Pantai Widarapayung, Cilacap

Pantai Widarapayung, Cilacap

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sawah, Ladang, Sidayu, Kec. Binangun, Kab. Cilacap.
Map: Cek Lokasi

Kita patut bersyukur berada di Indonesia, sebab negara kita ini dikarunia keindahan yang tak terlukiskan. Anda bisa menemukan lautan yang luas, pegunungannya yang begitu kokoh menjulang, air terjun hingga berbagai keindahan alam yang mengagumkan. Pantai menjadi tujuan wisata yang tak pernah sepi peminatnya, begitu juga dengan Pantai Widarapayung yang berada di Cilacap ini. Meskipun tak dianugrahi pasir putih namun keindahannya tak boleh dilewatkan. Simak ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Widarapayung

Daya Tarik Pantai Widarapayung
Image Credit: Wonderfulcilacap.wordpress.com

Ketika Anda berada di Cilacap, Anda harus mampir dan menyempatkan untuk mengunjungi objek wisata alam satu ini. Begitu hari libur tiba, pantai yang menjadi andalan Cilacap ini tak pernah sepi pengunjung. Tak hanya cocok dijadikan wisata keluarga, muda mudi juga banyak yang menghabiskan waktu di pantai ini. Keindahan pantai satu ini bisa menjadi penghilang penat yang mujarab untuk Anda yang kebetulan sedang berlibur di Cilacap.

Memang pantai satu ini tak memiliki garis pantai yang luas tetapi,  justru disana letak keunikan yang dimiliki pantai satu ini. Pasir pantainya memang bukan pasir putih namun pasir di pantai ini bersih. Sehingga Anda bisa bebas bermain pasir ataupun berlarian di tepian pantainya. Mengingat khas pantai Selatannya memang begitu kental terasa di pantai  ini. Debur ombak yang menyambut Anda seakan memanggil untuk segera bersenang senang.

Daya Tarik Pantai Widarapayung Cilacap
Image Credit: Widarapayungwetan.sideka.id

Di sekitar pantainya, Anda bisa menemukan berbagai tumbuhan yang memberikan kesan rindang. Sehingga bersantai di pinggir pantai tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun tak begitu luas, namun ternyata pantai Pantai Widarapayung melewati 3 desa sekaligus, untuk itu jika ingin masuk ke area pantainya bisa melewati salah satu desa tersebut. Di pinggir pantai terdapat pondok yang dibuat dari daun kelapa, sehingga bisa dijadikan tempat istirahat.

Ketika bulan Sura, Di Pantai Widarapayung akan diadakan upacara adat yaitu sedekah bumi. Dimana ritual ini dilakukan sebagai tanda syukur atas semua berkah yang diberikan. Jika Anda kebetulan datang di bulan ini, maka Anda bisa berkesempatan melihat tradisi yang masih berjalan hingga saat ini. Ombak pantai satu ini terbilang besar, sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas selancar yang begitu menantang dan seru.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Widarapayung

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Widarapayung
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai ini berada di Desa Widarapayung, Kec. Binangun, Cilacap. Jaraknya dari pusat kota sekitar 35 km dan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda tiga. Karena pantai yang cantik ini membentang di tiga desa, maka tidak pas rasanya jika hanya menyebutkan satu rute saja. Masing masing desa tetap ada jalan untuk bisa menuju pantai Widarapayung ini. Namun untuk pintu utamanya berada di Desa Widarapayung Wetan.

Akses menuju pantai Widarapayung bisa dikatakan mudah untuk dijangkau. Sekalipun Anda tak membawa kendaraan pribadi, Anda tetap bisa sampai ke pantai menawan ini. Terlebih dahulu Anda harus mengambil transportasi kereta api  untuk menuju Stasiun Kroya. Jika sudah Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk tiba di pantainya. Karena memang lokasinya tak begitu jauh dari stasiun Kroya dan ada angkutan umum.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Purwokerto, maka Anda bisa melalui rute Jl. Banyumas Kroya. Dari jalan ini silahkan lajukan kendaraan Anda menuju Pasar Kato dan masuk ke arah pintu gerbang dari Pantai satu ini. Apabila Anda masih kurang yakin, Anda bisa memanfaatkan GPS yang ada di ponsel pintar Anda. Warga sekitar juga sudah akrab dengan keberadaan pantai satu ini, sehingga sangat mudah untuk menanyakan lokasinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Widarapayung

Harga Tiket Masuk Pantai Widarapayung
Image Credit: Wonderfulcilacap.files.wordpress.com

Berlibur ke Pantai Widarapayung, Anda tak perlu merogoh kantong Anda terlalu dalam. Mengingat Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp. 7500. Harga tersebut tentunya bukanlah harga yang mahal untuk melihat keindahan yang dimiliki oleh pantai satu ini. Justru sangat murah, sehingga wajar jika banyak orang yang menghabiskan waktu di tempat satu ini. Harga tersebut tentunya belum termasuk dengan parkir kendaraan.

Namun tenang saja, parkir kendaraannya juga tak dibandrol dengan harga yang mahal. Parkir akan dimulai dari Rp. 3 ribu saja, tergantung kendaraan yang Anda bawa. Untuk tempat wisata harga tersebut termasuk bersahabat. Harga yang telah disebutkan tentunya bisa berubah kapan saja tergantung dari kebijakan pengelola. Bisa juga harga mengalami kenaikan di hari hari tertentu, seperti libur nasional maupun ketika high session liburan.

Kegiatan Menarik di Pantai Widarapayung

Kegiatan Menarik di Pantai Widarapayung
Image Credit: Sindonews.com

Banyak orang yang beranggapan jika wisata ke pantai tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Padahal setiap pantai selalu memiliki keunikan tersendiri dan berbagai kegiatan menarik yang ditawarkan. Seperti yang ada di Pantai andalan Cilacap ini, selain bisa menikmati pemandangan yang mempesona Anda bisa melakukan banyak hal. Berjalan jalan di tepi pantai sambil sesekali mengambil dokumentasi juga termasuk kegiatan yang menyenangkan.

Pantai satu ini merupakan kawasan yang masuk zona surfing kelas Internasional. Ombaknya yang menantang memang sangat ideal untuk digunakan sebagai olahraga surfing yang potensial. Sehingga bagi Anda yang memang jago berselancar, tak ada salahnya untuk menjajal kegiatan yang menantang ini. Dan bagi Anda yang belum bisa berselancarpun tak perlu khawatir dan resah. Sebab di Pantai satu ini ada Surfing Club yang bisa membantu Anda.

Terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran agar bisa berlatih. Anda juga tak perlu membawa papan selancar, karena di pantai ini tersedia penyewaan. Jikalau Anda memang tidak tertarik, menyaksikan wisatawan lain berselancar juga menjadi keseruan tersendiri. Bagi Anda yang gemar fotografi, di pantai satu ini cocok untuk kegiatan hunting foto yang keren. Sehingga bisa sekalian mengasah kemampuan Anda nantinya.

Kegiatan yang tak kalah seru untuk dilakukan adalah berkuda atau naik delman. Memang di pantai satu ini ada kuda dan delman yang disewakan. Tentunya akan mengasyikkan menaiki delman atau kuda bersama keluarga. Tarif yang dibandrol untuk melakukan aktivitas ini tidaklah mahal. Seperti naik kuda yang dibandrol mulai Rp. 5 ribu saja untuk bisa berkeliling sekitaran pantai. Aktivitas naik delman atau berkuda ini hingga kini menjadi daya tarik wisatawan.

Jika Anda belum puas dengan berbagai aktivitas tersebut, berburu kepiting juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pasir yang ada di pantai satu ini memang merupakan habitat bagi kepiting. Sehingga Anda harus berhati hati agar tidak menyerang kaki Anda. Namun kepiting kepiting ini justru bisa diburu walaupun ukurannya kecil. Bagi Anda yang berlibur bersama buah hati tentunya bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Penginapan & Fasilitas di Pantai Widarapayung

Penginapan & Fasilitas di Pantai Widarapayung
Image Credit: Sindonews.com

Bagi Anda yang ingin berlama lama, Anda bisa menginap di sekitaran pantai Widarapayung Cilacap ini. Ada beberapa penginapan maupun hotel di daerah Kroya yang bisa Anda manfaatkan. Jaraknya tidaklah jauh jika ditempuh dari pantai, sekitar 1 km saja menggunakan kendaraan bermotor. Untuk penginapan di sekitaran 3 desa, hingga kini memang belum ada penginapan ataupun hotel. Sehingga hanya bisa bermalam di daerah Kroya.

Pantai yang indah ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Pihak pengelola memang memberikan fasilitas yang memadai sehingga membuat para pengunjungnya nyaman serta mudah. Seperti misalnya fasilitas lahan parkir yang luas, yang akan membuat pengunjung tidak kebingungan mencari lahan parkir. Terutama ketika musim liburan, pantai mempesona ini selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai kota.

Selain itu untuk kebutuhan toilet juga disediakan dan dalam keadaan yang bersih. Bagi Anda yang ingin bersantai di pinggir pantai juga bisa memanfaatkan gubug pantai maupun gazebonya. Setelah lelah bermain, tentunya nikmat duduk di gazebo sambil menikmati es kelapa muda maupun kudapan yang lainnya. Mengingat di pantai ini Anda juga bisa dengan mudah menemukan penjual makanan maupun minuman dengan harga yang bersaing.

Setiap pantai selalu memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tariknya. Meskipun terlihat sama yakni ada debur ombak, air dan pasir pantai, tetapi tetap saja ada keindahan tersendiri. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Pantai Widarapayung yang menjadi favorit warga Cilacap ini. Di pantai ini Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dan juga dilengkapi fasilitas yang memadai. Tertarik untuk berkunjung ke pantai satu ini?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending