10 Wisata Pantai di Lamongan yang Paling Hits

Wisata Pantai Lamongan

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Lamongan, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Lamongan.

Kabupaten Lamongan membentang di garis pantai sepanjang 47 km yang membuat wilayah ini memiliki wilayah perairan laut seluas 902,4 km2 . Hal tersebut membuat kota yang terkenal dengan kuliner soto ini, memanfaatkan luas pantainya untuk menjadi potensi destinasi wisata menarik yang mampu mendatangkan banyak wisatawan.

Lamongan memang menjadi salah satu daerah yang diberkahi dengan banyak wisata bahari menarik dengan banyak ragam aktivitas menyenangkan. Berikut deretan wisata pantai terbaik di Lamongan dengan pesona pemandangan yang sangat eksotis.

1. Pantai Tanjung Kodok

Pantai Tanjung Kodok
Image Credit: Alamasedy.com

Batu Kodok merupakan salah satu destinasi yang sudah sangat populer di Indonesia. Disebut sebagai tanjung kodok karena di sekitar pantainya, terdapat banyak bongkahan batu besar menghadap lautan lepas yang jika diperhatikan menyerupai bentuk kodok. Di area pantai, juga terdapat Menara Rukyat yang sering digunakan para ulama untuk melihat hilal untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan. Pantai ini terletak di kawasan Wisata Bahari Lamongan.

Tidak hanya pantainya saja yang terkenal, Pantai Tanjung Kodok juga sangat populer dengan resortnya. Tanjung Kodok Beach Resort menawarkan kamar dengan pemandangan langsung menghadap ke laut luas. Turut didukung dengan berbagai fasilitas yang sangat lengkap, wajar saja jika Tanjung Kodok Beach Resort menjadi jujukan favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati suasana menginap di kamar hotel dengan pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

2. Pantai Kutang Lamongan

Pantai Kutang Lamongan
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Menurut cerita yang beredar, konon sebab pantai yang indah ini dinamakan demikian karena kerap dikunjungi muda-mudi untuk menghabiskan waktunya dan sering meninggalkan pakaian dalamnya disini. Terlepas dari kisahnya, pantai ini memang memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Di sekitar pantai terdapat banyak tumbuhan mangrove yang ditanam oleh pengelola setempat. Sehingga, menjadikan lanskap pantai ini tidak hanya indah, tapi juga terlihat sangat asri.

Pengunjung dapat berjalan di sepanjang pinggiran pantai, dengan suasana yang menyegarkan dari angin yang sepoi-sepoi. Tidak hanya itu saja, suara dari ombak pantai yang lembut akan membantu Anda untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran anda. Menjelang sore, pantai Kutang akan semakin ramai dikunjungi oleh pemburu sunset. Suasana sunset yang indah seperti ini seringkali dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berfoto membentuk siluet dengan background sunset.

Lokasi: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

3. Pantai Maldives Kemantren

Pantai Maldives Kemantren
Image Credit: Rentaka.co.id

Destinasi wisata satu ini memang terkesan istimewa, memiliki pemandangan berupa lautan lepas dengan ombak yang tenang membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bermain air dengan aman. Suasana sekitar memang terlihat ramai, tapi tidak akan membuat tujuan liburan Anda untuk menenangkan pikiran menjadi terganggu. Pantai ini juga memiliki banyak batuan karang yang eksotis dan akan terlihat hanya ketika kondisi air laut sedang surut.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan sehingga menjadi spot favorit bagi para fotografer yang ingin mendapatkan hasil gambar yang bagus. Pada saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan disapa dengan ombak yang ramah, serta pemandangan sekitar yang akan memanjakan mata. Di sekitar pantai juga dilengkapi dengan gubuk jerami dan diletakkan di tengah laut. Sebagai penghubungnya, terdapat jembatan bambu dari tepi pantai.

Lokasi: Kemantren, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

4. Pantai Delegan

Pantai Delegan
Image Credit: Maps.google.com @ulfa sutria

Ketika berada di pantai Delegan ini, Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian karena keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Delegan. Hamparan pasir putih bersih di sepanjang pinggiran pantai terlihat sangat eksotis dengan terpaan ombak yang cukup tenang. Dengan ombak yang ramah seperti itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berenang di pantai satu ini. Di sepanjang pantai juga ditanami berbagai tumbuhan yang membuat pantai terkesan lebih teduh.

Fasilitas yang disediakan oleh pantai ini juga terbilang cukup lengkap. Terdapat banyak warung yang menjual aneka makanan dan minuman yang dijual oleh penduduk sekitar pantai Delegan. Anda bisa menikmati makanan khas pantai seperti olahan seafood dan air kelapa yang segar sambil melihat eloknya pemandangan pantai Delegan. Selain itu, Anda yang ingin lebih jauh mengelilingi pantai, juga dapat menyewa sebuah perahu yang banyak disewakan di sekitar pantai.

Lokasi: Klayar, Sidokelar, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

5. Pantai Lorena

Pantai Lorena
Image Credit: Tripadvisor.com

Pantai Lorena menjadi salah satu pantai hits yang berada di Lamongan. Lokasinya sangat strategis dan mudah diakses membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata bahari satu ini. Pantai Lorena dipenuhi dengan banyak terumbu karang berumur ratusan tahun, sehingga ketika keadaan air laut mulai surut Anda dapat melihat pemandangan berupa hamparan terumbu karang dengan beberapa tiram menempel di permukaan karang tersebut.

Masyarakat setempat juga banyak yang mengunjungi Pantai Lorena untuk mencari ikan dengan peralatan sederhana. Atau beberapa orang yang menikmati segarnya air laut yang tenang untuk berenang atau sekedar bermain air bersama teman-temannya. Pemandangan seperti ini juga banyak dimanfaatkan oleh para pemburu foto untuk mendapatkan foto indah berlatar belakang pantai Lorena.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

6. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Penawisata.com

Pantai Cemara memiliki keunikan tersendiri yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata satu ini. Biasanya, pantai banyak ditumbuhi dengan pohon bakau ataupun pohon kelapa. Namun seperti namanya, di pantai ini Anda akan menemukan banyak pohon cemara yang menjulang tinggi seperti yang banyak ditemukan di pegunungan. Pohon cemara ini berbaris rapi di sepanjang pinggir pantai dan menambah kesan yang asri.

Anda dapat berteduh dibawah kumpulan pohon cemara yang rindang, sambil melihat indahnya perpaduan pemandangan yang memanjakan mata. Seperti pemandangan pasir halus berwarna kecoklatan membentang luas, dengan buih-buih ombak yang sesekali datang menyapa. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat lautan berwarna biru yang terlihat kontras dengan warna langit yang lebih terang. Meski kontras, namun pemandangan tersebut terlihat sangat selaras.

Lokasi: Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kab. Tuban.

7. Pantai Ya’ang Labuhan

Pantai Ya’ang Labuhan
Image Credit: Maps.google.com @fendi santo

Terletak dekat dengan Pantai Kutang, kawasan satu ini tidak kalah hits dan indah dengan pemandangan yang sangat elok. Di pantai ini, terdapat jembatan kayu panjang dengan desain yang sangat unik sebagai ikon pantai Ya’ang Labuhan. Jembatan kayu yang dibangun dari tepi menuju ke tengah pantai ini, sering kali dijadikan tempat untuk mengambil foto yang keren. Di setiap sisi jembatan ini, ditanami banyak pohon bakau yang berjajar rapi dan menambah asri suasana.

Biasanya, pantai ini akan ramai dikunjungi pada sore hari, karena pantai ini menjadi spot favorit untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Wisatawan biasanya akan menunggu matahari terbenam dari atas jembatan kayu. Pada saat sunset, Anda tidak akan dibuat berhenti mengagumi pemandangan yang begitu cantik. Pemandangan berupa matahari yang mulai meredup, membuat sekitar langit Pantai Ya’ang Labuhan penuh dengan semburat oranye yang indah.

Lokasi: Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

8. Pantai Sowan

Pantai Sowan
Image Credit: Pantainesia.com

Bagi Anda yang suka dengan suasana pantai untuk melakukan banyak hal yang menyenangkan selama liburan, dapat berkunjung ke Pantai Sowan di Lamongan. Pantai Sowan, memiliki pemandangan yang indah serta suasana yang nyaman. Sehingga, cocok rasanya jika dijadikan pilihan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Anda bisa mencoba berpiknik bersama keluarga dengan suasana pantai yang asyik dan menyegarkan.

Di wilayah Pantai Sowan, terdapat hutan yang sudah dihias dengan berbagai macam dekorasi yang cantik. Biasanya, para wisatawan akan menikmati suasana segar dari hutan tersebut untuk berjalan-jalan atau sekedar berfoto. Selain itu, pada pantai ini juga terdapat area yang dapat dimanfaatkan untuk berkemah. Anda bisa menikmati suasana tenang dengan deburan ombak yang lembut, serta bulan yang terpatri di atas laut membuat pemandangan di pantai ini terlihat sangat cantik.

Lokasi: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kab. Tuban.

9. Pantai Brondong

Pantai Brondong
Image Credit: Instagram.com @moesafir_cinta

Pantai satu ini, mungkin memang belum cukup populer di telinga wisatawan. Karena itulah, pantai tersembunyi ini sangat tenang dan tergolong masih asri. Meski belum dikelola dengan baik, namun pemandangan yang disuguhkan di pantai Brondong tidak kalah dengan pantai populer di Lamongan lainnya. Pantai ini juga memiliki pesona keindahan yang bisa ditilik dan dinikmati untuk mengisi waktu liburan menyenangkan Anda bersama sanak famili dan keluarga besar.

Di pantai ini, Anda dapat menyewa kapal tradisional yang disewakan oleh warga lokal sekitar pantai untuk menjelajahi sudut-sudut di Pantai Brondong. Dari atas kapal, Anda bisa menikmati terpaan hawa sejuk dari angin yang berhembus, dan air laut yang sesekali tak sengaja terpercik ke wajah anda. Selain itu, pantai ini juga memiliki kawasan pasar ikan segar yang biasanya dijual dengan harga yang sangat murah.

Lokasi: Kentong, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

10. Pantai Pasir Putih Remen

Pantai Remen
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih, sehingga menambah indah pemandangan sekitarnya. Di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon cemara yang berjajar rapi layaknya sebuah pagar. Di salah satu sudutnya, terdapat kubangan yang menjorok dan berisi air bak danau yang menambah keindahan pesona dari pantai satu ini. Pantai ini memang tergolong salah satu pantai yang masih alami, sebab itu belum memiliki fasilitas yang lengkap.

Lokasi: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

Ketika mengunjungi Lamongan, Anda akan banyak menemukan wisata pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Tak heran, banyak wisatawan yang memilih untuk menikmati liburan ke pantai yang hits dan keren di sepanjang kota Lamongan. Sehingga, Lamongan dapat dijadikan kota rujukan yang harus dikunjungi ketika Anda ingin bepergian melihat keindahan pesona pantai di Indonesia.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending