Rp 100.000 untuk tiap gazebo.

Wahana bermain juga tersedia. Jika Anda ingin merasakan permainan air seperti banana boat, hanya cukup membayar Rp 25.000 saja. Selain banana boat, ada juga UFO boar yang dapat Anda coba. Penyedia sarana ini juga akan menyewakan pelampung untuk keselamatan.

Pantai Paal merupakan pantai dengan pemandangan yang sangat indah di Minahasa Utara. Akses yang mudah sehingga pantai ini layak menjadi destinasi wisata. Namun, pengunjung sudah semestinya menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena sampah-sampah yang terkadang mengambang di laut bisa merusak pemandangan dan lingkungan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending