Pantai Plentong Indramayu – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Plentong Indramayu - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Plentong salah satu pantai favorit di Indramayu yang menarik untuk dikujungi. Pantai berpasir yang indah dan cocok sebagai tujuan rekreasi keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07:00-17:00, Alamat: Pantai Plentong, Sukra, Kec. Sukra, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tidak bisa dipungkiri, Indonesia memang benar-benar memiliki kenampakan alam yang luar biasa. Hal ini terbukti dengan berbagai destinasi wisata alamnya yang kebanyakan adalah perairan atau pantai. Salah satunya adalah Pantai Plentong Indramayu.

Pantai tersebut memang dikenal memiliki kawasan wisata yang memukau. Apalagi tempatnya yang memang hampir menyentuh kawasan perbatasan Indramayu. Perlu Anda ketahui bahwa sebelum pantai ini mulai populer, di tempat tersebut pernah terjadi abrasi. Bahkan keadaan tersebut dibiarkan hingga puluhan tahun berlalu.

Namun seiring dengan waktu yang berjalan, masyarakat mulai melirik Pantai Plentong sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Dengan banyak renovasi yang dilakukan, pantai ini memiliki wajah baru sebagai tempat wisata pilihan. Kini telah banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang bertandang ke Pantai Plentong Indramayu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Plentong

Daya Tarik Pantai Plentong
Image Credit: Facebook.com @kangenplentong

1. Adanya Wahana Permainan Anak

Kawasan pantai memang menjadi tempat menyenangkan untuk dijadikan objek liburan keluarga. Apalagi untuk anak-anak yang masih ingin bermain. Nah, salah satu yang menarik dari pantai favorit Indramayu ini adalah adanya wahana permainan anak yang telah dibangun di kawasan tersebut.

Perlu Anda tahu, bahwa konsep pantai ini sebenarnya adalah untuk area wisata keluarga. Sehingga tidak heran ada banyak sekali wahana permainan di pantai ini. Bahkan ada berbagai stand permainan anak yang bisa dicoba. Sehingga liburan pun menjadi semakin berkesan.

2. Pemandangan Alam yang Eksotis

Seperti yang kita tahu bahwa liburan ke pantai memang yang dicari adalah suasana santai dan pesona alamnya. Begitupula di Pantai Plentong Indramayu yang memang memiliki kenampakan alam luar biasa indah. Panorama khas pesisir yang disajikan seakan membius siapa saja. Selain itu jika Anda memandang ke sekeliling, maka akan nampak udang juga tambak yang cukup banyak. Bahkan disitu juga terdapat area persawahan penduduk yang memang nampak asri.

BACA:  Pantai Sine Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Belum lagi kawasan rawa yang ada di beberapa titik. Pastinya Pantai ini akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Berjalan sedikit ke arah Timur mata akan disuguhkan dengan pemandangan jajaran pohon bakau yang nampak menghijau. Bahkan jumlahnya hampir masuk ribuan. Tentunya ini menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki pantai ini.

3. Panorama Matahari Terbit

Jika Anda berkunjung ke Pantai Plentong Indramayu pada dini hari. Maka Anda akan sangat beruntung karena dapat menyaksikan pesona alam berupa matahari terbit dari ufuk Timur. Di mana kejadian tersebut merupakan ciptaan Tuhan yang luar biasa memukau. Menjelang pagi hari, matahari menyembul sedikit demi sedikit untuk menerangi cakrawala.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Plentong

Image Credit: Instagram.com @oetophoto_

Pantai Plentong terletak di kawasan perbatasan Indramayu. Tepatnya adalah Ujung Gebang Pantai, Sukra, Kec. Sukra. Untuk Anda yang ingin mencapai lokasi tersebut bisa melewati beberapa rute yang ada. Agar tidak terlalu jauh Anda bisa melewati kawasan Pasar Sukra. Jika perjalanan Anda dimulai dari arah Cirebon maka setelah Pasar Sukra Anda bisa langsung belok kanan. Sedangkan bagi Anda yang datang dari arah Kota Jakarta ambil rute kiri.

Tidak sulit untuk menemukan kawasan pantai yang satu ini. Pasalnya sebelum memasuki wilayah Pantai Plentong Indramayu Anda bisa melihat sebuah gapura. Dari gapura tersebut Anda bisa langsung mengikuti petunjuk arah yang tertera. Ikuti saja dengan seksama petunjuk tersebut dan Anda akan sampai di wisata yang dituju.

Perjalanan menuju lokasi tidak terlalu sulit. Pasalnya kondisi jalanan sudah sangat mulus. Belum lagi pemandangan selama perjalanan yang tidak terlepas dari area persawahan penduduk. Sehingga Anda akan melihat berbagai aktivitas yang dilakukan warga setempat selama perjalanan berlangsung.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Plentong Indramayu

Harga Tiket Pantai Plentong Indramayu
Image Credit: Instagram.com @oetophoto_

Indonesia memang kaya akan kenampakan alam. Itu sebabnya sektor pariwisata Indonesia juga semakin maju. Selain itu adanya tempat wisata juga ikut menyumbang agar ekonomi masyarakat meningkat. Salah satu caranya adalah dengan adanya biaya restribusi untuk siapa saja yang ingin masuk kawasan ini.

Agar bisa akses segala spot yang ada di pantai, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, terdapat biaya parkir yang harus ditanggung. Untuk kendaraan bermotor sekitar Rp 3000. Untuk yang membawa mobil biasanya dikenakan biaya Rp 5000.

BACA:  10 Wisata Pantai di Dekat Bandung yang Paling Hits Buat Liburan

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Plentong

Aktivitas di Pantai Plentong
Image Credit: Google Maps (pantai Plentong Ujunggebang)

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Plentong Indramayu dijamin tidak akan bosan. Pasalnya di sini terdapat berbagai aktivitas yang dapat dilakukan untuk menyenangkan hati. Sehingga liburan Anda pun akan terasa menyenangkan. Beberapa kegiatan menarik di Pantai ini.

1. Menaiki ATV Bersama Keluarga

Selain Wahana permainan air, kegiatan darat yang bisa dilakukan selama berada di pantai ini adalah menaiki ATV. ATV merupakan kendaraan yang biasanya digunakan untuk aktivitas pantai. Jadi anda bisa berkeliling bersama anak dengan menaiki kendaraan ini.

Apalagi dengan kawasan pantainya yang luas, Anda pun bisa dengan leluasa menyusurinya. Adanya tempat penyewaan Atv ini tentu saja agar pengunjung betah berlama-lama di Pantai Plentong Indramayu.

2. Sepeda Air

Aktivitas air di pantai ini memang sangat beragam. Salah satunya adalah menaiki sepeda air. Namun wahana yang satu ini tidak untuk digunakan pada kawasan lautnya. Lebih tepatnya di sekitar kawasan pantai telah dibuat sebuah waduk mini. Di atas perairan waduk inilah sepeda air dapat digunakan.

Sepeda air di waduk mini memang aktivitas yang menyenangkan, apalagi untuk anak-anak yang memang sangat suka bermain air. wahana sepeda air ini sangat diminati oleh pengunjung. Baik dari anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Meski begitu tetap ada tarif sewa untuk bisa menaikinya.

Dalam satu waktu penyewaan, sepeda air hanya boleh digunakan untuk dua putaran saja. Anda harus mengayuh alat tersebut untuk menyusuri kawasan waduk. Satu sepeda air biasanya diisi oleh 4 orang.

3. Menaiki Banana Boat

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di wisata Pantai Plentong adalah menaiki wahana berupa banana boat. Aktivitas ini sangat cocok untuk Anda yang suka kegiatan ekstrim terutama yang objeknya adalah air. Rasakan sensasi mengelilingi laut dengan menaiki perahu karet berbentuk pisang.

Seperti wahana banana boat pada umumnya, di bagian depan terdapat tali yang sudah terhubung dengan kapal mesin. Jadi kapal mesin tersebut bertugas untuk menarik kapal plastik itu. Dijamin Anda akan suka dengan aktivitas ini. Merasakan air laut yang menyentuh telapak kaki, pemandangan alam sekitar, dan lain-lain.

4. Berenang

Berenang memang kegiatan yang tidak boleh ketinggalan selama berlibur ke pantai. Tidak terkecuali jika Anda melipir ke Pantai Plentong Indramayu. Dengan tekstur pasirnya yang lembut dan ombak yang tidak terlalu riuh, pengunjung bisa berenang di beberapa titik.

BACA:  19 Wisata Pantai di Tulungagung yang Paling Hits

Di pantai inilah pengunjung dapat tenang bermain air hingga puas. Pasalnya telah ada penjaga pantai yang siap siaga. Sehingga kegiatan berenang pun menjadi semakin aman dan menyenangkan.

5. Naik Perahu

Ingin menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda? Maka di kawasan pantai ini terdapat sebuah alat berupa perahu motor. Alat inilah yang sering kali menjadi objek sewa para pengunjung. Pasalnya dengan menyewa perahu motor Anda bisa leluasa mengelilingi area laut Pantai Plentong.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Plentong

Penginapan Pantai Plentong
Image Credit: Pegipegi.com

1. Hotel Domestic

Hotel Domestic berjarak sekitar 15,3 KM dari lokasi Pantai Plentong. Di dalamnya telah tersedia berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung yaitu free Wifi dan area parkir gratis. Tersedia pula kamar dengan desain yang simpel dan unik.

2. Paris Day Hotel Pemanukan

Hotel terdekat selanjutnya adalah Paris Day Hotel Pemanukan. Dari wisata pantai ini jaraknya sekitar 13 KM. Hotel yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai tempat rehat setelah puas menikmati keindahan yang tersaji di pantai menawan di Indramayu. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah ruang untuk karaoke juga restoran yang pastinya free wifi.

3. Gaiya Asri Hotel

Gaia Asri Hotel memiliki pelayanan yang ramah dengan dekorasi ruangan yang pastinya begitu terstruktur. Dari kawasan pantai, penginapan yang satu ini berjarak sekitar 13,1 KM. fasilitas yang ditawarkan antara lain ruangan ber AC, parkir gratis, dan juga free wifi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Plentong Indramayu

Fasilitas di Pantai Plentong Indramayu
Image Credit: Google Maps (Anton Antoni)

Berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berada di Pantai Plentong Indramayu di antaranya adalah warung makan. Fasilitas tersebut sangat tepat untuk dikunjungi ketika stamina sudah habis sebab kebutuhan karbohidrat yang harus dipenuhi.

Di dalam warung makan tersebut Anda bisa menikmati berbagai hidangan laut yang pastinya lezat. Selain itu terdapat pula toilet untuk pengunjung. Bahkan ada juga area camping yang bisa digunakan untuk lokasi piknik kecil-kecilan.

Pantai Plentong di Indramayu memang menjadi lokasi wisata yang layak untuk dijadikan objek kunjungan. Apalagi untuk Anda penyuka aktivitas pantai serta suasana yang asri. Jangan lupa untuk memasukkan pantai cantik ini dalam list tujuan liburan Anda selanjutnya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending