Pantai Suwuk Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Suwuk Kebumen

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Suwuk termasuk salah satu pantai yang memukau di Kebumen berbatasan dengan Karangbolong. Pantai yang menyuguhkan pemandangan pegunungan dengan tiga bukit menjulang.

Harga Tiket: Rp 4.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Suwuk merupakan pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Kabupaten Kebumen. Pantai yang berada di Kebumen ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain, yakni pasir pantainya yang berwarna coklat kehitaman.

Pantai indah ini memiliki bibir pantai yang panjang serta landai. Tidak heran jika tempat wisata ini menjadi salah satu yang paling populer di daerah Kebumen. Pantai Suwuk ini ternyata berbatasan langsung dengan dengan Pantai Karangbolong dan Samudra Hindia.

Dari pantai ini juga Anda bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan berhiaskan tiga bukit yang menjulang tinggi. Hamparan pantainya begitu panjang serta udaranya juga cukup sejuk sehingga membuat banyak pengunjung yang datang hanya untuk menikmati kesejukan pantainya saja. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Suwuk

Daya Tarik Pantai Suwuk
Image Credit: Twitter.com @bambangirwant12

Masing-masing tempat wisata tentunya memiliki daya tariknya masing-masing. Tak terkecuali dengan Pantai Suwuk ini. Pantai yang dikenal menjadi salah satu destinasi favorit di daerah Kebumen ini memiliki segudang daya tarik.

1. Pasir Pantai Unik Berwarna Coklat Kehitaman

Pantai ini memiliki ciri khas khusus yakni pasir pantainya yang berwarna coklat kehitaman. Berbeda dengan pantai lain yang memiliki pasir pantai berwarna putih atau coklat susu. Perbedaan inilah yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tidak jarang para wisatawan ini duduk di pinggiran pantainya sambil bermain pasir. Tidak hanya itu, sesekali para wisatawan juga mengabadikan momen terbaik itu dengan pengambilan gambar melalui foto.

2. Memiliki Bangkai Pesawat Garuda Boeing 737

Tahukah Anda bahwa di Pantai Suwuk ini ada sebuah bangkai kapal yang terdampar? Ya, di sekitaran pantai terdapat sebuah bangkai kapal dari pesawat garuda tipe boeing 737. Namun, bangkai pesawat ini bukanlah pesawat asli yang terjatuh dan mendarat disini.

BACA:  Pantai Watu Bale Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pesawat ini memang sengaja dibangun untuk dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan didalam pesawat ini. Salah satunya adalah untuk kebutuhan fotografi.

Ada juga hal menarik lain yang bisa Anda temui didalam pesawat, yakni adanya pemutaran film 3D dengan durasi 20 menit. Pertunjukan film ini bisa dilihat oleh siapa saja dan gratis. Didalam pesawat juga terdapat ruangan pilot dan co-pilot yang bisa Anda nikmati secara bebas.

3. Kolam Anak di Bawah Bangkai Pesawat

Ternyata, di bagian bawah pesawat terdapat sebuah kolam renang yang dikhususkan bagi anak-anak. Jadi, ketika Anda pergi berlibur ke Pantai Suwuk ini dengan buah hati, Anda bisa mengajaknya untuk berenang di kolam khusus yang berada di bagian bawah dari bangunan pesawat tersebut.

Daya Tarik dari Pantai Suwuk
Image Credit: Google Maps (Sahlan Jetbox Motovlog)

4. Sungai Telomoyo yang Indah

Pada bagian depan pintu masuk kawasan pantai ini, ada sebuah aliran sungai yang bernama Singai Telomoyo. Sungai Telomoyo ini termasuk dalam kategori muara. Sehingga sering disebut dengan Muara Sungai Telomoyo.

Adanya sungai di daerah wisata pantai tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Terlebih bagi wisatawan yang menyukai kegiatan memancing. Anda bisa datang ke pantai ini hanya untuk memancing di area Muara Sungai Telomoyonya.

5. Ada Kolam Pemancingan di Sungai Telomoyo

Nah, ternyata di area sungai juga memiliki sebuah kolam pemancingan yang dibuka untuk umum. Jika Anda merasa bosan bermain di pantai, Anda bisa menarik diri keluar pintu masuk pantai dengan mengunjungi Muara Sungai Telomoyo yang ada di bagian sebelah barat dari area pantai.

Disini ada kolam pemancingan yang memang dibangun khusus untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

6. Kebun Binatang Mini

Ternyata, di kawasan wisata pantai juga dibangun sebuah kebun binatang mini. Kebun binatang mini ini dihuni oleh beberapa hewan jinak yang bisa Anda nikmati selain menikmati panorama pantainya yang indah. Sungguh, begitu banyak daya tarik dari Pantai Suwuk ini.

Di pantai ini, wisatawan dilarang untuk mandi di kawasan pantainya. Hal ini disebabkan oleh kemiringan bibir pantai hingga 35 derajat yang membuatnya lebih curam dari pantai lainnya. Tidak hanya itu, ombak di pantai ini juga cukup besar dengan arus balik yang sangat kuat.

Meski tidak bisa digunakan untuk mandi dan bermain air di pantainya, namun pantai ini hadir dengan panorama yang indah. Perpaduan antara pasir pantainya yang hitam ditambah dengan birunya air laut serta hijaunya perbukitan membuat keindahannya semakin lengkap.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Suwuk

Alamat Pantai Suwuk
Image Credit: Facebook.com @asliwongkebumen

Pantai cantik ini terletak di Dusun Suwuk Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah. Nama pantai ini diambil dari nama dusunnya sendiri, yakni Suwuk. Pantai ini berada sekitar 22 km dari selatan kota Gembong. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju ke wisata pantai ini sekitar 35 menit perjalanan.

BACA:  15 Wisata Pantai di Kebumen yang Paling Hits

Jika Anda mengambil arah dari pusat Kota Kebumen, maka Anda akan menempuh jarak sekitar 50 km untuk menuju ke lokasi wisatanya. Waktu tempuh perjalanannya sekitar 1,5 jam. Untuk menuju ke pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga naik kendaraan umum yang cukup banyak tersedia.

Bagi Wisatawan yang datang dari arah Timur, bisa melalui jalur selatan atau melalui Jalan Deandles. Sedangkan untuk wisatawan yang datang dari arah Barat, bisa mengikuti jalan lurus ke arah pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk Kebumen

Harga Tiket Pantai Suwuk
Image Credit: Google Maps (Bintang 9 Journey)

Di pantai ini, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan keindahan panorama pantainya yang indah saja, melainkan juga akan dimanjakan dengan berbagai macam sarana rekreasi buatan berupa wisata edukasi serta rekreasi.

Nah, untuk menikmati semua itu, Anda akan dikenakan tiket masuk menuju ke wisata pantainya. Harganya sangat terjangkau. Yakni 4.500 rupiah saja untuk dewasa dan 2.500 rupiah untuk anak-anak. Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah ini tidak membuat lokasi wisata tidak terurus.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa lokasi wisata pantai ini sudah dikelola dengan baik yang dilengkapi fasilitas serta sarana dan prasarana yang sangat lengkap.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Suwuk

Aktivitas di Pantai Suwuk
Image Credit: Twitter.com @ngetwatngetwit

Jika Anda berlibur ke Pantai Suwuk ini, ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan di pantainya. Berikut ini akan diberikan referensi kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini.

1. Bermain Pasir Pantai

Kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke pantai ini adalah bermain pasir pantai. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pasir pantainya berwarna coklat kehitaman yang akan memberikan kesan berbeda dari wisata pantai lainnya.

2. Melakukan Olahraga Pantai

Selain bermain pasir pantai, Anda juga bisa melakukan berbagai macam olahraga pantai seperti voley pantai, bola pantai, dan masih banyak olahraga pantai lainnya yang bisa Anda mainkan.

3. Memancing di Sungai Telomoyo

Sebelum memasuki pintu masuk ke wisata pantai ini, Anda bisa melihat keindahan Sungai Telomoyo yang ada pada bagian barat pantai. Disini, ada kolam pemancingan yang dibuka untuk umum. Nah, Anda bisa memancing berbagai macam ikan dan ukuran untuk kemudian dimasak dan dimakan di tempatnya atau bisa juga dibawa pulang.

4. Menjelajah Sungai Telomoyo dengan Perahu

Di Sungai Telomoyo ini juga terdapat persewaan perahu yang akan membawa Anda berkeliling menikmati keindahan sungai. Dengan ongkos 25 ribu rupiah, Anda sudah bisa puas berkeliling area sungai dengan melihat wisatawan lain yang sedang memancing.

5. Menyusuri Bibir Pantai dengan Kuda

Selain itu, Anda juga bisa menyusuri area bibir pantai dengan persewaan kuda yang disediakan. Ada juga persewaan sepeda tendem dengan kapasitas 4 hingga 6 orang yang siap membawa Anda berkeliling untuk menikmati keindahan pantainya.

BACA:  Pantai Gatra Malang Selatan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

6. Menikmati Sunset pada Senja Hari

Selain semua kegiatan menarik diatas, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset pada senja hari. Keindahan ini terlihat ketika matahari mulai terbenam di antara perbukitan dengan pendar cahaya berwarna kuning keemasan yang dipantulkan indah oleh air laut.

7. Menikmati Sarana Rekreasi Buatan

Wisatawan bisa berkunjung ke berbagai wisata buatan yang sengaja dibuat untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi kawasan Pantai Suwuk Kebumen ini. Sarana rekreasi buatan ini diantaranya adalah kebun binatang mini yang menyediakan berbagai hewan jinak yang ada, serta wahana permainan.

Tidak hanya itu, ada juga pesawat boeing 737 milik TNI AU yang merupakan buatan, pesawat Merpati Nusantara yang dibuat pada tahun 1986, serta helikopter C100 yang dibuat pada tahun 1987.

Penginapan Murah Dekat Dari Lokasi Pantai Suwuk

Penginapan Pantai Suwuk
Image Credit: Traveloka.com

1. Pantai Suwuk River View Bungalow

Penginapan yang pertama lokasinya sangat dekat dengan wisata pantai. Penginapan ini terkenal akan lokasinya yang strategis. Hadir dengan kamar besar, serta fasilitas yang lengkap membuat Bungalow ini banyak dipilih oleh wisatawan. Tarif untuk per malamnya mulai dari 150 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah.

2. Hotel Aman Karanganyar

Hotel Aman ini juga merupakan salah satu penginapan yang ada di sekitaran lokasi wisata ini. Tarif yang dibebankan mulai dari 200 ribu-an saja hingga 300 ribu-an untuk per malamnya.

3. Hotel Ungu

Untuk Hotel Ungu ini berada di Jalan Lingkar Selatan yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan jika akan menuju ke kawasan wisata pantainya. Tarif menginap per malamnya mulai dari 100 ribu-an hingga 200 ribu rupiah saja.

4. Hotel Wisma CK

Sama dengan Hotel Ungu, untuk Hotel Wisma. CK ini juga berada di pusat kota yang berarti membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk menuju ke wisata Pantai Suwuk. Untuk tarif per malamnya cukup murah, yakni mulai dari 50 ribu-an saja hingga 200 ribu-an tergantung dari tipe dan fasilitas kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Suwuk

Fasilitas di Pantai Suwuk
Image Credit: Google Maps (Imam Hidayat Family)

Pada kawasan pantai cantik di Kebumen ini ada banyak sekali wahana rekreasi yang disediakan untuk memanjakan para wisatawan yang datang. Mulai dari wahana permainan, kolam renang yang ada dibawah bangkai pesawat Boeing 737.

Terdapat pula wahana edukasi Helikopter C100 yang didatangkan langsung dari Dinas Pariwisata. Ada juga kebun binatang mini yang ada di sebelah barat pantai. Hadirnya berbagai wahana ini bisa menjadikan liburan Anda semakin seru.

Itulah ulasan tentang Pantai Suwuk yang bisa menjadi referensi menarik untuk Anda yang ingin berlibur ke Kebumen. Semoga bisa menjadi referensi menarik untuk liburan Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending