10 Pulau Cantik di Jawa Tengah yang Wajib Anda Jelajahi

Pulau Cantik Jawa Tengah

Periksa List Wisata Pulau Cantik di Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari Terindah dan Eksotis yang Menarik Anda Jelajahi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Berlibur ke Jawa Tengah identik dengan situs purbakala yang jadi peninggalan pada masa silam, baik kerajaan maupun penjajahan. Tak heran wisata terkait selalu ramai oleh para wisatawan. Akan tetapi, tak banyak yang tahu seputar wisata bahari di Provinsi yang beribukota Semarang ini. Pasalnya, terdapat beberapa pulau dengan suguhan panoramanya sangat eksotis. Berikut sederet pulau terindah di Jawa Tengah yang menarik dikunjungi untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

1. Karimunjawa Besar

Karimunjawa Besar
Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Destinasi wisata satu ini tampaknya sudah sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Tak heran jumlah pengunjung pun terus meningkat, terutama bagi mereka yang ingin liburan di Provinsi beribukota Semarang terasa berbeda. Anda bisa berkunjung ke wisata yang memiliki daya tarik utama Taman Laut ini untuk menjajal snorkeling dan diving. Anda bisa melihat secara langsung keindahan terumbu karang dan ikan yang berenang di perairan Jepara ini.

Tak heran, bila para wisatawan datang untuk menjajal pengalaman berbeda dari wisata bahari di Jawa. Tak hanya itu saja, tempat ini ternyata juga menawarkan spot wisata lain yang tak kalah menarik. Terdapat dua bukit dengan ketinggian berbeda yang dapat Anda kunjungi untuk melihat pemandangan dari puncaknya. Di tempat tersebut tersedia pula spot foto yang menarik, yaitu tulisan LOVE, kerangka ikan dalam ukuran besar, dan tasbis raksasa.

Lokasi: Kepulauan Karimun Jawa, Kab. Jepara.

2. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar
Image Credit: Traveloista.co.id

Pulau Menjangan Besar dilabeli sebagai pulau terbesar kedua setelah pulau Karimunjawa Besar yang cukup tersohor. Lokasi wisata ini cukup dekat dengan pelabuhan, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Kendaraan yang bisa dipakai, yaitu kapal wisata atau kapal nelayan yang tersedia di sepanjang dermaga pelabuhan. Penyewaan kapal ini pun dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Tak lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke pulau berikon unik, yaitu penangkaran ikan hiu. Turis luar negeri pun rela menempuh jarak yang jauh untuk melihat secara langsung lokasi penangkaran predator laut tersebut. Tak hanya melihat, para wisatawan juga dapat berfoto dan berenang bersama ikan yang berukuran besar ini. Tentu hal ini akan jadi salah satu momen yang tak akan terlupakan dan jadi ajang untuk menantang adrenalin Anda.

Lokasi: Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.

3. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tak kalah menarik, Pulau Menjangan Kecil juga tergolong sebagai destinasi yang ramai oleh wisatawan baik domestik ataupun asing. Jarak yang harus ditempuh dari pulau utama di Karimun Jawa, yaitu sekitar 30 menit. Pulau ini cukup menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan fasilitas serta aktivitas yang menarik untuk para pengunjung. Para wisatawan dapat berenang atau diving di lokasi yang cukup terkenal di kalangan pecinta wisata bahari ini.

Daya tarik utamanya, yaitu keindahan terumbu karang yang beraneka ragam tentu tak bisa ditolak oleh diver. Anda bisa melihat secara langsung populasi terumbu karang di Indonesia dan sekaligus ke penangkaran hiu yang ada di Menjangan Besar. Destinasi wisata ini tentu jadi paket lengkap yang membuat Anda lebih hemat budget pengeluaran. Liburan cerdas kali ini bisa dipakai untuk melakukan dua aktivitas sekaligus.

Lokasi: Desa Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.

4. Pulau Geleyang

Pulau Geleyang
Image Credit: Traveloista.co.id

Bila pulau pulau sebelumnya menyuguhkan aktivitas pantai yang sangat menantang, kali ini Anda akan disuguhi wisata yang tidak biasa. Destinasi satu ini menyuguhkan keindahan taman laut dan biota yang luar biasa, begitu pula dengan hasil lautnya. Anda bisa mencicipi hidangan makan siang di tempat ini dengan menu ikan bakar khas masyarakat setempat. Cara mengolahnya yang berbeda membuat cita rasanya pun tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Proses membakar ikan di tepi pantai ini mengandalkan serabut kelapa, ranting pohon yang basah, dan pasir. Penggunaan ranting yang basah ini bertujuan agar kayu tidak ikut terbakar, sehingga rasa ikan pun jauh berbeda. Anda akan merasakan cita rasa yang tidak pernah ditemui sebelumnya dari proses memasak ini. Paduan air laut jernih, suasana di siang hari yang terik, olahan ikan yang unik, serta pasir putih yang lembut jadi momen spesial yang tak terlupakan.

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara.

5. Pulau Cilik

Pulau Cilik
Image Credit: Manusialembah.com

Sudah bukan rahasia bahwa beberapa gugusan pulau di Karimun Jawa memang tidak ada penghuninya. Pulau Cilik ini adalah salah satu dari sederet pulau pulau tak berpenghuni tersebut. Daya tarik utama dari pulau ini, yaitu keindahan biota laut yang membuatnya jadi spot snorkeling yang cantik. Anda bisa melihat secara langsung terumbu karang berwarna warni serta ikan badut yang berenang di balik terumbu karang yang telah mati.

Paduan lengkap dari suguhan pulau Cilik ini membuat para wisatawan tidak sabar untuk mencicipi snorkeling di salah satu spot terbaik. Tak hanya ikan badut, Anda juga dapat melihat ikan layaran dan kepe kepe yang akan mendekat saat Anda melempar remahan roti di laut. Bila beruntung, pengunjung juga dapat melihat secara langsung anemon laut yang bergerak mengikuti arus dengan keberadaannya yang sangat jarang terlihat.

Lokasi: Kemujan, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.

6. Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Wikivoyage.org

Bagi pecinta perjalanan laut, Anda wajib berkunjung ke Pulau Cemara Kecil. Pasalnya, pulau cantik satu ini harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Karimunjawa Besar. Anda bisa memakai kapal kayu yang tersedia di pelabuhan untuk sampai ke pulau tersebut. Perjalanan yang jauh ini akan terbayar saat melihat jernihnya air laut, pasir putih, dan langit cerah. Ketiga paduan tersebut membuat siapa saja ingin segera menjajal segarnya air lautnya.

Seperti beberapa pulau di Karimun Jawa, Anda juga bisa snorkeling atau diving di tempat ini. Banyak biota laut yang dapat dieksplor lebih dalam, seperti aneka terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Salah satu bagian terbaik dan terfavorit wisatawan, yaitu pasir putih yang sangat lembut sehingga dapat membuat siapa saja betah di destinasi ini. Anda bisa berjalan jalan di bibir pantai atau duduk berteduh di bawah pohon sembari menikmati pasirnya yang lembut.

Lokasi: Karimun Jawa, Kab. Jepara.

7. Pulau Gosong Seloka

Pulau Gosong Seloka
Image Credit: Cahpantai.com

Luas pulau ini sekitar 10 hektar, sehingga cukup luas untuk Anda kunjungi dengan hamparan pasir yang sangat lembut. Letak destinasi wisata ini cukup dekat dengan pulau Karimun Jawa, sehingga jarak tempuhnya tak memakan waktu lama. Daya tarik unik dari salah satu pulau tak berpenghuni ini, yaitu tak tampak saat air laut pasang dan akan tampak saat air laut surut. Dengan begitu, Anda tak bisa mengunjunginya setiap saat.

Lokasi satu ini sering jadi pilihan untuk hopping island saat berlibur ke Karimun Jawa. Akan tetapi, hopping island juga harus memperhatikan kondisi air laut. Saat air naik, maka pengunjung tidak bisa melihat keberadaan pulau ini karena tertutup air laut. Keberadaannya yang tak selalu tampak, membuat para pengunjung takjub saat melihatnya. Hal tersebut dibenarkan oleh sebagian besar wisatawan yang telah mengunjunginya.

Lokasi: Karimunjawa, Kab. Jepara.

8. Pulau Menyawakan

Pulau Menyawakan
Image Credit: Panduanwisata.id

Menyuguhkan pemandangan luar biasa, Pulau Menyawakan tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Karimun Jawa. Perjalanan yang harus ditempuh sekitar 30 menit memakai kapal wisata. Selama perjalanan, para wisatawan akan disuguhi deretan pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi. Di tempat ini, Anda bisa mengambil foto dengan pohon bakau sebagai latar belakang yang sangat menarik.

Daya tarik utamanya, yaitu wisatawan bisa snorkeling dengan alat sederhana, diving dengan kedalaman lebih, atau bahkan memancing. Anda juga bisa memancing hingga ke tengah laut dengan memakai speed boat. Terakhir, tersedia pula resort untuk wisatawan yang ingin menginap terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar kota. Kura kura resort ini jadi salah satu pilihan terbaik dengan harga terjangkau dan lokasi yang nyaman.

Lokasi: Karimun Jawa, Kab. Jepara.

9. Pulau Tengah

Pulau Tengah
Image Credit: Karjaw.com

Karimun Jawa memiliki sederet pulau yang wajib dikunjungi, salah satunya Pulau Tengah yang memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Pulau Cilik. Anda hanya perlu pakai kapal, untuk sampai di lokasi diving terbaik satu ini. Daya tarik utama yang membuat para wisatawan betah menyelam, yaitu hard coral, sea anemone, dan berbagai jenis ikan lucu. Lokasi wisata yang cukup luas ini akan membuat liburan Anda jadi lebih berkesan dan tak akan terlupakan.

Lokasi: Karimun Jawa, Kab. Jepara.

10. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar
Image Credit: Ayokekarimunjawa.wordpress.com

Sudah bukan rahasia, nama Cemara Besar diambil dari deretan pohon cemara yang ada di sepanjang pesisir pantai. Bukan hanya pohon cemara, daya tarik utama dari pulau ini yaitu banyaknya perairan dangkal di bibir pantai. Dengan begitu, Anda bisa melihat dari dekat ikan ikan lucu yang berenang di permukaan air. Para wisatawan yang ingin melihat aneka jenis terumbu karang juga bisa menyelam dengan peralatan yang telah tersedia.

Lokasi: Karimun Jawa, Kab. Jepara.

Itulah beberapa pulau cantik di Jawa Tengah yang bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya. Berlibur ke provinsi ini rasanya terlalu monoton bila hanya menikmati situs purbakala. Anda bisa mengisi liburan dengan destinasi yang berbeda, salah satunya berkunjung ke Karimun Jawa. Destinasi yang ada di Kabupaten Jepara ini memiliki gugusan pulau kecil di sekitarnya yang cocok untuk spot snorkeling. Kekayaan biota lautnya tak perlu diragukan karena sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending