Pantai Cirewang Subang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Cirewang Subang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Cirewang salah satu wisata bahari di Subang, Jawa Barat yang memukau. Pantai berpasir dengan suguhan pemandangan pesisir yang indah dan pastinya menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Legonkulon, Pangarengan, Kec. Pamanukan, Kab. Subang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke pantai merupakan salah satu aktivitas menarik untuk mengisi liburan ataupun mengisi waktu luang di akhir pekan. Kawasannya yang indah dan suasananya yang selalu dirindukan membuat pantai menjadi destinasi penghilang penat yang cukup efektif. Salah satu pantai indah yang dapat Anda kunjungi ialah Pantai Cirewang di Subang.

Di pantai ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik untuk menghilangkan penat. Dari aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan, hingga wisata edukasi dengan mengunjungi tambak ikan dan juga udang. Anda dapat mengedukasi anak-anak berbagai cara untuk memelihara ikan, ataupun mengedukasi mengenai pentingnya keseimbangan alam.

Selain itu, tentunya Anda dapat menikmati keindahan alamnya yang spektakuler, berfoto dengan alam, dan juga tentunya bermain dengan air di sepanjang tepian pantai. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa artikel sederhana mengenai informasi yang terkait dengan Pantai Cirewang yang berada di Subang, Jawa Barat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cirewang

Daya Tarik Pantai Cirewang
Image Credit: Google Maps (Lalan Ruslan)

1. Sejarah Terbentuknya

Pantai ini muncul sebagai daratan kurang lebih sekitar tiga belas tahun yang lalu. Awalnya kawasan ini merupakan teluk kecil yang berada di pesisir utara Pulau Jawa. Luas dari pulau ini mencapai 500 meter persegi yang membentang sejauh 1 kilometer.

Dengan munculnya pantai ini, penduduk sekitar mendapatkan perlindungan ekstra dari ombak yang mengalir dari arah Laut Jawa. Bagian pantai yang tidak dialiri ombak dengan ganas, digunakan warga untuk menjadi tambak ikan maupun udang.

2. Suasana Laut yang Menarik

Suasana laut merupakan hal yang selalu dicari oleh wisatawan ketika memutuskan untuk berlibur ke pantai. Di pantai Cirewang, wisatawan dapat menikmati hembusan angin laut yang masih bersih dengan cukup kencang. Lokasinya yang berada di tengah-tengah laut membuat aroma laut sangat terasa.

Pada waktu pagi ataupun sore hari, Anda juga dapat mengunjungi pantai ini untuk menikmati laut dengan pasirnya yang diterpa oleh cahaya matahari yang lembut. Pemandangan ini tentunya menambah sendu suasana di pantai ini.

3. Pasir yang Hitam dan Lembut

Walaupun tidak semua pasir di kawasan pantai Cirewang ini berwarna hitam, namun pasir yang berada di tepi pantai ini cenderung berwarna gelap dan bertekstur lembut. Pasir ini sangat nyaman untuk dipijak dengan telanjang kaki. Anda juga dapat membangun istana pasir dari pasir yang lembut ini.

4. Kawasan Pantai yang Indah

Area pantai tidak memiliki garis batas yang jelas seperti umumnya yang ada di pantai lainnya. Di pantai Anda dapat melihat pemandangan hamparan laut yang luas dengan beberapa pohon yang membantu mengurangi panas dengan bayangannya di pantai. Pemandangan ini cukup indah. Warna air lautnya terlihat biru dengan pasir yang senada.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Cirewang

Alamat Pantai Cirewang
Image Credit: Instagram.com @pamanukan.id

Disamping pantainya yang indah dan menarik, untuk mencapai Pantai Cirewang, Anda perlu melewati beberapa perjalanan yang cukup menarik. Setelah berkendara menuju arah Utara, tepatnya di Desa Pangarengan, Anda harus menggunakan perahu agar dapat sampai ke pantai ini. Lokasinya yang berada di tengah-tengah laut membuat kendaraan bermotor tidak dapat memasuki kawasan ini.

Anda dapat memarkirkan kendaraan yang Anda bawa pada area parkir yang telah disediakan. Dari sana, Anda akan diantarkan dengan perahu nelayan. Walaupun tidak berukuran besar, namun perahu ini cukup nyaman dan aman untuk dikendarai hingga mencapai lokasi pantai ini. Anda hanya tinggal menunggu 15 menit hingga perahu mencapai pantai yang indah di Subang ini.

Walaupun tiket masuk ke Pantai Cirewang ini gratis, namun Anda harus membayar perjalanan perahu yang Anda tumpangi, dan juga retribusi parkir kendaraan di area parkir yang sudah ditentukan. Harganya tidak menguras kantong dan juga cukup beralasan mengingat fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai ini.

Anda cukup membayar 11.000 rupiah saja untuk dapat parkir dan juga menumpangi perahu pulang dan pergi ke pantai ini. Tidak terlalu mahal bukan? Anda dapat menikmati keindahan laut selama perjalanan Anda menuju ke lokasi pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cirewang

Aktivitas di Pantai Cirewang
Image Credit: Google Maps (Muhamad Taufik Hidayat)

1. Bersantai

Di pantai ini Anda dapat menjumpai gazebo untuk beristirahat. Anda dapat menggunakan gazebo ini untuk memandangi indahnya lautan sambil bersantai di siang hari. Jika Anda membawa bekal, Anda dapat memakan ataupun meminum bekal Anda di lokasi ini.

Tentunya Anda harus tetap menjaga kebersihan dari pantai ini. Sampah plastik yang dibuang sembarangan akan mengganggu pemandangan dan juga berbahaya bagi ekosistem sekitar pantai. Anda dapat menyimpan sampah untuk dibuang di tempat sampah yang benar, ataupun membawa kembali sampah yang Anda bawa dari kawasan pantai yang indah ini.

2. Jalan-Jalan

Area pantainya yang cukup luas tentunya akan membuat Anda penasaran dan ingin untuk eksplorasi ke seluruh bagian dari pantai ini. Anda dapat menemukan pepohonan yang cukup rindang dengan beberapa hewan khas tepi pantai yang berlindung di bawahnya. Kawasan ini cukup untuk dan berjalan di tengahnya tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

3. Hunting Foto

Hunting foto merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan di kawasan ini. selain dapat mencari foto di alamnya yang indah, Anda juga dapat mencari foto biota laut yang berada di sekitaran pantai. Pepohonan yang rindang juga dapat Anda gunakan sebagai frame untuk menambah keindahan foto yang akan Anda ambil di kawasan ini.

Pada sore hari, Anda dapat menemukan keindahan rona oranye dari matahari yang akan terbenam. Rona ini akan terpantul pada setiap sisi foto yang Anda ambil di sore hari. tentunya Anda tidak akan ingin melewatkan hunting foto di pantai dengan suasana yang indah dan juga menarik untuk dilihat.

4. Berenang

Oleh karena ombaknya yang tidak terlalu ganas, maka Anda dapat bermain dan juga berenang di tepian pantai Cirewang Subang ini. walaupun Anda tetap harus berhati-hati, namun Anda tidak perlu khawatir akan terseret ombak ataupun tenggelam karena kawasan pantai ini cukup landai di bagian tepinya.

Di tepian pantai Anda tidak perlu khawatir akan karang yang akan menggores kaki. Pantai ini cukup bersih dari batuan karang yang tajam. Pasirnya lembut dan juga tidak berbahaya bagi anak-anak yang bermain di tepian pantai ini.

5. Mengunjungi Tambak Ikan dan Udang

Mengunjungi tambak ikan dan udang yang berada di bagian selatan pantai tentunya akan menambah pengetahuan Anda dalam bidang perikanan. Anda dapat mempelajari trik-trik dalam beternak biota laut pada beberapa petani di kawasan ini. Anda dapat mengajarkan pada anak-anak bagaimana siklus hidup hewan-hewan air laut ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Cirewang

Penginapan Pantai Cirewang
Image Credit: Agoda.com

Lokasi pantai menawan ini berada cukup jauh dari perkotaan. Anda perlu menempuh perjalanan selama 30 menit hingga 45 menit untuk menuju lokasi penginapan terdekat yang dapat Anda kunjungi selama berwisata ke Pantai Cirewang ini. Berikut ini list penginapan terbaik dan terdekat dari kawasan pantai ini.

1. Paris Day Hotel Pamanukan

Hotel yang satu ini merupakan hotel terdekat dari kawasan pantai. Anda dapat menghabiskan malam di hotel ini sebelum paginya berjalan menuju pantai untuk menikmati matahari pagi. Hotel ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menjamin kenyamanan Anda dalam beristirahat. Kamarnya cukup luas dan nyaman dengan desain sederhana yang menarik.

2. Gaia Asri Hotel

Hotel ini cukup mewah dengan gaya minimalis yang sederhana. Di hotel ini Anda dapat bermalam dengan nyaman dan tenang. Kamarnya sudah cukup luas dengan tempat tidur yang nyaman. Pada setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan kursi, dan juga meja rias. Anda dapat menghabiskan malam dengan nyenyak sebelum beraktivitas di kemudian hari.

3. Q Hotel Mayangan

Layaknya resort hotel bintang lima, hotel yang satu ini memiliki interior yang sederhana namun sangat nyaman untuk dilihat. Permainan warna yang cerah akan meningkatkan mood Anda yang sedang lelah. Di hotel ini, Anda juga dapat menikmati fasilitas umum seperti kolam renang, bar, restoran dan juga taman untuk melepas lelah setelah berpergian seharian.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cirewang Subang

Fasilitas di Pantai Cirewang Subang
Image Credit: Google Maps (Lalan Ruslan)

Di wisata pantai Cirewang ini, Anda dapat menemukan fasilitas yang cukup menarik. Walaupun pantai ini berada lepas dari daratan utama, namun Anda dapat menemukan fasilitas sederhana berupa musholla, kamar mandi, dan juga berbagai tempat peristirahatan untuk menunjang liburan Anda yang nyaman dan juga menyenangkan.

Setelah menyimak ulasan di atas, tentunya kini Anda dapat lebih memahami apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin mengunjungi Pantai Cirewang, Subang. Anda dapat membawa hal-hal yang ingin Anda bawa untuk digunakan di area pantai. Tentunya persiapan yang Anda lakukan akan jauh lebih efisien dan juga lengkap agar tidak kebingungan ketika sampai di tujuan nanti.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending