10 Pulau Terindah yang Ada di Sumatera Barat

Pulau Terindah Sumatera Barat

Inilah Daftar Destinasi Wisata Pulau Terindah di Sumatera Barat. Objek Wisata Bahari Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan yang Menyenangkan.

Sumatera Barat yang kaya akan tradisi dan budaya, ternyata memiliki pesona alam nan elok yang mampu menyegarkan mata dan memperkaya jiwa. Khusus untuk wisata baharinya, ranah minang ini memiliki pulau-pulau lepas di sekitar pantai yang begitu mengagumkan. Berikut beberapa pulau indah yang semakin melengkapi kecantikan Sumatera Barat yang menjadi tujuan wisata populer.

1. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan
Image Credit: Detik.com

Pulau Pasumpahan berada di kawasan perairan Teluk Kabung di kota Padang. Oleh karena itu Pulau Pasumpahan ini sangat dekat bila dikunjungi dengan menggunakan speed boat dari Teluk Bungus, yang berada dekat dengan kota Padang. Klaim mengenai pesona laut Pulau Pasumpahan ini membuatnya mulai populer di mata wisatawan lokal dan mancanegara.

Pulau ini memiliki objek wisata pantai dengan pasir putih yang begitu lembut, lengkap dengan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu Pulau Pasumpahan juga seringkali dijadikan tempat berteduh oleh para nelayan. Di sini Anda bisa dengan mudah melihat aktivitas nelayan yang sedang menjaring atau menangkap ikan di laut.

Potensi wisata bawah lautnya juga tidak main main, dijamin membuat siapapun yang melihatnya enggan untuk meninggalkan pulau ini. Dengan melakukan snorkeling, Anda akan melihat terumbu karang cantik yang dikelilingi oleh berbagai ikan karang. Ada juga beragam jenis ikan hias yang bisa Anda saksikan di bawah laut Pulau Pasumpahan.

Lokasi: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

2. Pulau Mandeh

Pulau Mandeh
Image Credit: Oyorooms.com

Pulau lepas selanjutnya yang ada di Provinsi Sumbar dan tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pulau Mandeh. Pulau ini disebut sebut sebagai Raja Ampat nya Sumatera Barat, karena menyimpan surga tersembunyi yang begitu cantik dengan sajian keindahan alam yang sangat mengagumkan. Dijamin pesonanya tidak akan mampu ditolak oleh siapapun yang melihat Pulau Mandeh ini.

Destinasi wisata satu ini berada di kawasan Pesisir Selatan, yang merupakan perpaduan perbukitan alami dengan teluk yang dihiasi gugusan pulau kecil di Teluk Carocok Tarusan. Puncak Mandeh sendiri langsung berbatasan dengan kota Padang, yang berjarak sekitar 56 km. Dimana pada area bagian selatannya terdapat tanjung meliuk, yang tampak seolah seperti danau.

Di Pulau Mandeh, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu snorkeling, karena kawasan ini terkenal menyimpan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Pemandangan rumput laut, terumbu karang, dan berbagai hewan laut di sana akan memanjakan Anda ketika melakukan snorkeling.

Lokasi: Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan.

3. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak
Image Credit: Brisik.id

Kepopuleran Pulau Cubadak telah sampai di telinga wisatawan mancanegara. Bahkah ada wisatawan asal German yang terpikat dengan Pulau Cubadak ini, dan akhirnya membuat sebuah film dokumenter mengenai segala keindahan tentang pulau satu ini. Setelah film tersebut rilis, semakin banyak media internasional yang berbondong bondong datang ke Pulau Cubadak.

Pulau Cubadak sendiri berada di kawasan Ampang Pulai, hanya berjarak sekitar 15 menit menggunakan speed boat dari Pantai Carocok, kota Painan. Meski merupakan sebuah pulau kecil, namun bukan berarti pulau ini tidak berpenghuni. Pulau Cubadak telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai, Anda juga bisa menemukan resort bintang 5 di sini.

Aktivitas yang menjadi favorit bagi wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Cubadak yaitu snorkeling menikmati keindahan bawah lautnya. Karena pulau ini terletak di Samudera Hindia yang menjadi pemisah antara kepulauan Mentawai dan Pantai Barat Sumatera. Oleh karena itu, Cubadak memiliki keanekaragaman hayati serta ekosistem yang sangat kaya.

Lokasi: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan.

4. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo
Image Credit: Posmetropadang.co.id

Pulau Angso Duo menjadi salah satu pulau terindah di Sumatera Barat yang wajib untuk Anda kunjungi. Pulau ini merupakan pulau mungil di kawasan Pariaman yang menyimpan sejuta pesona. Meskipun tidak luas, terdapat beberapa spot menarik yang dapat Anda nikmati untuk sekedar melepas penat.

Ada ayunan yang telah disediakan di sekitar bibir pantai, Anda bisa menikmatinya sembari merasakan angin semilir yang berhembus dan suara debur ombak yang berkejaran menuju tepi pantai. Spot ini juga begitu estetik bila diabadikan ke dalam sebuah potret. Selain itu ada juga beberapa pondok yang tertata rapi di sekitar pantai, tempat untuk menemukan aneka kuliner.

Kesegaran kelapa muda serta hidangan lautnya yang begitu menggugah selera bisa Anda temukan di pondok pondok ini. Lalu ada juga mie instan yang diolah khas Minangkabau, yang wajib dicicipi oleh para wisatawan. Untuk menu olahan ikannya, bahkan bisa Anda dapatkan sendiri dengan cara memancing yang kemudian akan dimasak oleh pemilik pondok.

Lokasi: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

5. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan
Image Credit: Inews.id

Pulau Pamutusan berada di Bungus Teluk Kabung, yang berjarak sekitar 38 kilometer dari arah kota Padang. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk mencapai lokasi ini. Meski perjalanan cukup jauh, namun semua akan terbayar ketika Anda telah sampai di Pulau Pamutusan yang begitu mempesona ini.

Pemandangan bawah laut dari Pulau Pamutusan sudah cukup tersohor di mana mana. Ketika melakukan snorkeling, Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana indahnya biota laut serta terumbu karang yang ada di pulau satu ini. Selain biota serta terumbu karangnya yang sangat indah, air laut di sekitar juga begitu jernih dan segar yang bisa membuat Anda betah saat snorkeling.

Lokasi: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan.

6. Pulau Pagang

Pulau Pagang
Image Credit: Ksmtour.com

Secara geografis, Pulau Pagang ini berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu. Meski begitu secara administratif, pulau tersebut merupakan bagian dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dimana daya tarik pulau ini terletak pada panorama lautnya yang sangat indah nan mempesona.

Selain melakukan aktivitas pantai seperti berenang merasakan air yang begitu segar atau snorkeling melihat keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan, Anda juga bisa menikmati bukit kecil yang ada di Pulau Pagang ini. Dari atas bukit tersebut, Anda bisa melihat kemegahan kota Padang dari kejauhan, terlihat juga perahu nelayan berjejer cantik di tepian pantai.

Lokasi: Kab. Pesisir Selatan.

7. Pulau Siberut

Pulau Siberut
Image Credit: Piknikdong.com

Secara administratif, Pulau Siberut memang berada di wilayah Padang Pariaman, Sumatera Barat. Namun jarak pulau ini cukup jauh dari pesisir Sumatera Barat, yaitu sekitar 155 kilometer. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki jiwa petualang sangat disarankan untuk berkunjung ke pulau satu ini. Dimana berjam jam perjalanan di selat Mentawai akan menanti untuk ditaklukan.

Setelah Anda tiba di Pulau Siberut, selain keindahan alam sekitar dan wisata baharinya yang begitu mempesona. Di sini Anda juga akan bertemu dengan suku Mentawai, yang terkenal dengan salah satu suku paling terisolir di tanah air. Suku ini merupakan salah satu daya tarik dari Pulau Siberut. Bisa dikatakan bahwa pulau ini adalah wisata bagi Anda yang haus akan budaya.

Lokasi: Bojakan, Kec. Siberut Utara, Kab. Kepulauan Mentawai.

8. Pulau Pandan

Pulau Pandan
Image Credit: Wikipedia.org

Pulau Pandan menjadi salah satu pulau yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Sumatera Barat. Terdapat banyak sekali daya tarik dari pulau satu ini, mulai dari hamparan pasir putihnya yang begitu halus, air laut yang sangat jernih, bahkan wilayah ini juga bisa ditemukan area penetasan telur penyu yang sangat menarik untuk disaksikan.

Selain melihat penetasan telur penyu, di Pulau Pandan Anda juga bisa menikmati atraksi ribuan lumba lumba yang akan menyambut kedatangan pengunjung. Dan bila beruntung Anda juga bisa melihat ikan paus yang sesekali muncul ke permukaan. Dengan berbagai pesona yang dimiliki tersebut, objek wisata yang masih tergolong baru ini mampu menggaet berbagai wisatawan.

Lokasi: Kec. Padang Barat, Kota Padang.

9. Pulau Sipora

Pulau Sipora
Image Credit: Okezone.com

Pulau Sipora sudah sangat populer di seantero negeri dengan ombak surfingnya yang begitu menantang. Maka tidak perlu heran bila banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau satu ini hanya untuk menikmati aktivitas berselancar. Tak hanya untuk surfing saja, pulau yang dikelilingi oleh hamparan laut biru ini juga layak dinikmati karena keindahan pantainya.

Hamparan pasir putih yang sangat halus, nyiur pohon kelapa yang melambai diterpa angin pantai, dan wisata kuliner laut di tepian pantai yang begitu beragam menjadi daya tarik tersendiri. Semua keindahan tersebut yang menjadikan pesona pantai di Pulau Sipora sangat cocok menjadi destinasi wisata bahari yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Mara, Kec. Sipora Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai.

10. Pulau Sawo

Pulau Sawo
Image Credit: Travelingyuk.com

Terakhir ada destinasi wisata Pulau Sawo yang berada di kawasan Pasia Nan Tigo yang sangat digemari oleh penduduk Sumatera Barat sendiri. Pulau ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, meski begitu fasilitasnya sudah cukup memadai. Ada sederet pondok di pesisir pantai yang menjajakan makanan. Beberapa pondok tersebut juga bisa digunakan untuk beristirahat.

Pulau yang memiliki luas sekitar 8 hektar ini memiliki hamparan pasir putih indah yang terasa lembut ketika disentuh. Untuk pemandangan bawah lautnya sendiri juga sangat menawan dan begitu patut untuk Anda saksikan, dimana terdapat terumbu karang yang masih begitu alami dengan dikelilingi ribuan ikan yang berenang di sekitarnya.

Lokasi: Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

Wisata pulau memang disebut sebut paling banyak digemari oleh masyarakat, karena menawarkan sajian wisata yang lengkap. Sumatera Barat sendiri memiliki gugusan pulau yang menyimpan sejuta pesona, baik pada wisata pantainya maupun pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan dan patut untuk Anda saksikan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending