Pantai Surumanis Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Surumanis Kebumen

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Surumanis salah satu pantai yang eksotis dan asri di Kebumen. Pantai khas laut selatan yang memiliki spot keren dan menantang.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Betah, Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Panorama daerah pantai selatan memang terkenal memiliki keindahan yang menakjubkan. Selain itu, pantai selatan juga dikenal memiliki ombak yang besar dengan pasir putih dan batu karang eksotis. Nah, salah satunya adalah Pantai Surumanis Kebumen ini. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi di ujung Selatan Kebumen dan masih termasuk destinasi wisata baru dengan keasrian yang masih terjaga.

Seiring berjalannya waktu, objek wisata ini menguak dan terkenal dikalangan masyarakat milenials. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang memposting foto dengan berlatarbelakangkan keindahan pantai yang khas akan bebatuan pantai selatan.

Meskipun destinasi wisata pantai ini terkesan masih sangat baru di Kebumen, namun keeksotisan pantainya mampu membius siapapun yang datang berkunjung. Pantai Surumanis memiliki panjang sekitar 600 meter dengan tebing yang tampak hijau asri dengan karang yang tersebar di sepanjang garis pantainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Surumanis

Daya Tarik Pantai Surumanis
Image Credit: Twitter.com @lintaskebumen

Pantai ini memiliki keeksotisan pantai tersembunyi yang sangat memukau. Disini Anda akan merasakan surga yang tersembunyi dengan segala keindahannya. Segalanya masih sangat terasa asri dan alami. Dengan belum ada banyak pengunjung yang datang membuat pantai ini masih sangat bersih dari sampah.

Dengan kondisi pantai yang masih sepi inilah yang membuatnya tampil begitu memukau dengan keasrian dan kealamiannya. Disinilah letak daya tarik dari Pantai Surumanis bagi para wisatawan.

1. Spot Foto Corner

Disini, akan terlihat beberapa spot foto corner yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk para wisatawan yang ingin berswafoto. Spot foto corner ini tentunya akan memberikan hasil foto yang instagramable.

Tidak hanya spot foto corner, pada bagian lain di pantai ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Dengan pengambilan angle foto yang pas dan background yang begitu eksotis pastinya akan menghasilkan foto yang sangat keren.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke pantai lalu berswafoto di spot foto corner ini kemudian mempostingnya pada laman media sosialnya. Inilah yang membuat Pantai Surumanis mulai dikenal oleh masyarakat luas akan keindahannya yang masih sangat alami dan asri.

2. Bentuk Pantai Seperti Teluk

Tahukah Anda bahwa bentuk dari pantai ini menyerupai sebuah teluk? Ya, inilah yang menyebabkan tempat ini memiliki ombak kecil yang jinak. Karenanya ombak sudah lebih dulu terpecah oleh adanya bebatuan yang tersebar di sepanjang bibir pantainya.

Inilah salah satu daya tarik yang cukup memanjakan para wisatawan untuk datang kembali ke lokasi wisata ini.

3. Perbukitan Hijau

Disekitaran pantai, ada perbukitan yang masih terlihat hijau. Adanya perbukitan ini menambah asri suasana pantai. Dengan kondisi wisata yang masih sepi, membuat Anda merasa nyaman dan tenang berada disini. Sehingga Anda akan merasa lebih santai dalam menikmati liburan ke Pantai Surumanis ini.

Berwisata ke Pantai Serumanis ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Meskipun untuk mencapai pantai dibutuhkan upaya lebih, namun ketika sampai nantinya segala lelah akan terbayar dengan keindahan pantai yang menawan.

Daya Tarik dari Pantai Surumanis
Image Credit: Instagram.com @oriletsa_osa

4. Batuan Karang yang Eksotis

Tidak hanya itu, di sepanjang bibir pantainya Anda akan disuguhi pemandangan dari hamparan batuan karang yang eksotis khas akan bebatuan pantai selatan. Batuan karang ini juga bisa Anda jadikan pelengkap foto Anda. Selain itu, hamparan pasir pantai yang berwarna kehitaman ini juga begitu indah jika dijadikan latar belakang foto Anda.

5. Lanskap Pemandangan Diatas Bukit

Di pantai ini, Anda bisa melihat indahnya panorama pantai dengan berbagai sudut pandang dari atas bukti. Disini Anda bisa dengan leluasa menikmati indahnya panorama alam pantai yang menakjubkan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Surumanis

Rute Pantai Surumanis
Image Credit: Google Maps (Umi N. Triana)

Tahukah Anda bahwa alamat dari wisata Pantai Surumanis ini memiliki nama kecamatan yang unik? Ya, wisata bahari ini terletak di Kecamatan Ayah. Tepatnya di Desa Pasir, Kebumen. Lokasi wisata pantai ini ternyata bersebelahan dengan wisata lain pada bagian timurnya, yakni Pantai Pacaron.

Untuk sampai ke tempat tujuan wisata pantai ini, Anda harus melewati jalur perbukitan yang cukup terjal. Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, pastikan dulu bahwa kendaraan dalam kondisi baik agar tidak terkendala ketika dalam perjalanan naik turun bukit.

Perjalanan ini akan sangat melelahkan dan menantang, karena perbukitannya sangat terjal dan jalanannya pun kondisinya belum layak. Tidak hanya kondisi kendaraan yang perlu diperhatikan, namun juga kondisi kesehatan tubuh Anda. Karena dengan perjalanan yang penuh dengan perjuangan seperti ini membutuhkan fisik yang prima.

Untuk mencapai lokasi wisata, ada beberapa rute yang harus Anda ikuti. Jika Anda datang dari kota Kebumen, maka Anda langsung mengambil jalan yang menuju ke arah Pantai Petahanan, lalu ke arah Pantai Suwuk, lanjut menuju kearah Pantai Karang Bolong.

Perjalanan dilanjutkan menuju kearah Pantai Ayah, lalu tinggal mengikuti jalan saja hingga sampai ke Pantai Pasir. Nah, disini bila Anda sudah menemukan tanjakan yang sangat terjal dan menikung tajam, maka Anda akan melihat gerbang dari Pantai Pacoran.

Dari sini Anda diharuskan untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 km untuk mencapai Pantai Surumanis. Benar-benar perjalanan yang melelahkan dan penuh perjuangan, bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis Kebumen

Harga Tiket Pantai Surumanis
Image Credit: Google Maps (Kojeks)

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan surgawi dari pantai ini, maka Anda bisa membeli tiket masuknya terlebih dahulu. Untuk tiket masuk sebagai retribusi, Anda cukup membayarkan uang sebesar 5 ribu rupiah saja.

Nah, bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor, biaya parkirnya sebesar 2 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk mobil, biaya parkirnya adalah 5 ribu rupiah.

Biaya retribusi tiket masuk wisata pantai ini digunakan oleh pihak pengelola untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di wisata pantainya. Tidak hanya itu, uang tersebut juga digunakan untuk ongkos kebersihan lokasi wisatanya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Surumanis

Aktivitas di Pantai Surumanis
Image Credit: Google Maps (Itah Hank_Official)

Berlibur ke Pantai Surumanis ini Anda bisa melakukan banyak sekali kegiatan menarik. Kegiatan ini terbilang sama dengajnketika Anda berlibur ke wisata pantai pada umumnya.

1. Berfoto di Spot Corner

Disini, Anda bisa berfoto ria dengan berbagai spot foto corner yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar lokasi wisata semakin hidup dan lebih mudah dikenal masyarakat luas ketika diposting di media sosial manapun.

Selain itu juga masih banyak area lain dengan spot foto yang tidak kalah menariknya. Asalkan Anda pintar mencari spot yang dirasa instagramable dan angle yang pas.

2. Bermain Pasir Pantai

Sama halnya dengan berlibur ke pantai, disini Anda juga bermain pasir pantai. Mulai dari membuat castil, membenamkan diri di pantainya, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Menikmati Pemandangan Diatas Bukit

Di sekitaran area pantai, terdapat bukit yang bisa Anda lalui untuk sampai keatas bukitnya. Diatas bukit Anda bisa menikmati hamparan pesona keindahan Pantai Surumanis dari atas. Disini, Anda bisa menikmati keindahan alam wisata pantai dari segala sudut pandang.

4. Berkemah

Kegiatan menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur ke pantai adalah berkemah. Camping di pinggiran pantai selalu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika dilakukan bersama-sama dengan rekan atau keluarga.

Dengan berkemah di pinggiran pantai, Anda akan merasakan sensasi tersendiri. Anda bisa menikmati semilir angin malam lautan, hingga menikmati keindahan sunset atau sunrise di pagi harinya. Tidak lupa juga Anda bisa membakar ikan dengan membuat api ungun di dekat perkemahan.

5. Berenang

Berenang merupakan salah satu kegiatan paling menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai. Anda juga bisa hanya bermain air dipinggirannya saja. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua pantai bisa digunakan untuk berenang, ya. Anda perlu melihat dulu apakah air lautnya serta ombaknya bersahabat untuk digunakan berenang atau tidak.

6. Olahraga Pantai

Jika Anda berlibur ke pantai, hal paling seru untuk dilakukan jika bersama dengan rekan adalah melakukan olahraga pantai. Bisa voley pantai atau sepakbola pantai. Bisa juga bermain bola didalam pantainya.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Surumanis

Penginapan Dekat Pantai Surumanis
Image Credit: Booking.com

Jika Anda merasa lelah dengan semua kegiatan selama berlibur di Pantai Surumanis ini dan enggak untuk pulang atau berkemah di tepian pantainya, maka Anda bisa menginap di hotel atau penginapan yang berada di sekitaran atau terdekat dari lokasi wisata.

1. Pantai Suwuk River View Bungalow

Penginapan terdekat dengan area wisata di Kebumen ini adalah Pantai Suwuk River View Bungalow. Letaknya di Kabupaten Tambakmulyo, Kebumen. Jarak antara penginapan dengan bungalow adalah sejauh kurang lebih 4.63 km.

2. RedDoorz near Goa Jatijajar

Rekomendasi penginapan berikutnya terletak di Kecamatan Ayah, Kebumen. RedDoorz near Goa Jatijajar ini berjarak sekitar kurnag lebih 11.87 km dari area wisata pantai.

3. Candisari Hotel dan Resto

Untuk Candisari Hotel dan Resto ini memiliki jarak 21.81 km dari kawasan wisata Pantai Surumanis Kebumen. Letak dari penginapan ini adalah di Karanganyar, Kebumen. Harga menginap untuk satu malamnya sekitar 380 ribu-an.

4. Maleo Kostel Swakarya

Maleo Kostel Swakarya merupakan penginapan dengan lokasi yang sedikit jauh dari kawasan pantai, yakni berjarak sekitar 23.92 km dari pantai. Hotel Maleo terletak di Selman, Yogyakarya. Untuk harga menginap per malamnya adalah sekitaran 190 ribu-an.

5. Garuda Hotel

Rekomendasi penginapan terakhir adalah Hotel Garuda yang jaraknya 26.1 km dari area pantai ini. Hotel ini terletak lumayan jauh, yakni di Purwokerto.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Surumanis Kebumen

Fasilitas di Pantai Surumanis
Image Credit: Facebook.com @kebumenkab

Pantai Surumanis memiliki fasilitas penunjang yang lumayan lengkap untuk memanjakan para pengunjung yang datang berlibur.

1. Wahana Baru

Jika berlibur ke pantai eksotis ini, Anda akan disajikan dengan beberapa wahana baru seperti rumah pohon, jembatan setengah lingkaran, goa yang berhadapan langsung dengan pantai, serta wahana burung elang.

2. Spot Foto Corner

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berfoto ria di area spot foto corner yang telah disediakan untuk menunjang hasil foto Anda agar terlihat lebih instagramable.

Inilah keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Surumanis di Kebumen. Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai ini, harap untuk mempersiapkan fisik yang stabil dan kendaraan yang berkondisi baik. Karena mengingat perjalanannya begitu ekstrim.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending