Pulau Sikuai Padang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Sikuai Padang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya WisataPulau Sikuai salah satu pulau terindah yang menarik dieksplor pesonanya di Padang, Sumatera Barat. Pulau yang masih asri, pantai dengan hamparan pasir putih dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 600.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Sikuai adalah sebuah pulau di Sumatera Barat yang terletak di pesisir pantai dan masuk di kawasan perairan Kota Padang, dan terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Pulau ini merupakan salah satu pulau dari 19 pulau yang terdapat di daerah administratif Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 km persegi atau sekitar 44,4 hektare.

Pulau cantik ini mulai dikembangkan oleh pemerintah sebagai objek wisata laut sejak tahun 1994. Di sini para wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung dapat menikmati keindahan laut dengan cara berenang, snorkeling, trekking, diving, memancing atau bahkan hanya sekedar jalan jalan di sekitar pantai untuk melihat pemandangan.

Pengunjung Pulau Sikuai disini juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang sudah tersedia disini. Fasilitas yang pastinya dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda saat di pulau ini. Semua kebutuhan mulai dari penginapan, warung makan, sarana menikmati bawah laut dan masih banyak lagi yang ada di pulau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sikuai

Daya Tarik Pulau Sikuai
Image Credit: Twitter.com @semenku

Pulau Sikuai merupakan salah satu objek wisata di Kota Padang yang wajib Anda kunjungi apabila Anda sedang jalan-jalan di Sumatera Barat. Di Pulau ini Anda bisa bersantai menunggu terbenamnya matahari sembari jalan jalan untuk menghabiskan waktu. Berikut adalah Daya Tarik yang dimiliki pulau ini.

1. Bukit Hutan Tropis yang dapat Dijelajahi

Selain hanya bisa melihat pemandangan laut yang indah, dari atas bukit para pengunjung juga bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil yang terletak di bawah bukit. Apabila cuaca sedang mendukung dan senja datang, para pengunjung juga dapat melihat matahari tenggelam dengan warna yang sangat cantik.

BACA:  Pulau Mandeh Pesisir Selatan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Untuk sampai ke bukit ini, para pengunjung membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Namun para pengunjung tidak perlu khawatir untuk mencari tempat pijakan mendaki bukit ini. Karena sudah disediakan sekitar 369 anak tangga.

2. Panorama Sunset yang Indah

Saat matahari akan tenggelam, disini Anda dapat menikmati perpaduan warna dan suasana yang begitu indah. Warna matahari yang akan tenggelam begitu merah berpadu dengan birunya warna laut indah yang masih terpelihara dengan bagus. Dan juga Anda ditemani suara suara ombak yang akan membuat suasana menjadi damai dan tenang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sikuai

Alamat Pantai Sikuai
Image Credit: Google Maps (Nelkha Sim)

Pantai Sikuai Padang merupakan Pantai yang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang sering menjadi salah satu destinasi wajib yang dikunjungi di Sumatera Barat. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke pantai dan Pulau Sikuai ini memang jauh dari pusat kota Padang. Tetapi, para wisatawan tetap bisa untuk menikmati keindahan pantai dan pulau ini.

Perjalanan dari menuju lokasi pulau ini sekitar 50-60 menit dari pusat Kota Padang. Perjalanan rata-rata dilakukan lewat Pelabuhan Muara. Setelah itu, transportasi yang dinaiki menuju tempat ini adalah perahu nelayan. Tapi untuk saat ini transportasi yang disediakan hanya ada perahu nelayan atau speedboat.

Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa kapal nelayan untuk bisa sampai di Pulau Sikuai ini terbilang tidak cukup mahal. Wisatawan yang berkunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa perahu tersebut dengan harga sekitar 600 ribu rupiah.

Bagi para wisatawan yang menggunakan jasa tour, bisa menuju pulau cantik ini menggunakan speedboat. Tentu saja dengan menaiki speedboat menjadi tidak ribet dan lebih cepat sampai. Akan tetapi, biaya yang harus dibayarkan untuk transportasi tersebut jauh lebih mahal daripada biaya untuk naik perahu nelayan.

Saat masuk ke objek wisata alam khususnya pantai di Padang pengunjung pada umumnya akan dikenai tarif masuk. Namun di Pulau Sikuai ini para pengunjung tidak dikenakan tarif biaya masuk atau bisa dibilang gratis. Dengan tidak dipungut biaya, Anda dapat menikmati keindahan pantai dan Pulau Sikaui.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Sikuai

Aktivitas di Pulau Sikuai
Image Credit: Facebook.com @indonesia1117

1. Fotografi Alam

Bagi yang suka kegiatan fotografi, Anda bisa mencoba hobi Anda untuk mengabadikan objek objek yang indah di Pulau Sikuai ini. Setiap sudut di pulau ini bisa Anda jadikan sebagai objek yang cukup menarik karena mempunyai daya tarik untuk difoto.

BACA:  Pulau Semak Daun Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Selama disana, wisatawan akan menemui banyak sekali hal menarik. Tidak menutup kemungkinan para wisatawan bisa bertemu dengan bermacam macam jenis hewan tropis untuk difoto seperti biawak, monyet serta burung. Tidak perlu takut dengan hewan hewan tersebut karena hewan tersebut tidak akan mengganggu Anda.

2. Menjelajah Pulau

Pulau Sikuai ini memiliki luas sekitar 44 hektar dan diperbolehkan untuk dijelajahi ke setiap sudut. Disini tidak ada properti milik pribadi selain yang disediakan dan dikelola oleh para pemilik Resort. Penjelajahan Anda bisa dimulai dengan berjalan kaki mengelilingi Pulau ini.

Untuk membuat penjelajahan Anda semakin bermakna dalam menjelajahi pulau ini, para pihak pengelola menyediakan pemandu wisata. Pemandu tersebut akan menemani Anda untuk perjalanan mengitari pulau. Para pemandu juga akan menceritakan sejarah dan awal mula Pulau Sikuai.

3. Menanam Terumbu Karang

Anda semua pasti tahu apabila terumbu karang adalah biota laut yang penting dalam kehidupan laut beserta isinya. Namun sedihnya, banyak sekali terumbu karang yang sengaja atau tidak sengaja dirusak di beberapa tempat negara ini.

Sadar akan hal tersebut, para pengelola pulau Sikuai mengajak para pengunjung berpartisipasi untuk pemulihan terumbu karang yang telah rusak. Para wisatawan akan diajak secara langsung untuk menanam terumbu karang dengan tujuan untuk memunculkan rasa peduli kepada berlangsungnya kehidupan ekosistem laut.

Image Credit: Instagram.com @siskasuri28

4. Snorkeling

Air di Pulau Sikuai ini sangat bersih dan jernih dengan ombak yang tidak besar, menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk tempat snorkeling. Disini pengunjung bisa dengan bebas memilih antara berenang di kolam yang telah disediakan pengelola ataupun langsung snorkeling ke laut pantai.

Seluruh peralatan untuk melakukan snorkeling seperti sepatu katak dan kacamata masker tersebut tersedia untuk di sewa di pulau ini. Para wisatawan bisa menikmati berbagai macam keindahan bawah laut seperti ikan laut yang berlarian dan juga terumbu karang yang berwarna warni.

5. Pemandangan di Atas Bukit

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pulau eksotis ini secara total bisa mencoba untuk mendaki ke puncak. Puncak pulau tersebut berbentuk seperti bukit yang bisa coba untuk Anda daki selama 30 sampai 50 menit saja.

Dari puncak bukit ini wisatawan bisa menikmati indahnya Pulau Sikuai secara total. Para wisatawan juga bisa selfie dan berfoto-foto untuk mengabadikan atau hanya sekedar dipamerkan ke sosial media. Yang pasti foto foto yang Anda abadikan disini bisa menjadi kenang-kenangan yang tidak akan terlupakan di pulau ini.

BACA:  Pulau Nusa Barong Jember - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pemandangan dari atas Bukit ini lebih cantik lagi apabila di pagi hari saat matahari akan memunculkan wujudnya. Indah ketika langit sedikit sedikit berubah warna dari yang gelap menjadi terang, lalu pada momen tertentu matahari seakan berpindah dari kegelapan menuju terang.

6. Menaiki Perahu Kano

Para wisatawan disini juga bisa menikmati indahnya perairan pantai di Pulau Sikuai dengan menaiki perahu kano. Pengelola menyewakan banyak sekali kano yang ditawarkan kepada para wisatawan di sekitar pantai tersebut. Ombak yang tenang dan kecil, aman, nyaman, dan tenang untuk ditelusuri dengan kano.

Wisatawan bisa memilih menggunakan kano tunggal ataupun kano yang dinaiki dengan teman satu perjalanan. Selain itu bisa juga menaiki kano tunggal tetapi dinaiki secara bersama-sama(berkelompok).

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Sikuai

Penginapan Pulau Sikuai
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. New Sikuai Island Resort

Menjadi salah satu penginapan terdekat dengan fasilitas yang sangat mewah. Resort Kelas Dunia ini memilik fasilitas layaknya hotel bintang lima, yang terdiri atas 9 hall, puluhan kamar, 59 cottage, restoran, pool table, kolam renang, minibar.

2. Losemen Carlos

Losemen Carlos adalah penginapan yang dekat dengan Pulau Sikuai. Losemen ini memiliki harga yang relatif murah tetapi memiliki layanan yang bagus. Disini Anda disediakan fasilitas seperti parkir gratis, restoran, Wi-fi, Pantai, hotel bebas rokok yang pastinya membuat Anda nyaman.

3. Hotel Bumi Minang

Hotel ini memiliki tawaran untuk menginap yang berkelas dengan menjunjung tradisi minang. Hotel bintang tiga ini dilengkapi fasilitas seperti restoran, bar, pub, lounge dengan TV, kafe dan juga tersedia Wi-fi di hotel ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sikuai Padang

Fasilitas Pulau Sikuai
Image Credit: Google Maps (Pascal Jacomet)

Mulai tahun 1994 fasilitas di pulai ini sangatlah mewah. Ada banyak sekali penginapan seperti villa, cottage, hotel, dan juga resort. Namun karena sebuah masalah, saat ini fasilitas di pulau ini tidak berfungsi. Semuanya masih lengkap namun tidak terurus sama sekali. Fasilitas yang ada hanya fasilitas standar seperti pantai pada umumnya.

Itu tadi merupakan daya tarik, fasilitas dan rute untuk menuju Pulau Sikuai, Padang. Walaupun fasilitas di pantai ini belum terlalu banyak, tetapi Anda akan tetap bisa untuk menikmati indahnya hamparan laut yang sangat luas di pulau ini untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending