22 Wisata Pantai di Jogja yang Paling Hits

Wisata Pantai Jogja

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Jogja. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Layak Anda Jelajahi agar Menghadirkan Liburan yang Berkesan.

Jogjakarta, menjadi salah satu kota di Indonesia yang menyajikan segudang pesona wisata. Anda yang sedang liburan di kota pelajar ini, bisa mengunjungi wisata budaya hingga wisata baharinya. Jogja memiliki banyak pantai menawan yang akan membuat Anda merasakan liburan lebih seru dan mengesankan. Beberapa di antaranya bahkan bisa dijadikan tempat camping bersama teman-teman. Berikut daftar tempat wisata pantai di kota Jogja yang paling hits dan populer untuk Anda jelajahi.

1. Pantai Timang

Pantai Timang
Image Credit: Pantainesia.com

Nama pantai Timang semakin kondang, ketika salah satu program acara tv di Korea merekam salah satu episodenya di pantai ini. Pantai Timang menjadi pantai yang hits karena Anda bisa menantang adrenalin Anda. Uji keberanian Anda dengan mencoba atraksi gondola untuk menyebrangi lautan. Memiliki panjang sekitar 100 meter, Gondola ini merupakan Gondola tradisional yang ditarik menggunakan tali.

Anda nantinya akan sampai di pulau Watu Panjang untuk bisa berburu lobster. Pantai Timang memang merupakan pantai yang tidak berpasir. Namun panorama yang ditawarkan akan membuat Anda terkesima. Gugusan karang yang terlihat terjal begitu eksotis jika berpadu dengan birunya langit. Di Pantai Timang, tak hanya mencoba keseruan atraksinya Anda juga bisa berburu foto foto yang instagramable. Inilah mengapa pantai satu ini begitu hits dan kondang.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan, Pantai Purwodadi, Kec Tepus, Kab. Gunung Kidul.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Image Credit: Travel.detik.com

Parangtritis menjadi nama pantai yang juga menjadi ikon wisata kota Jogja. Rasanya sayang melewatkan mengunjungi pantai yang begitu kondang satu ini. Untuk bisa mengunjungi pantai satu ini, juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan kendaraan umum.

Wisata bahari satu ini sangat tepat untuk Anda yang tak memiliki banyak waktu. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari ATV hingga paralayang yang pastinya akan membuat liburan makin seru.

Lokasi: Jl Parangtritis, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

3. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran
Image Credit: Mytrip123.com

Pantai Nguluran belakangan menjadi salah satu pantai yang begitu hits belakangan ini. Untuk itu jika Anda sedang berada di Jogja, tak ada salahnya mengunjungi pantai satu ini. Terutama untuk Anda yang memang menyukai berpose di depan kamera. Pasalnya Pantai Nguluran memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda, yakni hadirnya jembatan kaca yang berdiri di atas kokoh. Sehingga Anda bisa melihat air laut dari jembatan kaca transparan ini.

Jembatan inilah yang menjadi spot andalan untuk mendapatkan foto foto yang instagramable. Berlatar belakang lautan biru yang luas, menjadikan banyak orang mengantri untuk berpose di atasnya. Ditambah dengan tebing tebing yang bersisian, menjadikan pantai satu ini begitu mempesona. Tak hanya bisa berburu foto, Anda juga bisa menghilangkan segala penat Anda di Pantai Nguluran ini.

Lokasi: Jl. Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Image Credit: Travelspromo.com

Gunung Kidul memang menjadi daerah DIY yang akan menghadirkan banyak pantai menawan. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti yang begitu kondang di kalangan para traveller. Apabila Anda menyukai pantai dengan fasilitas modern, Anda bisa mengunjungi pantai Indrayanti.

Fasilitas yang tersedia mulai dari penginapan eksklusif, penyewaan jet ski hingga tempat makan dengan panorama mempesona. Wisata pantai ini memiliki pasir putih dan juga air yang begitu bersih.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan, Pantai Indrayanti, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

5. Pantai Baron

Pantai Baron
Image Credit: Mytrip123.com

Perjalanan Anda menjelajah keindahan pantai Jogja masih belum berakhir. Anda untuk Anda penggemar pantai, wajib mengunjungi Pantai Baron. Pantai satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena berada di antara dua bukit besar. Hal unik lainnya, di wisata bahari satu ini Anda akan menemukan air laut yang bertemu dengan air tawar dari sungai. Pertemuan tersebut justru menjadikan pantai Baron semakin mempesona dan indah.

Tidak hanya memiliki keindahan alamnya, Anda juga akan disuguhkan dengan jajaran perahu nelayan yang meramaikan suasana. Memiliki garis pantai yang cukup panjang, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari bermain air, hingga mengambil banyak foto yang menawan. Ombak di Pantai Baron terbilang aman, sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya. Namun pastikan untuk tetap mengutamakan keselamatan selama bermain.

Lokasi: Jl. Baron Km. 18 Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

6. Pantai Drini

Pantai Drini
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Drini menjadi pantai berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Begitu Anda menginjakkan kaki, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang begitu lembut menyentuh kaki. Barisan tebing yang kokoh juga turut menambah keindahan pantai satu ini.

Di bagian tengah terdapat pulau kecil yang membuat pantai ini seakan akan memiliki dua pantai. Anda bisa berburu banyak foto sekaligus melakukan banyak kegiatan di pantai ini.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung kidul.

7. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Image Credit: Eksotisjogja.com

Untuk Anda yang ingin menikmati pantai indah sekaligus bisa menikmati berbagai olahraga air yang menyenangkan. Dengan banyaknya hal menarik yang ditawarkan, tidak heran jika pantai ini masih menjadi pantai yang keren di kota Jogja. Airnya yang jernih, dengan pasir putih yang luas membuat Anda akan terpesona. Segala penat yang menumpuk akan hilang begitu saja ketika menikmati pesona pantai Sadranan ini.

Tidak hanya memiliki pemandangan permukaan yang cantik, Pantai Sadranan juga termasuk pantai yang hadirkan bawah laut ciamik. Bahkan Anda tak perlu membawa peralatan dari rumah, karena Anda bisa menyewa. Dengan snorkeling, maka Anda punya kesempatan untuk bertemu dengan beragam spesies biota laut. Agar bisa mendapatkan pemandangan yang mempesona, ada baiknya Anda snorkeling ketika sore atau pagi hari.

Lokasi: Jl. Pule Gundes II, Pulegundes I, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

8. Pantai Siung Jogja

Pantai Siung Jogja
Image Credit: Pantainesia.com

Jika Anda ingin melihat panorama yang berbeda, Anda bisa mengunjungi Pantai Siung Jogja. Karena pantai ini tidak hanya menyajikan pasir pantai luas lengkap dengan ombaknya. Anda juga bisa menikmati megahnya batuan tebing yang berada hampir di setiap sisi pantai. Pantai Siung memang merupakan pantai yang cocok untuk aktivitas panjat tebing. Bahkan beberapa kali lomba panjat tebing kelas Internasional digelar di pantai yang cantik ini.

Tak jarang muda mudi juga memilih untuk mendirikan tenda di Pantai Siung ini.Jika Anda berencana untuk menikmati keindahannya lebih lama, Anda juga bisa sekalian ngecamp di pantai ini. Dengan begitu Anda bisa berkesempatan untuk menikmati senja sekaligus sunrise di keesokan harinya. Berbagai aktivitas menarik lainnya juga bisa Anda lakukan untuk membuat liburan Anda makin berkesan. Tertarik mengunjunginya?

Lokasi: Duwet, Kel. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung kidul.

9. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Nglambor menjadi spot snorkeling paling favorit yang bisa Anda jelajahi. Pesona bawah lautnya memang akan membuat siapapun terpukau. Pantai Nglambor merupakan pantai yang diapit dua bukit karang yang besar. Sehingga membuatnya begitu berbeda dan indah.

Karang yang ada juga berfungsi untuk meredam ombak pantai yang kadang tidak stabil. Sehingga Anda bisa melakukan snorkeling dengan lebih aman dan menyenangkan.

Lokasi: Kel. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

10. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo
Image Credit: Paketwisata.id

Apakah Anda penggemar film Aladdin? Jika iya maka Anda harus mengunjungi pantai yang tak kalah hits ini. Parangkusumo merupakan pantai yang kondang dengan gumuk pasirnya layaknya gurun yang ada di film Aladdin. Gumuk pasir ini memang berliku dengan ketinggian yang begitu beragam, dimana rata rata ketinggiannya mencapai 4 sampai 5 meteran. Pemandangan ini akan sangat cantik jika berhasil Anda abadikan dalam kameramu.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan kategori pasir pesisir yang biasanya berada di garis lintang bumi. Menambah daftar betapa uniknya gumuk pasir ini Pantai Parangkusumo ini. Menariknya, Anda bisa melakukan sandboarding, atau meluncur menggunakan papan seluncuran. Kegiatan satu ini memang membuat Anda perlu menyiapkan budget lebih. Namun sangat direkomendasikan agar liburan Anda di pantai satu ini semakin berkesan.

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

11. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Image Credit: Visitingjogja.com

Jogja memang memiliki cukup banyak pantai, salah satunya yang cukup kondang adalah pantai Wediombo. Pantai satu ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati panorama pantai lengkap dengan berkemah.

Pantai dengan bentuk teluk dan dikelilingi perbukitan ini memang begitu asri. Ada banyak pepohonan yang tumbuh, terdapat juga bukit yang cocok untuk aktivitas hiking. Suasananya yang menyenangkan akan membuat Anda betah.

Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung kidul.

12. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Image Credit: Eksotisjogja.com

Pantai Sundak menjadi pantai selanjutnya yang akan memberikan Anda pemandangan yang berbeda. Ombak yang terus menjilat pasir di pinggiran memang tidak begitu deras. Sundak memang memiliki bagian karang yang ketika surut akan ditinggali banyak hewan kecil.

Anda bisa seru-seruan bermain air dengan begitu aman. Lepas bermain, Anda juga bisa menikmati kuliner di tepian pantai yang memang ada banyak penjual kuliner.

Lokasi: Desa Sidoharjo Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

13. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Wisatabagus.com

Pantai di Jogja memang paling banyak di daerah Gunungkidul. Anda bisa menuju Pantai Pok Tunggal yang juga begitu kondang. Meskipun untuk menjangkaunya, Anda harus menempuh jalur yang cukup sulit sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang. Semua perjalanan Anda akan terbayar lunas begitu Anda melihat keindahan yang dimilikinya.

Pantai Pok Tunggal memiliki pemandangan yang akan membuat Anda puas dan segala penat juga akan lepas dengan keindahan bahari yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Pok Tunggal, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

14. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Image Credit: Pantainesia.com

Anda akan melihat yang cukup mencolok pada pantai satu ini. Dimana Pantai Glagah memiliki pemecah ombak yang menjorok ke laut. Dengan begitu pengunjung akan merasakan bagaimana deburan ombak lebih dekat.

Selain dijadikan tempat untuk meletakkan umpan, pemecah ombak ini juga merupakan spot yang cocok untuk berswafoto. Pantai Glagah akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda dan sangat layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Desa Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.

15. Pantai Depok

Pantai Depok
Image Credit: Tempatasik.com

Pantai Depok merupakan pantai yang berada di kawasan Bantul dan bisa Anda jadikan sebagai pilihan destinasi. Pantai satu ini begitu hits, para pengunjungnya bahkan bisa dikatakan tidak pernah sepi. Selain untuk bersantai sembari berburu foto, para pengunjung juga datang untuk menyantap berbagai kuliner laut.

Anda akan dimanjakan dengan pesona wisata sekaligus memanjakan perut Anda. Mengunjungi Bantul, tak lengkap jika tidak mengunjungi pantai satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kab. Bantul.

16. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok
Image Credit: Alodiatour.com

Apabila Anda menginginkan pantai yang memberikan pemandangan masih alami, Pantai Watu Kodok bisa menjadi jawaban. Memang pantai ini masih terbilang baru, tetapi sudah berhasil menarik perhatian mereka yang memang menyukai wisata bahari.

Memiliki batu karang dengan taman menyerupai kodok membuatnya dinamakan Pantai Watu Kodok. Meskipun masih baru, akses menuju pantai ini tidaklah sulit sebab masih di wilayah Pantai Baron.

Lokasi: Jl. Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

17. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari
Image Credit: Njogja.co.id

Memiliki wajah yang berbeda dengan lainnya, karena Pantai Pandansari memiliki mercusuar yang tinggi menjulang. Mercusuar ini dikenal dengan nama Kalajivamasti yang juga bisa Anda jelajahi. Anda harus menaiki anak tangga yang didesain melingkar, memang butuh perjuangan. Mercusuar ini awalnya dibangun untuk navigasi kapal, hingga kemudian menjadi wisata yang begitu menarik perhatian wisatawan yang singgah.

Tak membutuhkan waktu lama, pantai ini menjadi bagian dari pantai yang begitu hits. Selain memiliki mercusuar yang mencuri banyak perhatian, Pantai Pandansari juga menjadi pantai yang begitu mempesona. Jika Anda ingin menyaksikan panorama yang begitu memukau, Anda bisa menunggu hingga matahari tenggelam. Semburat warna senja yang menghiasi langit, menjadi momen yang tidak boleh Anda lewatkan dari bidikan lensa Anda.

Lokasi: Desa Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul.

18. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Image Credit: Datawisata.com

Pantai satu ini sebenarnya sudah lama kondang sebagai pantai yang memiliki keindahan yang memukau. Namun hingga kini tetap mampu menarik wisatawan yang mampir ke Jogja. Garis pantai dengan pasir putih akan menyambutmu ketik berada di Pantai Krakal ini.

Batuan karang juga turut memperindah sebagian besar dari bibir pantainya. Pantai Krakal merupakan pantai yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi olahraga surfing.

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

19. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Image Credit: Eksotisjogja.com

Tak hanya menyajikan pesona yang luar biasa, di pantai ini Anda juga bisa mengamati kehidupan para nelayan. Karena memang banyak nelayan yang melaut, hal ini terbukti dengan jajaran dari perahu di tepi pantai.

Pantai Ngrenehan juga surga untuk Anda penggemar ikan. Sebab selain bisa memburu oleh oleh berupa ikan segar, Anda juga bisa menikmati olahan ikan secara langsung. Pantai cantik ini juga termasuk dalam jajaran pantai hits di Gunung Kidul.

Lokasi: Desa kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Bantul.

20. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Image Credit: Suara.com

Pantai Jogan mungkin memang belum setenar pantai lainnya di Gunung Kidul. Masih beberapa saja yang mengetahui bagaimana mempesonanya pantai ini. Banyak yang mengira jika pantai yang begitu cantik ini membutuhkan jarak dan perjuangan. Faktanya untuk sampai ke Pantai Jogan, Anda hanya perlu berkendara sekitar 2 jam dari kota Jogja. Memang letaknya berada di sebelah barat dari Pantai Siung tetapi mudah untuk dijangkau.

Nantinya Anda harus menyusuri jalanan mulus berkelok yang membelah perbukitan karst. Perjalanan ini justru akan membuat Anda terlena dan terhibur. Anda hanya perlu mengikuti jalan ke arah pantai Siung, jika sudah masuk di pos retribusi maka sudah dipastikan jika jaraknya sebentar lagi. Perjalanan Anda akan terbayarkan begitu Anda sampai di Pantai menawan ini. Sebab Pantai Jogan memiliki air terjun yang akan langsung mengalir ke laut.

Lokasi: Jl. Pantai Siung, Kec Tepus, Kab. Gunung Kidul.

21. Pantai Kukup

Pantai Kukup
Image Credit: Pantainesia.com

Sudahkah Anda pernah mendengar nama pantai satu ini? Pantai Kukup memiliki hamparan pasir yang begitu luas. Anda juga bisa menikmati pulau karang yang berada di sekitarnya. Bisa dipastikan jika Anda akan betah berlama lama menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Selain itu, Pantai Kukup juga sangat mudah untuk dijangkau. Dimana Pantai kukup berada di sebelah timur pantai Baron dan sangat cocok untuk destinasi liburan Anda bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Jl. Pantai Kukup, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

22. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Image Credit: Pantainesia.com

Tak kalah dengan pesona pantai lainnya, Pantai Kesirat juga akan memberikan Anda pemandangan yang begitu memukau. Tak heran jika banyak pengunjung yang terpesona dan ingin kembali ketika sudah mengunjunginya.

Belum lama diresmikan oleh pemerintah, Pantai Kesirat mampu untuk menyita perhatian para wisatawan. Waktu sempurna untuk berkunjung adalah sore hari, ketika matahari sudah beranjak pulang.

Lokasi: Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul.

Itulah deretan wisata pantai di Jogja yang akan memberikan Anda petualangan bahari yang tak terlupakan. Beberapa di antara memang sudah lama ada dan menjadi andalan. Namun juga ada yang masih terbilang baru, tetapi sudah memiliki pesona yang tak dapat ditolak. Untuk Anda yang akan ke Jogja, sudah memutuskan pantai mana yang akan masuk destinasi wisata Anda?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending