Pantai Seruni Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Seruni Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Seruni salah satu wisata pantai hits di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang memiliki banyak spot foto dan dikelilingi bukit karang yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pantai Seruni, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang bisa memberikan pemandangan eksotis dan juga menawan. Perbukitan indah tersebut kerap kali menjadi salah satu momen yang selalu dinanti oleh banyak orang. Memiliki udara sejuk dan juga dingin membuat wisata Gunung Kidul diminati oleh banyak wisatawan lokal dan mancanegara.

Apalagi jika membicarakan keindahan dari pantai yang berada di Gunung Kidul. Pantai-pantai yang ada di kawasan tersebut memang berjajar sehingga sangat mudah dijangkau. Dan itulah mengapa banyak wisatawan yang rela datang ke kawasan Gunung Kidul.

Semakin berkembangnya teknologi, banyak para traveler muda yang menemukan pantai dengan keindahan yang pastinya masih sangat asri di Gunung Kidul, yaitu Pantai Seruni. Pantai ini memang terkenal karena foto keindahannya di posting di Instagram.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Seruni

Daya Tarik Pantai Seruni
Image Credit: Instagram.com @galihsan

Meskipun Pantai Seruni berjajar dengan beberapa pantai terkenal yang ada di Gunung Kidul, namun keindahan dari pantai ini baru terkenal beberapa tahun belakangan. Tapi yang pasti dari tahun ke tahun pantai ini selalu memiliki banyak wisatawan. Untuk itulah berikut ini penjelasan tentang daya tarik yang dimiliki oleh wisata tersebut:

1. Dikelilingi Bukit-Bukit

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini terdapat adanya perbukitan yang mengelilingi pantai tersebut. Jadi pantai cantik ini tersembunyi di balik perbukitan kapur. Sedangkan untuk akses jalan yang dapat ditempuh masih berupa tanah. Sehingga secara tak langsung Anda berada di situasi off road. Jika saja tidak berhati-hati maka kendaraan pun bisa tergelincir.

Kawasan perbukitan memang memiliki lintasan yang sangat menantang dan cukup berliku-liku. Pada bagian ujung jalan, Anda bisa dengan mudah melihat panorama dari laut. Pastinya Anda sudah tak sabar untuk menuju kesana.

Pantai Seruni memang menjadi salah satu pantai yang cukup sempit bahkan bentuknya menjorok ke dalam yang hampir menyerupai Teluk kecil. Pada bagian sebelah kanan dan juga kirinya terdapat bukit dan juga tebing karang sehingga membuat pemandangan dari pantai ini tidak ada tandingannya.

2. Keunikan Biota Laut

Seperti yang sudah diketahui jika pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul mempunyai ciri khas yang sangat menarik. Seperti halnya Pantai Seruni yang mempunyai kondisi pasir putih tentukan hamparan formasi batu karang yang berada di garis pantai.

Pada area inilah biasanya wisatawan bisa dengan mudah menemukan berbagai macam habitat laut yang sebelumnya belum pernah dijumpai. Di area ini wisatawan bisa dengan mudah melihat celah kerang.

Apalagi air lautnya sangat bersih dan juga jernih. Tentukan jika banyak sekali biota laut yang meramaikan kawasan perairan pantai ini. Bukan hanya ikan saja, lamun spesies dari rumput laut durian terdapat bulu babi yang tentunya akan membuka penglihatan Anda.

3. Terdapat Bukit Pantai Seruni

Pada saat Anda sudah sampai ke pantai tersebut, maka akan disuguhkan oleh keunikan lain. Yaitu Bukit Pantai Seruni yang bertempatkan di atas tebing pada bagian sisi Timur. Bukit ini sendiri adalah spot yang paling favorit bagi wisatawan yang datang.

Sebab dari sinilah, wisatawan bisa melihat panorama pantai dan juga laut yang sangat luas. Kondisi dari bukit ini sendiri ditutupi oleh adanya hamparan rumput hijau yang sangat nyaman. Jadi tak heran banyak sekali wisatawan yang membuat bukit ini menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati pemandangan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Seruni

Alamat Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps (pintu ajaib)

Alamat wisata pantai ini di Kabupaten Gunung Kidul, Desa Tepus yang jaraknya sekitar 70 km jika dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke lokasi Pantai tersebut, terdapat dua rute yang harus dapat Anda lalui.

Yang pertama yaitu dari Yogyakarta kemudian bangun juga arah Wonosari. Kemudian Anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang yang memberikan info menuju Pantai Baron. Baru setelah itu Anda melewati beberapa pantai yaitu Pantai Kukup, Pantai Krakal Indrayanti baru setelah itu Anda bisa sampai ke Pantai Seruni.

Sedangkan untuk rute yang kedua setelah dari Wono Sari Anda bisa langsung menuju ke desa Tepus. Sehingga Anda bisa langsung sampai ke lokasi pantai. Memang rute untuk pantai ini hampir sama dengan rute yang menuju ke Pantai Pok Tunggal.

Untuk bisa masuk ke Pantai Seruni, para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Tenang saja karena semua pantai yang ada di Gunung Kidul memiliki tarif tiket masuk yang cukup murah. untuk pantai ini sendiri hanya mengeluarkan biaya Rp 10.000 untuk 1 orang.

Tapi ketika para pengunjung membawa kendaraan sendiri saat berkunjung kesana. Maka akan dikenakan biaya parkir, untuk kendaraan roda dua biaya parkirnya sebesar Rp 3.000, sedangkan Untuk kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Seruni

Aktivitas di Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps (Daniel Dicky)

1. Bersantai di Tepi Pantai

Pantai Seruni ini memang menjadi salah satu wisata yang masih sangat jarang terjamah oleh manusia. Lokasinya sendiri juga bersebelahan dengan Pantai Watunene sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai.

Wisatawan yang tidak suka dengan keramaian maka bisa memilih berkunjung ke pantai yang satu ini. Anda pun bisa bersantai dengan nyaman sembari melihat pemandangan indah yang tersaji di kawasan pantai ini.

2. Bermain Sepakbola

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan adalah bermain sepak bola. Dikarenakan pantai ini belum terjamah oleh banyak orang sehingga kondisi dari pantainya pun masih baik. Misalnya saja pasti dari pantai ini masih sangat halus dan sangat cocok jika digunakan sebagai tempat untuk bermain sepak bola.

3. Memancing

Nah, untuk Anda yang mempunyai hobi memancing maka Anda bisa melakukan kegiatan tersebut di Pantai Seruni. Karena memang pada bagian timur menjadi salah satu spot memancing yang paling diminati oleh banyak orang. Jadi tak ada salahnya jika Anda melakukan kegiatan memancing tersebut di pantai ini.

Perlu Anda ketahui spot memancing yang ada di kawasan tersebut memiliki air tawar yang mengalir tidak terlalu deras. Sehingga banyak sekali ikan yang hidup di area air tawar tersebut.

4. Berburu Foto Keren

Seperti yang sudah kita ketahui jika pantai ini memiliki beberapa spot foto kece yang pastinya tidak bisa dilewatkan. Dimulai dari area perbukitan, area terumbu karang dan masih banyak lagi. Dengan latar belakang kondisi alam yang masih sangat asri, Anda bisa mendapatkan hasil foto terbaik dan sangat cocok jika di aplikasi sosial media.

5. Camping

Kawasan Pantai Seruni ini memang sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat berkemping. Bagi wisatawan yang ingin melakukan camping dengan keluarga ataupun teman maka harus menambah biaya sekitar Rp 5.000 yang pastinya Anda akan bisa menikmati suasana malam di pinggir pantai.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Image Credit: Airbnb.co.id

1. Embun Segoro Homestay

Penginapan yang dekat dengan Pantai Seruni merupakan Embun Segoro Homestay yang sangat menakjubkan. Karena Anda bisa melihat pemandangan indah dari lautan samudra Hindia yang memiliki ombak menantang.

Untuk area kamar tidurnya sendiri memang sangat bersih dan telah dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Yang pasti Anda bisa merasa nyaman ketika beristirahat di penginapan yang satu ini.

2. Inessya Resort

Keistimewaan dari penginapan yang satu ini adalah terdapat infinity pool yang berada di bibir tebing yang berlatar belakang indahnya Samudra Hindia. Pasti ini akan menjadi salah satu penginapan terbaik dan sangat cocok jika dipilih untuk pasangan yang berbulan madu.

3. Villa Alcheringa

Kamar dari villa ini menampilkan keindahan dari pemandangan pantai, sehingga Anda pun bisa dengan puas melihat dari balkon kamar Anda. Vila ini memiliki banyak fasilitas dimulai karaoke, peminjaman sepeda gratis, jacuzzi dan juga terdapat restoran.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Seruni Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Seruni Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Ary Triyahya)

Wisatawan yang datang ke Pantai Seruni tidak perlu cemas, karena sudah banyak fasilitas yang memadai di wisata tersebut. Terdapat beberapa toilet yang bisa digunakan untuk pengunjung jika ingin berganti pakaian setelah bermain air.

Para pengunjung juga bisa dengan mudah menemukan warung makan yang berada di sekitaran pinggir pantai. Yang mana warung makan tersebut dibangun berjejer dengan latar belakang perbukitan. Jadi Anda bisa menikmati makan sembari melihat pemandangan.

Bagi wisatawan lokal yang beragama Islam tidak perlu khawatir karena pengelola pantai juga menyediakan mushola yang selalu memiliki kondisi bersih. Yang akan memudahkan Anda ketika ingin beribadah, jadi sudah tidak perlu lagi terlambat untuk melakukan sholat.

Demikianlah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai Pantai Seruni yang ada di Gunung Kidul. Jika Anda tertarik untuk datang, pastikan menyiapkan kondisi tubuh yang fit untuk menjelajahi area pantai tersebut. Dijamin Anda juga tidak akan menyesal jika sudah memasuki Pantai Seruni.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending