Pulau Sempu Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Sempu Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Sempu sekeping surga bahari yang menakjubkan di Malang. Pulau kecil eksotis yang termasuk cagar alam menyuguhkan keindahan alam yang memesona.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Sempu adalah sebuah pulau yang terletak di daerah Samudera Hindia. Dengan permukaan tanahnya yang berbukit, tempat ini memiliki hamparan hutan hijau yang lebat dan begitu indah. Kemudian di dalam hutannya yang tidak dihuni oleh manusia, dapat ditemukan satwa-satwa liar seperti kancil, lutung, kera, kijang dan banyak lagi.

Tidak hanya kawasan hutannya yang menarik, Segara Anakan yang merupakan danau alam di pulau ini semakin menambah pesona dan siap menghipnotis pengunjung yang datang. Danau yang berbatasan langsung dengan laut dan hanya dipisahkan oleh batu karang ini memiliki warna biru kehijauan yang jernih dan menawan.

Karena keindahan dan kekayaan sumber daya alamnya tersebut Pulau Sempu ini dijadikan kawasan cagar alam yang dilindungi. Dan hanya yang sudah mendapatkan izin dari BBKSDA sajalah yang boleh berkunjung. Pengunjung juga diharuskan untuk tetap menjaga kebersihan area cagar alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sempu

Daya Tarik Pulau Sempu
Image Credit: Instagram.com @widyaawinda

Sebagai tempat cagar alam yang begitu dijaga, pulau dengan luas 877 hektar ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Banyak wisatawan yang menyebut tempat ini sebagai surga tersembunyi di Malang karena panorama yang ditawarkan tak kalah dari pulau-pulau lain. Pulau Sempu tidak hanya menonjolkan pesona daratannya saja tetapi juga danaunya.

1. Melewati Samudera Hindia

Selama perjalanan dengan perahu ke pulau ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan birunya Samudera Hindia yang luas dan menawan.

2. Segara Anakan, Laguna Indah Dalam Pulau

Danau yang berada di dalam pulau ini terbentuk karena ganasnya ombak laut selatan yang masuk melewati celah-celah lubang dinding karang yang melindungi pulau. Tempat yang memiliki sebuatan Blue Lagoon ini sangatlah memukau dengan warna danaunya yang biru kehijauan dan perpaduan terumbu karangnya yang beraneka ragam.

BACA:  Nusa Penida Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

3. Pemandangan Langit Berbintang

Jauh dari keramaian gedung-gedung tinggi di pulau Jawa membuat pemandangan langit malam di pulau ini begitu indah. Di cuaca yang cerah, Anda akan melihat jajaran bintang yang berkilauan di gelapnya langit dengan sangat jelas sekaligus menjadi penerangan selama berkunjung di dalam area pulau ini.

4. Tempat yang Cocok untuk Kegiatan-Kegiatan Outdoor

Berada di kawasan konservasi dimana alamnya benar-benar asri dan memiliki jalur berbukit sangat cocok untuk wisatawan yang senang dengan kegiatan naik gunung. Untuk berkemah di dekat danau pengunjung harus melewati jalur jalan setapak yang berbatu dan jauh di dalam hutan.

Daya Tarik Pulau Sempu Malang
Image Credit: Instagram.com @andinirachm

5. Perairan Pulau yang Jernih

Memiliki laguna air asin yang bebatasan langsung dengan laut malah memberikan pesona berbeda pada daerah perairan Pulau Sempu ini. Wisatawan dapat melihat dari airnya yang jernih bahwa tempat ini memiliki kekayaan terumbu karang dan ikan yang beraneka ragam.

6. Alam Dengan Kekayaan Hayati yang Luar Biasa

Pulau ini mempunyai kekayaan alam yang akan memukau pengunjung sepanjang perjalanan. Contohnya adalah ketapang, triwulan, bendo, waru laut, wadang, bakau, pandan dan masih banyak lagi. Apalagi banyak dari tanaman di tempat ini merupakan tanaman yang langka dan dilindungi, salah satunya pohon sempu, pohon yang menjadi asal mula nama pulau ini.

7. Dikelilingi Berbagai Jenis Kawasan Hutan

Tempat yang tidak dihuni oleh manusia ini memiliki ekosistem hutan yang berbeda, yaitu hutan tropis di dataran rendah yang menjadi kawasan hutan terbesar di pulau ini, hutan bakau dan hutan pantai.

8. Lokasi Berfoto yang Menawan

Pantainya yang putih dengan bebatuan alam yang berjejer di sekitar pulau, serta air danau dan laut yang jernih memantulkan hijaunya hutan di sekeliling pulau membentuk panorama mempesona yang sayang jika tidak diabadikan dalam jepretan lensa.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Sempu

Lokasi Pulau Sempu
Image Credit: Instagram.com @hd._aisya

Pulau yang merupakan cagar alam ini berada di selatan Jawa, tepatnya Desa Tambakrejo, desa yang berada di Sumbermanjing Wetan, sebuah kecamatan di Kabupaten Malang. Lokasinya dekat dengan Pantai Sendang Biru, tempat di daerah Malang Selatan yang terkenal dengan pasar lelang ikannya.

Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini sangat disarankan untuk membawa alat transportasi sendiri karena biaya transportasi akan menjadi lebih hemat lantaran jaraknya 69 km, cukup jauh dari pusat Kota Malang. Dari kota tersebut Anda cukup melanjutkan perjalanan ke Gadang.

Begitu Anda melihat Pabrik Gula Krebet dan sudah melewatinya, Anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang ada menuju ke arah Sendang Biru. Melewati Pabrik Pindad kemudian berbelok ke arah kiri dan mengikuti jalan menuju ke Turen. Setelah itu tinggal mengikuti jalan sepanjang 30 km yang berkelok dan menanjak melewati perbukitan di Sumbermanjing.

BACA:  Pulau Tinjil Pandeglang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Dari daerah Sumbermanjing, perjalanan masih cukup jauh karena ada 14 km lagi yang harus ditempuh untuk ke Pantai Sendang Biru. Disini Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan atau bertanya pada warga setempat. Begitu tiba di Sendang Biru, wisatawan hanya perlu pergi ke lokasi perahu penjemputan yang akan mengantar ke area Pulau Sempu.

Untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan umum, dari area Terminal Arjosari cukup berangkat menggunakan bemo bertanda AMG/AG ke area Terminal Gadang. Begitu sampai di Terminal Gadang perjalanan kemudian dilanjut dengan bus ke arah Turen, dan setelah tiba di Turen Anda cukup mencari angkutan umum ke daerah Sendang Biru.

Biaya Wisata ke Pulau Sempu Malang

Biaya Wisata Pulau Sempu Malang
Image Credit: Instagram.com @adam_elhamdanee

Untuk masuk ke daerah Pantai Sendang Biru wisatawan dikenakan biaya tiket masuk per orang sebesar Rp 5.000,- sedangkan biaya tiket masuk menuju ke Pulau Sempu dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-. Biaya ini belum termasuk dengan biaya sewa perahu yang digunakan untuk menyeberang ke daerah pulau cagar alam tersebut.

Penyewaan perahu menuju pulau dikenakan biaya per orang sebesar Rp 100.000,- dan satu buah perahu hanya dapat mengangkut 10 orang penumpang saja. Untuk wisatawan yang datang berkelompok akan mendapatkan biaya lebih murah karena perhitungan biayanya berganti menjadi pembayaran per keberangkatan.

Kemudian dikarenakan pulau ini merupakan sebuah tempat dengan berstatus cagar alam, tidak semua orang bisa datang ke area ini. Untuk berkunjung harus memiliki izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Sempu

Aktivitas di Pulau Sempu
Image Credit: Instagram.com @adyoprtm

1. Menikmati Pesona Samudera Hindia

Pulau yang harus didatangi dengan melewati laut yang luas ini menyuguhkan panorama Samudera Hindia yang biru dan luas. Selama perjalanan Anda tidak akan bosan karena dapat melihat pemandangan laut yang indah dari atas perahu.

2. Berpetualang di Ekosistem Hutan Dalam Pulau

Memiliki ekosistem hutan yang kaya dan jalur pendakian yang terbentuk oleh alam membuat pengunjung tidak hanya menikmati pemandangannya saja tetapi juga merasakan serunya berpetualang di dalam hutan.

3. Merasakan Hiking di Area Hutan yang Berbukit

Perjalanan di Pulau Sempu ini yang melewati area terjal dengan jalak setapak yang berbatu, berliku dan naik turun area perbukitan. Karena itulah untuk berkunjung Anda harus memiliki stamina yang besar dan dalam keadaan sehat. Hal ini juga cocok untuk Anda yang senang dengan kegiatan hiking.

4. Berkemah di Pinggir Danau

Dengan mengantongi izin, Anda dapat berkemah di area pantai di pinggir Segara Anakan bersama dengan kelompok pengunjung lain. Tempat berkemah ini tentu saja merupakan satu-satunya tempat yang diperbolehkan, serta merupakan tempat strategis untuk menikmati pemandangan danau, hutan dan birunya lautan yang mengintip dari balik karang.

5. Bermain Air di Danau

Jika air laut tidak pasang Anda dapat bermain-main air di dekat danau dan merasakan pasirnya yang putih bersih dan dilindungi dinding-dinding karang indah.

BACA:  Pantai Banyu Anjlok Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

6. Memandangi Ikan-Ikan dan Terumbu Karang yang Indah

Kekayaan alam lautnya yang tidak kalah dari kekayaan hutannya memberi nilai tambah pulau ini. Anda dapat melihat dari balik danau indahnya terumbu karang yang ada, serta beraneka ragam jenis ikan yang berenang bebas di airnya yang jernih.

7. Melihat Hamparan Bintang

Ketika berkemah di pulau, sewaktu malam tiba bintang-bintang akan terlihat bersinar begitu terang dan menjadi satu-satunya penerangan alam yang ada. Anda dapat menikmati lautan bintang di langit dan pantulan cahayanya yang dibiaskan oleh danau Segara Anakan.

8. Berfoto

Tempat yang terkenal dengan keindahan alamnya ini sangat cocok untuk diabadikan dalam potret kamera. Apalagi pemandangan sore dan malam di Pulau Sempu yang luar biasa dengan pantulan cahaya bintang sangat indah ketika tertangkap dalam foto.

9. Ikut Melestarikan Alamnya

Bagi para wisatawan yang tetap ingin berkemah di area cagar alam ini, Anda dapat ikut melestarikan alamnya dengan tidak membuang sampah-sampah tersebut dengan alasan apapun. Ikut membawa kembali sampah yang Anda bawa selain membuat ekosistem alam sekitar tidak rusak juga sebagai bentuk rasa cinta kepada lingkungan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sempu Malang

Fasilitas di Pulau Sempu Malang
Image Credit: Instagram.com @rikihadiansa

Wisatawan tidak akan menemukan penginapan di sekitar Pulau Sempu karena pulau ini sendiri sebenarnya bukanlah sebuah tempat wisata melainkan tempat cagar alam yang tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, untuk pengunjung yang ingin merasakan rasanya bermalam di area pulau ini bisa membawa peralatan berkemah sendiri.

Tentu saja untuk berkemah di sana tidaklah gratis, Anda harus membayar sebesar Rp 20.000,- per orang dan biaya tambahan Rp 5.000,- per malam untuk penitipan kendaraan di daerah Sendang Biru.

Untuk wisatawan yang berniat untuk bermalam di tempat ini disarankan membawa perlengkapan logistik seperlunya saja, carrier, tenda, jas hujan, botol, nesting dan juga kantong plastik sebagai tempat sampah yang nanti harus dibawa pulang demi menjaga kelestarian di pulau cagar alam ini.

Dikarenakan Pulau Sempu yang sebenarnya merupakan cagar alam dan tidak boleh sembarangan di kunjungi apalagi digunakan sebagai tempat berwisata, tempat ini tidak memiliki fasilitas yang mumpuni dan benar-benar hanya bergantung dengan alam dan persediaan yang pengunjung bawa saja.

Fasilitas yang mungkin terlihat cukup jelas adalah perahu penyeberangan yang akan menjadi alat transportasi dari pantai ke pulau ini, tempat penitipan kendaraan dan pemandu-pemandu lokal yang bisa ditemui di Pantai Sendang Biru.

Meski memiliki medan yang cukup menantang, semua hal melelahkan tersebut akan lunas ketika wisatawan melihat pemandangan laguna yang begitu biru dan memukau di tengah pulau. Untuk Anda yang pertama kali datang, ada baiknya untuk berwisata dengan menyewa pemandu agar perjalanan lebih aman.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending