15 Pantai Terindah di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Pantai Jawa Timur

Tertarik Liburan di Pantai? Kunjungi Wisata Pantai Cantik & Terindah di Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Seru dan Menyenangkan.

Pantai memang selalu memberikan energi positif bagi siapapun yang mengunjunginya. Tak heran jika hingga kini tetap menjadi tujuan wisata yang begitu banyak peminatnya. Mulai dari wisata bersama teman hingga keluarga tetap bisa dilakukan di pantai. Apalagi Indonesia memiliki banyak pantai pantai menawan yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan.

Pulau Jawa bagian Timur memang memiliki pesona yang tak kalah dengan bagian lainnya. Mengunjungi Jawa Timur bisa menemukan wisata sejarah, modern, wisata alam hingga wisata bahari. Pecinta pantai, wajib mengunjungi pantai terindah di Jawa Timur yang tiada duanya dalam ulasan berikut ini.

1. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar,
Image Credit: Blogkulo.com

Memulai penjelajahan wisata bahari dari Pacitan, Anda bisa mengunjungi pantai Klayar. Pantai ini terbilang mudah ditempuh dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Meskipun memiliki medan yang cukup menantang, tetapi pantai yang masih alami ini memang sepadan dengan perjuangannya. Apalagi pantai Klayar juga termasuk dalam jajaran pantai unggulan di Pacitan. Dengan keistimewaan berupa pasir putih lembut ketika bersentuhan dengan kaki.

Menariknya lagi, di Pantai Klayar Anda bisa menemukan batu karang yang bentuknya mirip Spinx. Jangan lupakan kehadiran air mancur alami yang ketinggiannya mencapai 10 meter. Pesona ini tentunya belum lengkap, sebab Anda juga akan disuguhkan air laut yang memiliki gradasi biru dan hijau toska. Jika dipadukan dengan putihnya pasir tentunya akan membuat Anda terpesona. Anda bisa berburu foto foto menawan untuk diunggah ke media sosial.

Lokasi: Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

2. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo,
Image Credit: Ksmtour.com

Masih berada di Pacitan, sayang rasanya jika tidak melanjutkan perjalanan mengunjungi pantai satu ini. Pantai Banyu Tibo belakangan bahkan begitu hits dan berhasil menjaring banyak wisatawan. Bagaimana tidak, Anda bisa menyaksikan air terjun yang langsung mengalir ke pantai. Sebenarnya air terjun ini dari sungai yang airnya begitu jernih dan segar. Menikmati keindahan sang Maha ini akan melepas semua penat Anda.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

3. Pantai Buyutan, Pacitan

Pantai Buyutan
Image Credit: Dolanyok.com

Pacitan memang memiliki begitu banyak wisata pantai yang menawan dan kebanyakan berpasir putih. Anda harus menempuh jarak sekitar 44 km jika dari pusat kota Pacitan. Sayangnya Anda harus menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi, mengingat tidak ada kendaraan umum yang bisa dimanfaatkan. Namun tenang saja, rasa lelah di perjalanan akan terbayar lunas ketika tiba di Pantai Buyutan satu ini.

Pantai Buyutan begitu kondang di kalangan kawula muda yang ingin sekalian hunting foto Instagramable. Hamparan pasir putih lengkap dengan jernihnya air tentunya akan membuat siapapun jatuh hati. Belum lagi hadirnya karang karang unik yang memiliki beragam bentuk. Anda juga bisa menemukan air terjun mini begitu berjalan ke arah timur, walaupun medannya tak mudah. Sebagai penutup pesona sunset di pantai Buyutan patut diacungi jempol.

Lokasi: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

4. Pantai Tambakrejo, Blitar

Pantai Tambakrejo, Blitar
Image Credit: Wikipedia.org

Blitar yang terkenal sebagai pemakaman Bung Karno, menjadikan kota ini layak dikunjungi ketika Anda berwisata di Jawa Timur. Tak hanya wisata sejarah, Anda juga bisa mengunjungi wisata bahari di Blitar. Salah satu pantai yang cantik dan harus dikunjungi adalah Pantai Tambakrejo. Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah pemecah ombaknya yang jarang di temui di pantai di Jawa Timur. Selain itu Pantai Tambakrejo juga menawarkan wisata kuliner yang menggugah.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

5. Pantai Gondo Mayit, Blitar

Pantai Gondo Mayit, Blitar
Image Credit: Travellers2009.wordpress.com

Pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika masih di Blitar adalah Pantai Gondo Mayit. Mungkin namanya terdengar menyeramkan, tetapi pesonanya akan membuat Anda berdecak kagum karena keindahannya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut jernih dan deretan perbukitan hijau yang semakin membuatnya menawan. Pantai satu ini pasti akan membuat Anda menikmati liburan yang seru dan menghilangkan semua penat yang ada.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

6. Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Kedung Tumpang
Image Credit: Ksmtour.com

Dari Blitar Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kota Tulungagung. Kota satu ini memiliki pantai menawan yang dikenal dengan pantai Kedung Tumpang. Keunikan yang paling menonjol dari pantai ini adalah hadirnya kolam renang alaminya. Konon kolam alami ini merupakan yang paling cantik se Jawa Timur. Kolam yang terbentuk di antara karang ini memiliki air yang jernih sehingga bisa Anda jadikan tempat berenang atau berendam.

Lokasi: Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

7. Pantai Coro, Tulungagung

Pantai Coro
Image Credit: Instagram.com @tata_panda

Perjalanan wisata bahari Anda di Tulungagung akan semakin puas dan lengkap dengan mengunjungi pantai Coro ini. Pantai satu ini begitu cantik meskipun tidak dikarunia pasir putih yang lembut. Justru pantai coklat kehitamannya menambah eksotisme dari pantai Coro. Anda akan disuguhkan bebatuan yang membuat pahatan artistik dan sangat sayang dilewatkan. Di pantai ini Anda bisa sekalian berburu foto foto yang cantik dan menawan.

Lokasi: Jl. Pantai Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

8. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu, Malang
Image Credit: Pegipegi.com

Melanjutkan perjalanan menjelajah bahari, Anda bisa melajukan kendaraan menuju kota Malang. Dan Anda bisa mengunjungi pulau kecil dengan pantai menawan yang menjadi favorit pecinta alam. Masyarakat sekitar mengenalkanya dengan Pulau Sempu yang masih satu lokasi dengan pantai Sendang Biru. Menjadi bagian dari konservasi, menjadikan alam di pulau ini begitu alami dan terjaga kebersihannya. Hingga kini juga masih menjadi cagar alam yang dilindungi.

Untuk bisa menjangkau Pulau Sempu, Anda harus menyeberang menggunakan perahu dari Pantai Sendang Biru. Dan Anda akan disajikan sebuah laguna yang dikenal dengan Segara Anakan. Memang Anda harus melakukan perjalanan cukup panjang, sekitar 2 jam untuk menyambangi kemegahan laguna ini. Namun semuanya akan terbayar begitu melihat jernihnya air yang berpadu dengan pasir putih yang lembut. Airnya yang tenang sangat cocok untuk bermain air.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

9. Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna
Image Credit: Pantainesia.com

Malang juga memiliki wisata bahari lainnya yang tak kalah cantik dan mempesona. Pantai Tiga Warna ini juga berlokasi di area pantai Sendang Biru. Bisa dikatakan jika pantai satu ini termasuk pantai baru yang langsung mencuri perhatian. Selain memiliki tiga warna di airnya, pantai satu ini juga sangat cocok untuk snorkeling. Karena terumbu karangnya yang alami dan juga menawan. Hanya saja untuk mengunjungi Anda harus lebih dulu melakukan reservasi.

Lokasi: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

10. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari, Malang

Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi
Image Credit: Instagram.com @anggerr_prakoso

Menyiapkan tenaga dan tubuh yang fit, kini saatnya Anda menjelajah daerah Malang Selatan untuk bertemu dengan Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari. Selain yang sudah disinggung, pantai satu ini juga layak mendapatkan predikat sebagai pantai paling cantik. Bagaimana tidak, selain memiliki air laut jernih dan pasir putih pantai ini juga memiliki kolam renang alami. Kolam renang ini terbentuk dari batu karang yang dikenal dengan teluk bidadari.

Selain itu fenomena alam menarik lainnya terletak pada cekungan air yang begitu dalam dan langsung menembus pada permukaan air laut. Sehingga ketika ombak besar menghadang, akan ada air yang menyembur dari cekungan itu. Berada di balik hutan lindung, Anda juga akan ditawarkan kawasan yang begitu asri dan membuat Anda betah. Meskipun untuk mencapainya Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu dan menembus hutan lindung.

Lokasi: Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang.

11. Pantai Bantol, Malang

Pantai Bantol, Malang
Image Credit: Pantainesia.com

Berniat untuk mengunjungi pantai yang bisa melakukan aktivitas snorkeling, maka Anda bisa memilih Pantai Bantol. Pantai Bantol berada di daerah Sumbermanjing Kulon yang memiliki keelokan yang tak terelakkan. Meskipun belum banyak wisatawan yang mengetahuinya, airnya yang jernih dan perpaduan pasir putih tak bisa dilewatkan begitu saja. Di pantai ini Anda juga bisa mengintip bawah lautnya yang begitu cantik dan menawan.

Lokasi: Banjarejo, Kec. Donomulyo, Kab. Malang.

12. Pantai Noko Bawean Gili, Gresik

Pantai Noko Bawean Gili, Gresik
Image Credit: Saptanawa.com

Siapa yang menyangka jika Gresik juga memiliki pantai menawan, dan pantai ini memang masih belum banyak diketahui. Pantai Noka Bawean Gili ini berada di sekitar Pulau Bawean sendiri, wajar jika namanya masih tersemat pulau ini. Pantai ini memiliki air jernih lengkap dengan hamparan pasir putih yang luas. Keindahan karangnya bahkan bisa Anda intip dari permukaan. Dipastikan pantai ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

13. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma
Image Credit: Dakatour.com

Berlanjut ke Timur, Anda bisa mampir ke Pantai Papuma yang berada di Jember. Pantai ini memang begitu terkenal dan sangat indah untuk dikunjungi. Dengan menempuh perjalanan yang tidak sebentar, rasa lelah akan dibayar lunas dengan pesonanya. Karena perjalanan yang panjang, sebaiknya Anda menginap semalam di sekitar pantai ini. Dengan begitu Anda juga berkesempatan untuk berburu sunrise yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Perpaduan antara pasir putih dan juga batu karang yang kokoh membuat pantai ini sangat cantik. Batu karang yang jumlahnya tujuh dan memiliki ukuran besar ini memang menjadi ciri khas dari Pantai Papuma ini. Bahkan ketujuh karang tersebut memiliki nama sendiri yang membuatnya makin unik. untuk Anda yang bernyali bisa merasakan sensasi dihempas ombak dari atas karang. Pantai satu ini juga sangat cocok untuk berburu foto instagramable.

Lokasi: Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

14. Pantai G Land, Banyuwangi

Plengkung G - Land
Image Credit: Bromomalang.com

Pantai G Land atau yang juga dikenal dengan pantai Plengkung menawarkan petualangan bahari yang menantang. Tak hanya tersohor di kalangan wisata lokal, pantai ini juga kondang hingga luar negara. Hal ini dikarenakan pantai ini termasuk dalam jajaran The Seven Giant Waves Wonder, yang cocok untuk selancar. Di pantai ini Anda akan menemukan ombak hingga ketinggian 6 meter yang sangat diburu oleh para peselancar.

Dengan ombak ganas tersebut, para surfer bisa merasakan serunya mengendarai ombak dengan pemandangan yang begitu cantik dan alami. Pantai satu ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sehingga selain memuaskan hasrat selancar Anda. Udaranya yang sejuk juga akan membuat Anda betah berlama lama di pantai satu ini. Tak heran jika pantai satu ini begitu kondang dan menjadi pantai terindah di Jawa Timur.

Lokasi: Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

15. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah
Image Credit: Pegipegi.com

Selain pantai Plengkung, Banyuwangi yang berada di ujung Jawa Timur juga memiliki pantai andalan lain yaitu Pantai Pulau Merah. Yang membuat pantai ini begitu kondang adalah pemandangan matahari tenggelam yang tiada duanya. Langit kemerahan dengan suara debur ombak memang akan jadi penghilang penat yang paling mujarab. Selin itu Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, salah satunya adalah berselancar.

Lokasi: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

Deretan wisata bahari yang dimiliki oleh Jawa Timur akan membuat kegiatan wisata Anda begitu berkesan. Meskipun banyak yang menganggap pantai begitu begitu saja, tetapi setiap pantai selalu mampu menghadirkan pesona yang berbeda. Dan Anda akan disuguhkan berbagai keunikan wisata pantai jika menjelajah Jawa Timur. Pastikan Anda menyiapkan badan yang fit sebelum melakukan menjelajah pantai di Jawa Timur tersebut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending