10 Wisata Pantai di Sulawesi Utara yang Paling Indah

Pantai Sulawesi Utara

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Cantik di Sulawesi Utara. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Bisa Anda Eksplor Saat Liburan.

Provinsi Sulawesi Utara ini berada di ujung utara dari pulau Celebes memiliki perairan yang eksotis dan biota laut sangat mengagumkan. Tak hanya itu, provinsi beribu kota Manado ini juga memiliki panorama yang indah untuk sektor wisata baharinya. Oleh sebab itu, wisata pantai di provinsi ini jadi destinasi wisata yang digandrungi banyak turis, baik domestik maupun mancanegara. Berikut rekomendasi wisata pantai terindah di Sulawesi Utara yang bisa Anda jelajahi.

1. Pantai Pal

Pantai Pal
Image Credit: Wikimedia.org

Jadi salah satu destinasi wisata bahari yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Sulawesi Utara. Pantai pal berada di Kabupaten Minahasa Utara dengan keindahan yang luar biasa. Tak heran wisata ini cukup banyak turis di kala akhir pekan atau libur panjang, meskipun pantai cantik satu ini belum dikenal banyak orang.

Daya tarik utama yang dicari oleh masyarakat, yaitu hamparan pasir putih di tepi pantai yang sangat lembut. Anda dapat berjalan jalan di sekitar pantai tanpa alas kaki pun akan terasa sangat nyaman. Pasalnya, bibir pantai Pal tidak dihiasi batu karang yang dapat melukai kaki saat Anda berjalan di atasnya terutama saat tertutup sapuan ombak.

Yang tak kalah menarik, Anda juga akan disuguhi gulungan ombak dari tengah pantai yang sangat mempesona. Ombak yang bergulung gulung ini akan tampak seperti kertas putih yang diklaim sebagai ikon dari Pantai Pal. Wisata satu ini juga menawarkan keindahan alam lain yang menghiasi pantai tersebut, seperti suasana menenangkan serta pepohonan yang meneduhkan di tepiannya.

Lokasi: Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara.

2. Pantai Temboko Lehi

Pantai Temboko Lehi
Image Credit: Ksmtour.com

Diklaim sebagai salah satu pantai yang memiliki jumlah pengunjung cukup melimpah, baik di hari libur maupun tidak. Anda akan melihat berbagai macam pengunjung, mulai dari turis lokal hingga turis dari luar negeri. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena Pantai Temboko Lehi menyuguhkan daya tarik yang luar biasa menawan dan tentu saja unik.

Anda akan disuguhi langit yang biru dan cerah, sehingga liburan Anda terasa menyenangkan. Tak hanya itu pantai ini juga memiliki air laut berwarna biru yang sangat jernih, sehingga biota laut di bawahnya dapat dilihat secara jelas. Paduan langit biru dan air laut yang sangat jernih ini tentu membuat liburan Anda terasa lebih menyenangkan, bukan?

Lokasi tepat dari pantai ini berada di kaki Gunung Karengetang, sehingga suasana asri khas pegunungan pun sangat terasa. Uniknya, air laut yang ada di sepanjang garis pantai akan terasa panas karena lokasi pantai tersebut. Yang tak kalah menarik pantai ini tidak memiliki air laut yang asin, sehingga sangat unik dan jadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Kec. Siau Barat, Kab. Siau Tagulandang Biaro.

3. Pantai Lakban

Pantai Lakban
Image Credit: Twitter.com @yuk_berwisata

Wisata selanjutnya yang dikunjungi banyak orang, yaitu Pantai Lakban dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tak hanya menakjubkan, yang membuat pantai ini cukup digemari banyak orang karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Manado. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km untuk sampai ke lokasi wisata bahari satu ini.

Pantai satu ini tak hanya menyuguhkan panorama yang luar biasa saja, tetapi juga menjamin keamanan dari pengunjung. Di tepian pantai terdapat pohon kelapa yang tumbuh berjajar mengikuti garis pantai dengan pohon yang cukup tinggi. keberadaan pohon ini membuat para wisatawan jadi lebih aman karena ombak dapat dihalau bila terlalu tinggi.

Lokasi: Ratatotok Timur, Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara.

4. Pantai Pulisan

Pantai Pulisan
Image Credit: Twitter.com @krisnacurvanord

Pantai yang berada di Minahasa Utara ini memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Manado. Jarak yang cukup jauh ini tak membuat para wisatawan gentar, tetapi justru banyak yang datang ke tempat wisata ini. Hal itu dipicu dengan daya tarik pantai yang sangat luar biasa dan tidak bisa Anda temukan di destinasi wisata lainnya.

Keindahan pertama yang disuguhkan, yaitu hamparan pasir putih yang halus di tepi pantai. Anda dapat berjalan kaki sembari bermain air di bibir pantai dengan sangat nyaman. Pasir putih ini terasa lembut di kaki dan bebatuan eksotis yang menambah keindahan pasir pantai ini. Paduan keduanya dapat jadi daya tarik tersendiri yang tak ditemukan di wisata lainnya.

Tak kalah menarik, Anda juga disuguhi hutan lindung dengan keragaman spesies pohon yang cukup banyak. Hutan lindung ini telah berusia ratusan tahun dan tetap terjaga dengan sangat baik hingga saat ini. Anda juga akan melihat bukit bukit savanna di kejauhan yang dapat membuat para pengunjung takjub serta tertarik untuk mengunjunginya.

Lokasi: Pulisan, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara.

5. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang
Image Credit: Instagram.com @juliantjionge

Destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan berdecak kagum melihatnya. Tak heran, pantai satu ini dikunjungi banyak orang di akhir pekan karena kekayaan biotanya yang melimpah. Beberapa jenis ikan yang sudah langka di laut Sulawesi dapat ditemukan dengan mudah di pantai yang ada di ujung selatan kota Manado ini.

Tak hanya ikan khas Sulawesi, Anda juga akan menikmati taman laut yang sangat indah di bawah perairannya. Beberapa keindahan yang disuguhkan, yaitu koral dengan aneka warna sehingga mampu memanjakan mata. Anda juga akan disuguhi berbagai jenis spesies ikan dan paduan pemandangan yang luar biasa di sekitar pantai Malalayang ini.

Lokasi: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado.

6. Pantai Lihaga

Pantai Lihaga
Image Credit: Twitter.com @wayanlovely

Bila Anda ingin mencari ketenangan dari wisata bahari, maka Pantai Lihaga jadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, pulau ini tak berpenghuni tetapi telah dilengkapi fasilitas umum yang sangat lengkap untuk wisatawan. Anda dapat menikmati bangunan besar dari kayu sebagai penginapan tanpa harus membayar biaya tambahan, sehingga sangat hemat.

Tak hanya menyuguhkan fasilitas lengkap, wisata ini juga sangat cocok untuk penyelam pemula yang ingin menikmati pemandangan bawah laut. Anda dapat snorkeling dengan sangat aman karena telah tersedia berbagai alat pengaman. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang tak perlu diragukan, karena memiliki terumbu karang aneka warna dan ikan warna warni yang cantik.

Lokasi: Gangga Satu, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara.

7. Pantai Pasir Putih Lembeh

Pantai Pasir Putih Lembeh
Image Credit: Instagram.com @stefanijunitaa

Tak hanya kan menikmati kawasan pantai sebagai daya tarik utama, tetapi Anda juga akan menikmati hutan mangrove. Kawasan ini telah dilengkapi pencegahan abrasi yang dapat mengikis bibir pantai secara perlahan. Dengan begitu, ditanamlah pepohonan di beberapa area agar dapat menghalau pengikisan daratan oleh air laut yang cukup berbahaya.

Hutan mangrove ini tak hanya dikelola untuk kelestarian alam, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang mampu mendatangkan untung. Anda dapat berkunjung ke 2 tempat sekaligus bila memilih destinasi wisata ini, sehingga jadi tips liburan cerdas yang efektif. Di area ini, Anda akan menikmati kawasan pantai yang menenangkan dan hutan mangrove yang sejuk.

Lokasi: Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung.

8. Pantai Likupang

Pantai Likupang
Image Credit: Twitter.com @pegipegi

Salah satu destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu Pantai Likupang yang cukup ikonik di Sulawesi Utara. Tak lengkap rasanya bila berlibur ke provinsi beribu kota Manado, tetapi tidak menikmati suguhan pantai satu ini. Daya tarik yang disuguhkan untuk para wisatawan, yaitu pasir putih yang sangat lembut dan air laut berwarna biru jernih.

Tak hanya menikmati keindahan alam dari pantai Likupang, Anda juga wajib melihat secara langsung penyu hijau. Spesies satu ini semakin langka dari hari ke hari, sehingga harus mulai dilestarikan agar keberadaannya tetap terjaga. Oleh sebab itu, pemerintah setempat telah menetapkan pantai Likupang sebagai tempat untuk melindungi dan melestarikannya.

Lokasi: Likupang II, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara.

9. Pantai Mahembang

Pantai Mahembang
Image Credit: Instagram.com @hanifaharief

Diklaim sebagai destinasi wisata favorit kedua yang ada di Minahasa Utara, sehingga pantai Mahembang ini digandrungi banyak orang. Anda akan melihat melimpahnya wisatawan yang ada di tempat ini saat akhir pekan atau libur panjang. Bukan tanpa alasan tentunya, karena destinasi ini menyuguhkan daya tarik pasir putih yang sangat lembut.

Yang membuat pantai ini menarik juga karena gugusan bukit di tepian pantai dengan tinggi menjulang dan tampak kokoh. Anda dapat menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata keluarga dengan potret ikonik yang tak boleh dilewatkan. Para pengunjung wajib untuk mengabadikan momen bersama keluarga dengan latar bukit di belakangnya.

Lokasi: Mahembang, Kec. Kakas, Kab. Minahasa.

10. Pantai Gangga

Pantai Gangga
Image Credit: Twitter.com @liburanhemat

Lokasi wisata ini tak jauh dari pantai Lihaga, sehingga Anda bisa mengunjunginya untuk dapatkan liburan yang tak kalah menarik. Para wisatawan yang ingin ke tempat ini hanya perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 10 menit melalui jalur darat. Pantai dengan luas 14,5 hektar ini punya penginapan yang dapat dipakai untuk melepas lelah, setelah keliling daerah Likupang.

Aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan ini cukup beragam, yaitu diving, snorkeling, naik perahu kano, dan berenang. Sekitar 3 sampai 4 spot diving cocok Anda kunjungi saat malam hari atau justru memilih spot di Daerah Perlindungan Laut karena memiliki terumbu karang yang lebih terjaga. Kawasan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati sunset dan sunrise.

Lokasi: Gangga Satu, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara.

Menepi sejenak dari kesibukan dan padatnya aktivitas bisa Anda lakukan dengan pergi berlibur ke kawasan pantai eksotis di Sulawesi Utara. Provinsi ini memiliki sederet pantai cantik nan eksotis dengan ikon yang berbeda beda, sehingga membuat liburan lebih berkesan. Bertolak dari ulasan ini, manakah pantai yang akan Anda kunjungi di liburan mendatang?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending